10 Olahraga Unik di Dunia yang Butuh Keahlian Tertentu

Ruangguru Sep 9, 2020 • 7 min read


Tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis olahraga yang butuh keahlian tertentu untuk melakukannya? Wah, apa aja tuh, ya? Yuk, cari tau sama-sama di artikel ini!

--

 

Olahraga apa yang kamu sukai? Mungkin kamu akan menjawab cabang-cabang olahraga seperti futsal, renang, badminton, yoga, dan sebagainya. Tapi ada lho olahraga unik yang akan membuatmu terheran-heran. Kok bisa ya ada cabang olahraga seperti ini? Penasaran? Simak ya!

 

1. Balap katak

balap katak(sumber foto: amazonaws.com)

Sudah pernah dengar sebelumnya? Olahraga ini dilakukan dengan cara melompat seperti katak sejauh yang kamu mampu. Eits, jangan kira olahraga ini tidak populer lho. Buktinya, seorang wanita bernama Rosy memegang rekor dunia selama 25 tahun. Ia berhasil lompat sejauh 6 meter dalam 3 kali lompatan.

 

2. Wife carrying

Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa menerka olahraga macam apa ini. Jadi, seorang pria akan menggendong istrinya melewati beberapa rintangan agar mencapai garis finish dalam waktu secepat mungkin. Ada batasan berat badan yang harus dilewati, minimal 49 kilogram. Jadi kalau istrinya kurus, tidak bisa ikut ya!

Wife carrying(sumber foto: nbcnews.com)

Nah, kalau pasangan suami istri menang, hadiahnya adalah bir. Jumlah birnya tergantung dari berapa berat sang istri. Makin berat, makin banyak tentunya. Kalau jatuh, ada penalty 15 detik lho ya.

Baca juga: Ini Lho Sejarah Musik Dunia dan Perkembangannya dari Masa ke Masa!

 

3. Bog snorkeling

 

Bog snorkeling(sumber foto: wikimedia)

Bog di sini maksudnya adalah rawa dari gambut. Apa itu? Lahan basah yang terbuat dari sisa-sisa tumbuhan setengah membusuk. Jadi, partisipan berlomba untuk berenang dengan snorkel dan flipper di lahan basah tersebut dalam waktu singkat. Teknik berenang pada umumnya tidak diperkenankan di sini, melainkan hanya boleh maju dengan menggunakan flipper. Kompetisi tahunannya diadakan di Wales, UK.

 

4. Sepak bola gelembung

 

Sepak bola gelembung(sumber foto: liputan6)

Olahraga ini sudah dikenal di berbagai belahan dunia. Aturannya sama dengan bermain sepak bola pada umumnya. Bedanya, pemain harus mengenakan gelembung tiup besar. Olahraga ini sangat diminati Amerika Serikat. Sayangnya, perlengkapan gelembung agak sulit didapatkan, terutama di Amerika bagian barat.

Baca juga: Benarkah Guglielmo Marconi Penemu Radio yang Sebenarnya?

 

5. Balap burung unta

 

Balap burung unta(sumber foto: metrotvnews)

Burung unta dikenal dengan badannya yang besar untuk ukuran unggas dan punya tendangan kuat. Selain itu, burung ini juga tidak bisa terbang dan biasanya berlarian di padang pasir. Umumnya, burung unta mencintai kebebasan. Jadi, mereka melemparkan penunggang mereka beberapa meter dari garis mulai dan meluncur menuju garis finish dengan kecepatan 60 kilometer per jam. Wah, pasti banyak yang cepat gugur nih!

 

6. Extreme ironing

 

Extreme ironing(sumber foto: sadanduseless)

Peserta olahraga ini akan pergi ke sebuah lokasi yang agak estrim untuk menyetrika pakaian. Lokasi yang dipilih biasanya punya ketinggian ekstrim, misalnya di atas gunung, bergelantungan di jurang, gua, bawah air, dan sebagainya. Eits, jangan meremehkan olahraga ini lho karena ada kompetisi tahunannya, bahkan gelar juara dunia.

Baca juga: Tips Bangun Kebiasaan Membaca Buku, Khusus Bagi Kamu yang Kurang Suka

 

7. Underwater ice hockey

 

Underwater ice hockey(sumber foto: siberiantimes) 

Dari namanya saja sudah terbayang ribetnya. Underwater, ditambah lagi ice pula. Jadi, para pemain akan memakai pakaian renang bawah air memasuki kolam atau danau beku, lalu bermain hoki di permukaannya. Nah, yang buat olahraga ini lebih menantang adalah kondisi bermain dilakukan secara terbalik. Bermain hoki es, terbalik, di dalam air yang sangat dingin, tanpa oksigen. Biasanya setiap 30 detik, pemain akan selang-seling mengeluarkan kepala ke permukaan air untuk menghirup udara.

 

8. Balap sepeda roda tiga

 

Balap sepeda roda tiga(sumber foto: brightside) 

Kamu tahu kan sepeda roda tiga yang biasanya dikendarai anak-anak kecil yang belum bisa menggunakan sepeda roda dua? Apa jadinya ya kalau orang dewasa yang menggunakannya, bahkan dilombakan? Lomba ini juga mewajibkan pesertanya memakai kostum yang nyentrik.

Baca juga: 3 Film Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton

 

9. Chess Boxing

Catur adalah olahraga yang menggambarkan kekuatan otak, bukan otot. Sedangkan tinju adalah olahraga yang menggambarkan kekuatan otot. Nah, bagaimana dengan chess boxing? Keduanya digabung menjadi satu. Main catur sambil bertinju, aneh sekali ya?

Chess Boxing(sumber foto: wikimedia.com) 

Kalau tinju, biasanya saat waktu habis, atlit akan beristirahat di kedua sisi ring. Sedangkan chess boxing, atlit akan bermain catur dengan tujuan mengalahkan lawan. Menang dapat diraih degan KO tinju atau skak mat catur. Olahraga ini akan melatih kecerdasan, fokus, kecepatan, juga kekuatan.

 

10. Tenis tisu terbakar

 

Tenis tisu terbakar(sumber foto: amazonaws) 

Apa jadinya ya kalau tenis dilakukan dengan menggunakan tisu terbakar? Umumnya kan bola tenis yang dipukul dengan raket. Peraturannya sama dengan tenis yang sewajarnya, namun bola yang digunakan sedikit lebih memacu adrenalin nih. Pesertanya harus menggunakan topeng unik yang melindungi wajah untuk mencegah wajah terkena tisu terbakar.

---

Itulah 10 olahraga terunik di dunia. Mau coba yang mana dulu nih? Apa kamu tahu olahraga unik lainnya? Mari berbagi di kolom komentar.

Selamat Hari Olahraga Nasional! 

New Call-to-action

Profile

Ruangguru

Beri Komentar