5 Tips Belajar Menjelang Penilaian Akhir Semester

Tips Belajar Menghadapi Penilaian Akhir Semester

Kira-kira apa saja ya yang bisa dilakukan sebelum saat ujian itu tiba? Simak 5 tips belajar dalam persiapan kamu menjelang PAS (Penilaian Akhir Semester) di artikel berikut ini!

Ngga terasa ya semester ganjil akan berakhir lebih kurang satu bulan lagi. Nah, sebelum semester ganjil ini berakhir, pasti kamu akan berhadapan dengan yang namanya PAS (Penilaian Akhir Semester) atau UAS (Ulangan Akhir Semester)

Sudah sejauh mana persiapan yang kamu lakukan?



 

 

Khususnya buat kamu yang bakal ikut daftar SNMPTN tahun depan nih, di semester ganjil tahun ini (semester 5), bakal menjadi nilai penutup di rapor kamu yang nanti akan diakumulasi buat SNMPTN.

Sekarang, simak beberapa tips belajar menjelang penilaian akhir semester yang bisa kamu terapin ya…

1. Belajar di Waktu yang Tepat

Ada beberapa teori bahwa waktu belajar yang efektif itu di malam hari. Sayangnya, ada penelitian lain yang mengemukakan bahwa belajar itu sebaiknya di waktu pagi hari (Subuh). Terlepas dari waktu belajar yang bisa kamu gunakan, sebaiknya tetap dikondisikan dengan tubuh kamu. Soalnya ada beberapa orang yang tubuhnya itu sangat produktif ketika malam hari.

Kamu harus bisa mengetahui diri kamu itu termasuk orang yang cepat menangkap pelajaran di malam hari atau pagi hari. Jangan samakan waktu belajar kamu dengan teman-teman kamu ya. Kalau kamu merasa bahwa belajar di pagi hari lebih cepat dipahami, mulai sekarang rutinkan saja kebiasaan itu.

tips belajar persiapan pas

(sumber: bobo.grid.id)

 

2. Sering Menjawab Latihan Soal

Jangan pernah sekali-kali merasa sombong dan paham betul tentang sebuah materi yang sudah kamu pelajari. Tidak akan ada yang percaya ketika kamu bilang “Aku sudah paham materi ini”

Satu-satunya cara untuk membuktukan bahwa kamu sudah benar-benar paham ialah dengan menjawab soal latihannya. Ada cara yang bisa mengasah kemampuan kamu dalam menjawab soal-soal tersebut. Kamu bisa mencoba dengan menjawab soal setiap hari maksimal 3 soal saja di tiap mata pelajarannya. Kalau dihitung-hitung, jika setiap harinya kamu menjawab 3 soal latihan, maka dalam 1 bulan bisa lebih dari 50 soal latihan yang kamu jawab.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Supaya Nggak Cepat Lupa

3. Belajar Kelompok

Saat PAS nanti, memang ngga boleh kamu bekerjasama dengan temanmu untuk menjawab soal-soal tersebut. Tapi, saat menjelang penilaian akhir semester, ngga ada salahnya kamu dan teman-temanmu itu bekerjasama dalam mengerjakan latihan soal. Yap, dengan kata lain kamu bisa menerapkan belajar kelompok lho. Misal, ditentukan hari apa dan belajar di rumah siapa gitu.

Salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan dengan belajar kelompok ialah bisa saling bertukar pikiran. Ngga cuma jawaban atas soal-soal latihan aja lho, dalam belajar kelompok juga bisa melatih keberanian berpendapat bahkan bisa melatih kecerdasan emosional dalam menerima pendapat orang lain. Selain itu juga bisa lebih membangun keakraban dengan teman-teman juga.

Gimana? Sudah belajar kelompok hari ini?

Tips belajar menjelang penilaian akhir semester

Baca Juga: Cara Belajar Efektif Menurut Penelitian

4. Pilih Suasana Belajar yang Nyaman

Tips nomor 4 ini sama dengan tips nomor 1 tadi. Setiap orang punya pilihannya masing-masing. Pasti ada di antara kamu tuh yang kalau belajar harus di tempat yang ngga berisik. Istilah kerennya sih suasananya kondusif gitu. Tempat favorit belajar biasanya di perpustakaan.

Ada juga yang senang belajar di cafe sambil minum Thai Tea gitu atau sembari nyeruput boba. Pasang headset dan dengerin lagu, terus mulai mengerjakan soal deh. Kalau haus tinggal sedot Thai Tea di depan mata. Ngga ada yang salah dengan suasana belajar tersebut, yang perlu kamu pahami adalah kamu harus tahu suasana yang mendukung belajar kamu itu seperti apa. Harusnya sih kamu udah tahu lah ya?

tips belajar persiapan uas

(sumber: dblindonesia.com)

 

5. Istirahat yang Disertai Doa

Belajar terus…belajar terus…belajar terus….

Sakit…!!

Amit-amit dong ya. Jangan sampai hal tersebut terjadi di diri kamu ya. Oleh karena itu penting banget buat kamu untuk mengistirahatkan badan setelah belajar. Belajar rutin memang baik, tapi harus disertai dengan jadwal istirahat yang cukup. Baik tidur dan olahraga harus memiliki jadwal yang teratur.

Oh iya, jangan lupa juga berdoa ya teman-teman. Doa bisa menguatkan keyakinan atas kemampuan kita buat ngejawab soal-soal di penilaian akhir semester nantinya lho. Minta doa juga ke orang tua supaya kamu dilancarkan saat menjawab soal-soal ujian nanti.

Tips Belajar - Tips Belajar Menghadapi Ujian Akhir Sekolah-04

Supaya persiapan kamu menjelang penilaian akhir semester lebih mantap lagi, yuk gabung di ruangbelajar sekarang. Ada banyak rangkuman dan latihan soal yang bisa kamu donwload lho. Pembahasannya juga lengkap banget. Pastinya bikin belajar jadi lebih mudah.

ruangbelajar

Tedy Rizkha Heryansyah