7 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli | Sosiologi Kelas 12

perubahan sosial menurut para ahli-1

Perkembangan zaman memang tidak bisa kita hindari. Seiring dengan itu pula perubahan sosial terjadi. Supaya lebih jelas, sama-sama kita baca yuk pengertian perubahan sosial menurut para ahli di artikel berikut ini.

Apa sih itu yang dimaksud dengan pengertian perubahan sosial menurut para ahli? Supaya kamu bisa menjawabnya, coba simak gambaran berikut.

Kakak punya pertanyaan nih, apakah kamu masih sering menjumpai delman di kota-kota besar di Indonesia? Hmmm… sepertinya sudah sangat jarang sekali ya. Delman yang dulu menjadi salah satu transportasi pada masanya, seiring perkembangan zaman mulai digantikan oleh kendaraan bermotor. Hal ini merupakan salah satu contoh dari yang namanya perubahan sosial, lho

perubahan sosial menurut para ahli - delman

Sesuai dengan judul artikelnya, berikut akan dijelaskan pengertian singkat tentang apa itu yang dimaksud dengan perubahan sosial menurut para ahli. Simak dan dicatat ya.

 

1. William F. Ogburn

Dalam teorinya, Ogburn menyatakan ruang lingkup perubahan sosial terdiri dari unsur-unsur kebudayaan baik material dan immaterial. Fokusnya ialah pengaruh besar unsur material terharap unsur immaterial.

 

2. Kingsley Davis

Davis menekankan bahwa perubahan sosial itu sebagai wujud perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi suatu masyarakat.

 

3. Samuel Koening

Perubahan sosial merujuk pada modifikasi dalam pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut bisa terjadi karena sebab dari internal dan eksternal yang mengakibatkan perubahan.

 

4. Selo Soemardjan

Definisi perubahan sosial menurut Selo Soemardjan merujuk pada perubahan lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang berpengaruh pada sistem sosialnya. Perubahan ini mencakup nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku.

 

5. Parsudi Suparlan

Perubahan sosial merupakan wujud perubahan dalam struktur sosial dan pola hubungan sosial. Termasuk didalamnya ialah sistem politik, sistem kekuasaan, hubungan keluarga, dan kependudukan.

 

6. Hans Garth dan C. Wright Mills

Garth dan Mills mengemukakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi baik kemunculan, perkembangan, bahkan kemunduran, dalam kurun waktu tertentu terhadap tatanan yang meliputi struktur sosial.

 

7. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt

Perubahan sosial ialah suatu hal yang tetap dan selalu ada dalam alam semesta. Masyarakat generasi baru tidak mungkin meniru atau mengambilalih kebudayaan generasi sebelumnya. Generasi baru pasti selalu menginginkan perubahan.

Baca Juga: 10 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

 perubahan sosial menurut para ahli - masyarakat

 

Di dalam proses perubahan sosial itu termasuk juga sistem stratifikasi sosial, proses sosial, struktur sosial, nilai dan norma sosial, serta lembaga kemasyarakatan dalam suatu kurun waktu tertentu ya teman-teman.

Penjelasan tentang pengertian perubahan sosial menurut para ahli apakah sudah cukup jelas? Nah, kalau kamu rasa belum cukup jelas, kamu bisa gabung di roboguruPlus. Di sana nanti kamu bisa ikuti live streaming dengan kakak tutor Ruangguru yang pastinya udah berpengalaman dong. Gabung sekarang yuk.

IDN CTA Blog roboguru plus Ruangguru

Referensi:

Waluya, Bagja. 2009. Sosiologi Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat kelas 12. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tedy Rizkha Heryansyah