7 Tips Mudah Belajar Bahasa Asing secara Otodidak

tips belajar bahasa asing secara otodidak

Tahu nggak sih ternyata belajar bahasa asing itu tidak sesulit yang kita kira, lho! Mau tahu apa aja tipsnya? Yuk, simak artikel berikut!

--

Halo! Setelah di tulisan sebelumnya kita telah membahas pentingnya menguasai bahasa asing, pastinya kamu semakin termotivasi untuk belajar bahasa asing dong, ya.

Tapi kata orang sih, belajar bahasa asing itu sulit, apalagi kalau baru dimulai di usia jelang dewasa. Walaupun terasa seperti itu, kita tidak boleh menyerah begitu saja. Justru usaha yang kita lakukan harus lebih keras untuk menguasai bahasa yang kita inginkan.

Berikut ini, para poliglot dari TED.com akan berbagi rahasianya dalam belajar bahasa asing secara otodidak (mandiri), sehingga mereka bisa menguasai banyak bahasa sekaligus. Yuk, langsung saja kita simak!

 

1. Realistis

Tips belajar bahasa asing yang pertama adalah realistis. Kamu bisa ukur kemampuanmu sendiri terlebih dahulu, lalu rancang program yang sesuai dengan kemampuanmu. Selanjutnya, kamu bisa mulai praktikkan perlahan, misalnya dengan menghafal 50 kata dan gunakan dalam percakapan sehari-hari sebisa mungkin, sebelum akhirnya melangkah ke struktur kalimat atau grammar, dll.

 

2. Jadikan Gaya Hidup

Belajar bahasa asing akan selalu susah jika tidak sering dipraktekkan, ya. Yuk, gunakan bahasa yang kamu pelajari dalam hidupmu sehari-hari. Jadikan itu bahasa yang kamu pakai mulai saat kamu mengekspresikan kegembiraan, cinta, bahkan keluhan, dan kesedihan. Dengan berekspresi, bahasa bisa lebih cepat kita serap.

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan 5 Poligot yang Menguasai Banyak Bahasa Asing ini!

 

3. Penuhi Rumah dengan Bahasa Asing

Lanjut ke cara mudah belajar bahasa asing berikutnya! Beri label pada setiap benda di rumahmu dalam bahasa asing yang kamu pelajari. Biasakan mengucapkannya dalam bahasa tersebut. Sediakan pula buku dalam bahasa itu untuk kamu baca berulang-ulang, tonton film dengan bahasa atau subtitle bahasa itu, dan lain sebagainya. Pokoknya, lingkungan sekitarmu harus penuh dengan bahasa yang sedang kamu pelajari.

 

4. Gunakan Teknologi

Teknologi jelas akan sangat membantu kamu dalam mempelajari bahasa asing. Pakailah aplikasi seperti Google Translate untuk sekedar menerjemahkan kata atau kalimat. Kamu juga bisa menggunakan berbagai macam aplikasi belajar bahasa asing, seperti English Academy agar pemahaman belajar bahasamu jadi lebih dalam. Jangan lupa juga untuk belajar yang rutin ya, agar kamu semakin terbiasa.

Baca Juga: 5 Bahasa Asing Ini Wajib Kamu Kuasai, Apa Saja Ya?

 

5. Bayangkan Kesempatan Baru

Bayangkanlah kesempatan atau tujuan yang akan kamu capai dengan mempelajari bahasa asing. Misalnya, dengan kamu mempelajari bahasa itu, kamu bisa memperbesar peluang mendapat beasiswa ke luar negeri atau membaca suatu buku/film dalam bahasa aslinya. Semua tujuan itu akan memotivasi kamu dan memberikan kesan menyenangkan bagimu dalam mempelajari bahasa asing, lho!

 

6. Cari Teman

Next, tips belajar bahasa asing yang bisa kamu lakukan dengan mudah adalah mencari teman seperjuangan. Bahasa adalah pengantar komunikasi manusia. Mempelajari bahasa dengan hanya menggunakannya sendirian jelas tidak akan bermanfaat. Carilah teman yang tepat untuk diajak belajar bersama, atau cari teman yang memiliki bahasa utama yang ingin kamu pelajari. Sering-sering berinteraksi satu sama lain, serta saling mengingatkan dan memperbaiki kesalahan dan kekurangan satu sama lain. Niscaya perkembangan kamu akan semakin pesat.

 

7. Jangan Takut Salah

Ini mungkin menjadi salah satu masalah terbesar orang-orang dalam belajar bahasa: Takut Salah. Segera hilangkan perasaan ini. Namanya juga belajar, kamu tidak usah takut salah, ya. Tidak usah pedulikan kalau ada yang menertawakan atau mengejek ketika kamu melakukan kesalahan. Justru dengan membuat kesalahan, akmu akan lebih cepat ingat dan paham tentang bahasa yang kamu pelajari.

Baca Juga: 10 Alasan Kamu Wajib Menguasai Bahasa Asing

Itulah 7 tips mudah belajar bahasa asing secara otodidak dari para poligot TED Talks, yang jelas telah mereka terapkan sehingga mampu menguasai banyak bahasa sekaligus. Nah, kalau kamu pengen belajar tentang hal-hal menarik dan seru lainnya, kamu bisa mulai berlangganan ruangbelajar sekarang juga! Selamat mencoba!

New call-to-action

Referensi:

TED Blog. (2014). How to learn a new language: 7 secrets from TED Translators. Diakses dari https://blog.ted.com/how-to-learn-a-new-language-7-secrets-from-ted-translators/

Profile

Yuza Mulia