10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara

Squad, siapa yang mau ikut SBMPTN 2019 nanti? Atau mau kuliah ke luar negeri aja? Nah, perguruan tinggi di Asia Tenggara tidak kalah bagusnya lho dengan yang ada di benua-benua lain. Selain lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Indonesia, budayanya juga tidak terlalu berbeda dengan kita jadi pasti akan mudah untukmu beradaptasi. Penasaran? Yuk, lihat 10 universitas terbaik di Asia Tenggara berikut ini.

1. National University of Singapore

universitas terbaikKampus NUS (Sumber: oyaop.com)

Universitas di Negeri Patung Singa ini menempati urutan pertama, Squad. National University of Singapore (NUS), didirikan pada 1905, pada mulanya hanyalah sekolah kedokteran sederhana. Namun kini, menawarkan 70 jenis jurusan S1 dari 13 fakultas. NUS telah menempati ranking pertama sebagai universitas terbaik di Asia sebanyak tiga kali berturut-turut, dan sekarang menempati peringkat ke-11 sebagai universitas terbaik di dunia. Wah, pasti bakal seru banget kalau bisa kuliah di sini!

2. Nanyang Technological University Singapore

universitas terbaik

Gedung NTU yang eco-friendly (Sumber: asianscientist.com)

Didirikan pada tahun 1981, Nanyang Technological University (NTU) merupakan universitas terbaik kedua di Singapura. Universitas ini dikenal sebagai universitas yang banyak melakukan riset dan saat ini memiliki 9 fakultas S1: akuntansi dan bisnis, seni dan desain, komunikasi, pendidikan, teknik, kedokteran, ilmu pengetahuan alam, dan ilmu olahraga. Selain itu tidak perlu takut bakal kesulitan untuk beradaptasi di sini, Squad. Di NTU ada PINTU yaitu Pelajar Indonesia NTU (PINTU) yang kalau dilihat dari Instagram mereka sih sering mengadakan kegiatan-kegiatan yang menarik.

3. Universiti Malaya

universitas malayaSalah satu gedung UM (Sumber: www.um.edu.my)

Dari namanya sudah ketahuan nih kalau Universiti Malaya (UM) berlokasi di Negeri Jiran. Universiti Malaya berada di peringkat ke-3 sebagai universitas terbaik di Asia Tenggara dan ke-87 pada QS World University Ratings dan program sains, pendidikan dan teknik komputernya memimpin 100 besar dunia.

UM dibangun di atas lahan seluas 372 hektar dan dilengkapi oleh berbagai fasilitas dalam kampus, termasuk sebuah danau untuk bermain kayak dan sebuah Pusat Olahraga, sebuah kolam renang standar Olimpiade dan lapangan olahraga indoor maupun outdoor. Juga terdapat sebuah perpustakaan yang menyimpan lebih dari 1.4 juta buku, lebih dari 60 pusat penelitian, kantin, galeri seni dan toko buku.

4. Universiti Kebangsaan Malaysia

universitas terbaikKuliah di Negeri Jiran. (Sumber: etawau.com)

Masih dari negeri jiran, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) lahir dari aspirasi masyarakat untuk menegakkan Bahasa Melayu sebagai bahasa nasional serta bahasa pengetahuan. Kini UKM telah berkembang dengan pesat dan memiliki 13 fakultas, 13 lembaga penelitian keunggulan dalam pendidikan, dan dua entitas komersial.

5. Universiti Putra Malaysia

universitas terbaikSalah satu fasilitas diUniversiti Putra Malaysia (Sumber: ayokuliahs2.com)

Pada mulanya namanya adalah Universiti Pertanian Malaysia, yang kemudian berganti menjadi Universiti Putra Malaysia pada tahun 1997. Walau pada namanya terdapat kata Putra, tapi universitas ini bukan khusus pria kok, Squad. Pergantian nama itu merupakan satu langkah strategik untuk mencerminkan kedudukan UPM sebagai sebuah pusat pengajian tinggi yang berupaya menawarkan berbagai program pengajian untuk menghadapi pembangunan masa depan.

6. Universiti Sains Malaysia

universiti sains malaysiaUniversiti Sains Malaysia (Sumber: afterschool.my)

Universiti Sains Malaysia (USM) menawarkan perkuliahan untuk 111 program akademik penuh waktu dan 72 program pembelajaran jarak jauh yang bisa kamu pilih, Squad. USM juga memiliki tiga kampus utama yang berlokasi di Penang, di Seri Ampangan untuk jurusan Teknik, dan di Kubang Kerian untuk jurusan Ilmu Kesehatan. 

Untuk kamu yang suka olahraga juga pasti cocok banget kuliah di USM karena fasilitas olahraganya yang super lengkap. Mulai dari gelanggang tenis, lapangan hoki, lapangan rugby, sampai gelanggang squash ada di USM. Nggak heran pada tahun 2010, klub sepak bola USM (USM Club) menjadi klub universitas pertama yang bermain di Liga Perdana Malaysia. Wah, kapan lagi kegiatan akademik dan non-akademik bisa selaras.

7. Universiti Teknologi Malaysia

universitas terbaikGerbang masuk menuju Universiti Teknologi Malaysia (Sumber: global.tsukuba.ac.jp)

Squad, kamu tahu ‘kan Menara Kembar Petronas? Gedung ikonik di Malaysia itu lho. Nah, kalau kamu jalan 2 km ke arah Utara, kamu akan menemukan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Yep, UTM adalah universitas teknik terbesar di tengah kota Kuala Lumpur yang menawarkan 13 fakultas yang bisa kamu pilih untuk semua tingkat pendidikan.

8. Chulalongkorn University

chulalongkorn universityTampak atas Chulalongkorn University (Sumber: chula.ac.th)

Chulalongkorn University merupakan salah satu universitas terbaik di Bangkok, Thailand. Well, Thailand mungkin belum menjadi tujuan kuliah favorit bagi pelajar Indonesia, tapi rupanya Chulalongkorn University menempati peringkat ke-8 universitas terbaik di Asia Tenggara. Ingin kuliah di Negeri Gajah Putih tapi takut tidak bisa bahasa Thailand? Jangan khawatir, karena ada 13 fakultas dalam bahasa Inggris yang memang khusus ditawarkan untuk international student.

9. Universitas Indonesia

universitas terbaikPerpustakaan Universitas Indonesia (Sumber: makassar.terkini.id)

Nah, kalau yang ini produk lokal, Squad! Universitas Indonesia rupanya universitas terbaik ke-9 di Asia Tenggara dan tentunya peringkat ke-1 di Indonesia. Kalau ada yang belum tahu, Universitas Indonesia ini terletak di Depok. Ada beberapa jalur masuk Universitas Indonesia yaitu, SNMPTN, SBMPTN, PPKB UI dan SIMAK UI.

10. Universiti Brunei Darussalam

universitas terbaikDesain Universiti Bruenei Darussalam yang colourful (Sumber: ubd.edu.bn)

Universiti Brunei Darussalam merupakan universitas tertua di Bandar Seri Bengawan. Dengan 4 pilarnya yaitu people, expertise, relevance, dan leadership. UBD memiliki 8 fakultas, 9 institut penelitian dan 6 pusat layanan akademis.

Eits, tapi untuk masuk ke salah satu dari 10 universitas terbaik di Asia Tenggara tentu tidak mudah, Squad! Yuk persiapkan dirimu dengan ruangles. Caranya gampang banget, kamu pilih sendiri guru privat sesuai kebutuhanmu, lalu gurunya yang akan menghampiri kamu!

IDN CTA Blog ruangles-1 Ruangguru

Bulan Tamara Horo