6 Tips Jitu Menyusun Profil LinkedIn Untuk Siswa!

Ruangguru Agu 12, 2021 • 5 min read


menyusun profil linkedin untuk siswa

LinkedIn merupakan platform yang biasa digunakan untuk memperluas koneksi dan mencari pekerjaan. Gimana sih cara menyusun profil LinkedIn yang menarik untuk siswa? Simak tips-nya berikut ini!

-- 

Hai, guys! Sudah ada yang menggunakan LinkedIn? Bagi yang belum tahu, LinkedIn adalah sebuah platform internet yang mayoritas digunakan untuk mencari pekerjaan. Kini, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut telah mengumpulkan ratusan juta lebih pengguna dari berbagai negara. Membuat akun LinkedIn juga sangat mudah. Bagi kamu yang sudah berusia 16 tahun ke atas, sudah bisa mendaftar dan membuat akun LinkedIn. Jadi, tidak hanya mahasiswa dan fresh graduate saja ya, siswa juga bisa mendaftar.

Tentunya, ini membuka harapan yang bagus untuk siswa-siswa SMA maupun SMK. Siswa yang sudah mempunyai profil maya di LinkedIn dapat menemukan kesempatan-kesempatan, seperti magang, part time, menambah koneksi/relasi, dan kegiatan positif lainnya. LinkedIn juga dapat menjadi alternatif di antara media sosial yang semakin menjamur, seperti Instagram dan Facebook. LinkedIn dapat dianggap sebagai media sosial yang menampilkan ‘wajah’ maya profesional kita. Apa kamu tertarik? Yuk, langsung cari tahu tips menyusun profil LinkedIn dengan membaca artikel berikut ini!

 

1. Gunakan Foto yang Layak 

Foto profil menjadi hal pertama yang perlu kamu perhatikan. Berbeda dengan Facebook atau Instagram, foto profil di LinkedIn terkesan lebih profesional karena akan dilihat oleh pihak pencari calon karyawan. Gunakanlah foto dengan kualitas tinggi. Dengan demikian, profilmu akan lebih mungkin untuk banyak dilihat dan dikunjungi. Pastikan juga kamu berfoto sendiri dan berpakaian rapih, ya!

foto profil profesional untuk linkedin-2

 

2. Tulis Headline yang Informatif dan Menarik

Headline adalah pernyataan atau slogan profesional yang singkat dan menarik. Headline di profil Linkedin ini berguna untuk memberikan kesan pertama yang baik dan mudah diingat. Kamu bisa rumuskan terlebih dahulu kelebihan, minat, dan tujuan kamu sebelum membuat headline sendiri. Headline dapat berbunyi seperti “Honors student seeking marketing position” dan masih banyak contoh lain. Coba kamu cek profil Linkedin dari teman sejawat atau alumni almamater yang kamu kagumi untuk mendapat ide, ya!

3. Pamerkan Pendidikan dan Almametermu 

Cantumkan sekolah, jurusan, kuliah, ataupun pertukaran pelajaran yang pernah kamu ikuti. Jangan malu, Linkedin adalah tempat yang tepat untuk menampilkan prestasi ataupun pengalamanmu. Kamu juga bisa mencantumkan IPK ataupun nilai tes yang pernah kamu ambil, lho!

contoh headline dan riwayat pendidikan untuk linkedin-2

Baca juga: 3 Tips Menabung Harian untuk Siswa Selama Belajar di Rumah

 

4. Kembangkan Rangkuman Profesionalmu

Kalimat rangkumanmu bisa berisi beberapa paragraf pertama yang menjelaskan dirimu. Buatlah rangkuman yang ringkas dan penuh percaya diri tentang kualifikasi dan tujuanmu. Cantumkan juga pengalaman organisasi yang relevan ataupun kegiatan-kegiatan lainnya. Ceritakan dirimu sesingkat dan seefektif mungkin kepada para pembaca!

contoh resume singkat di linkedin-2

 

5. Kumpulkan Rekomendasi Sebanyak-Banyaknya

Profil yang baik, paling tidak punya satu rekomendasi. Rekomendasi dapat memberikan pendapat eksternal tentang kemampuan dan kepribadian yang kamu miliki. Coba minta dan kumpulkan rekomendasi dari teman terdekatmu di sekolah, mentor, ataupun guru. Jika kamu punya kesempatan kerja ataupun magang. Coba minta rekomendasi atas pekerjaanmu. Para pencari calon karyawan juga sangat tertarik dengan rekomendasi dari atasan atau orang yang mensupervisi kita langsung.

6. Bagikan Karyamu   

Kamu juga dapat membagikan karyamu di Linkedin. Kamu dapat mencoba menambahkan tulisan, desain, atau karya jenis lainnya. Dengan menambahkan karya-karya, kamu akan memperkaya profil dan portofoliomu. Ini merupakan cara terbaik bagi pengunjung profilmu untuk langsung melihat karya yang kamu hasilkan.

 

Itulah beberapa tips jitu bagi kamu, para siswa yang tertarik untuk memiliki akun maya di Linkedin! Dengan linkedin kamu punya kesempatan belajar dan berkegiatan positif lebih banyak. Langsung kunjungi lamannya untuk mempraktikan tips-tips di atas, ya!

New call-to-action

Sumber gambar:

Foto 'Woman in White and Black Stripped Shirt Smiling' by Andrea Piacquadio [Daring]. Tautan: https://www.pexels.com/photo/woman-in-white-and-black-striped-shirt-smiling-3807768/ (Diakses pada: 12 Agustus 2021).

Foto 'Woman in Yellow Shirt Resting on Her Arm' by Andrea Piacquadio [Daring]. Tautan: https://www.pexels.com/photo/woman-in-yellow-shirt-resting-on-her-arm-3808017/ (Diakses pada: 12 Agustus 2021).

Foto 'Woman in Black Long Sleeve Shirt Wearing Yellow Hijab' by RODNAE Production [Daring]. Tautan: https://www.pexels.com/photo/woman-in-black-long-sleeve-shirt-wearing-yellow-hijab-8217729/ (Diakses pada: 12 Agustus 2021).

 

Artikel ini diperbarui pada 9 Agustus 2021.

Profile

Ruangguru

Beri Komentar