9 Bencana Alam Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia

Squad, bencana alam adalah kejadian paling mengerikan di muka bumi ini karena tidak dapat kita duga kedatangannya. Pasti kamu sudah pernah ‘kan merasakan bencana alam, dari yang besar hingga yang kecil sekali pun? Bencana alam dapat memberikan efek yang besar terhadap kehidupan kita, bisa menghancurkan infrastruktur suatu kota hingga menelan banyak korban jiwa, seperti gempa dan tsunami Palu di tahun 2018. Tahukah kamu, jika sepanjang sejarahnya ternyata banyak bencana alam dahsyat yang pernah terjadi di Indonesia? Yuk, kita lihat daftarnya berikut ini.

1. Gempa dan Tsunami Aceh

bencana alam terdahsyatGempa dan tsunami Aceh (Sumber: todayonline.com)

Tsunami Aceh terjadi pada tanggal 26 Desember 2004. Tsunami yang dipicu oleh gempa berkekuatan 9.3 SR ini terjadi di kedalaman 30 km di bawah dasar laut dan berjarak 100 km dari pantai Barat Aceh. Gempa tersebut menyebabkan gelombang tsunami setinggi 9 meter yang kemudian menyapu wilayah Aceh. Bencana ini menewaskan lebih dari 220 ribu jiwa di Indonesia. Peristiwa ini juga menjatuhkan korban pada wilayah di Semenanjung Malaysia, Thailand, India, Srilangka, dan pantai Timur Afrika. Gempa dan Tsunami Aceh merupakan bencana alam paling dahsyat dengan jumlah korban jiwa terbesar sepanjang sejarah Indonesia. Kini, Aceh telah bangkit dan membangun beberapa tempat untuk mengingat kejadian ini dan memberikan pelajaran kepada masyarakat.

2. Letusan Toba

bencana alam terdahsyatDanau toba (Sumber: flickr.com)

Letusan yang terjadi sekitar 77.000 tahun yang lalu ini memuntahkan sekitar 3000 kilometer lava, yang setara dengan Danau Toba sekarang. Menurut penelitian terkini, terungkap bahwa danau seluas 3000 kilometer ini hanyalah kaldera dari gunung berapi. Letusan yang terjadi pada saat itu dipercaya sebagai letusan terbesar sepanjang sejarah yang berhasil menurunkan populasi manusia secara drastis. Letusan itu dipercaya terjadi selama berminggu-minggu hingga korban yang berjatuhan pun semakin tak terkendali.

3. Letusan Krakatau

bencana alam terdahsyatLetusan Krakatau (Sumber: act.id)

Gunung Krakatau yang terletak di selat Sunda meletus pada tanggal 26-27 Agusutus 1883. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali lipat bom atom Nagasaki dan Hiroshima di Jepang, bahkan terdengar hingga Australia. Letusan ini menyebabkan gelombang tsunami dan awan panas yang menyapu  pesisir Banten serta menewaskan hingga 36.000 jiwa. Abu vulkanik yang disemburkan dari letusan gunung Krakatau mengakibatkan bumi sempat mengalami kegelapan hingga dua setengah hari karena sinar matahari tertutup debu vulkanik.

4. Gempa Yogyakarta

bencana alam terdahsyatGempa Jogja (Sumber: kompas.com)

Gempa mengguncang wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah pada 27 Mei 2006 dengan kekuatan 5,9 SR. Gempa yang terjadi pada pagi hari ini menelan korban hingga 6.234 jiwa, melukai puluhan ribu orang, merusak berbagai bangunan dan juga situs bersejarah. Gempa yang terjadi tepatnya pada pukul 05.55 pagi ini membuat banyak orang terperangkap di dalam rumah, khususnya anak-anak dan orang tua.

5. Letusan Gunung Merapi

bencana alam terdahsyatLetusan Merapi (Sumber: kbknews.id)

Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini adalah salah satu gunung api paling aktif. Hampir setiap 2-3 tahun terjadi letupan-letupan kecil hingga besar. Salah satu letusan terbesar yang tercatat dalam sejarah terjadi pada tahun 1930, yang menewaskan sekitar 1.300 jiwa. Peristiwa letusan gunung Merapi yang mungkin paling kita ingat adalah pada tahun 2010 yang disebut-sebut sebagai erupsi terbesar dalam 100 tahun terakhir dan merenggut lebih dari 200 nyawa termasuk kuncen, Mbah Maridjan.

6. Tsunami Flores

bencana alam terdahsyatTsunami Flores (Sumber: yukepo.com)

Gempa bumi berkekuatan 7,3 SR terjadi pada tanggal 12 Desember 1992 yang memicu tsunami setinggi 36 meter di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Bencana tersebut diperkirakan memakan korban hingga 2.100 jiwa.

7. Gempa Sumatera Barat

bencana alam terdahsyatGempa Sumatera Barat (Sumber: blog.act.id)

Gempa yang terjadi di Sumatera Barat terjadi pada tanggal 30 September 2009. Gempa yang berkekuatan 7,6 SR ini terasa di seluruh kawasan Sumatera, Jabodetabek, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Episentrum gempa terletak di sekitar 50 km lepas pantai barat laut Sumatera dengan kedalaman sekitar 87 km dari permukaan. Menurut data, peristiwa itu mengakibatkan 1.115 orang tewas.

8. Gempa Lombok

bencana alam terdahsyatGempa Lombok (Sumber: jawapos.com)

Rentetan gempa di Lombok pertama kali dirasakan pada tanggal 29 Juli 2018 dengan kekuatan 6,4 SR. Sejak itu, terjadi rentetan gempa susulan dengan skala kecil hingga besar yang terhitung mencapai angka ratusan kali. Hingga saat ini korban jiwa yang tercatat telah mencapai 555 orang.

9. Gempa dan Tsunami Palu dan Donggala

bencana alam terdahsyatGempa dan Tsunami Palu (Sumber: dw.com)

Kerusakan akibat gempa bumi diikuti dengan tsunami yang melanda Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah cukup parah. Gempa dengan magnitude 7,4 SR disusul dengan tsunami yang terjadi Jumat sore, 28 September 2018 lalu mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan memakan korban ribuan jiwa. Sampai kabar ini ditulis korban jiwa yang tercatat mencapai angka 1.407 jiwa.

Tingginya risiko terkena bencana di Indonesia membuat kita harus selalu siap dengan melakukan berbagai tindakan antisipatif. Kemajuan teknologi harusnya dapat kita manfaatkan untuk meminimalisir terjadinya bencana alam. Menurut kamu bencana apa yang paling dahsyat? Tulis di kolom komentar ya! Atau kamu ingin mengetahui sejarah Indonesia lainnya? Yuk, tonton aja video beranimasi pelajaran Sejarah di ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D