9 Jurusan dengan Lulusan Bergaji Tinggi

Jurusan dengan lulusan bergaji tinggi

Artikel ini membahas tentang beberapa jurusan yang memiliki prospek kerja serta lulusan bergaji tinggi untuk menjadi referensi bagi calon mahasiswa.

--

 

Apa sih yang kamu cita-citakan setelah lulus kuliah nanti? Tentunya kamu ingin bekerja dengan penghasilan yang baik ‘kan? Untuk itu, kamu perlu memilih jurusan dengan prospek kerja menjanjikan serta pendapatan yang besar. So, sebelum memilih jurusan kuliah, tidak ada salahnya kamu mencari gambaran mengenai penghasilan setelah lulus nanti. Mau memilih jurusan yang lulusannya memiliki gaji tinggi? Beberapa jurusan di bawah ini bisa kamu pilih.

 

1. Kedokteran

jurusan kedokteranDokter (Sumber: scripps.org)

Jurusan kuliah kedokteran masih menjadi salah satu yang paling favorit dipilih oleh calon mahasiswa Indonesia. Apakah kamu salah satunya? Universitas yang menyediakan pilihan Fakultas Kedokteran di Indonesia sendiri pun cukup banyak, baik itu kampus swasta ataupun kampus negeri. Menjadi dokter akan memberi kamu kesempatan yang luas untuk mendapatkan penghasilan tinggi. Gaji dokter di sebuah rumah sakit swasta bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulannya, lho. Apalagi kalau kamu menjadi dokter spesialis di bidang tertentu. Selain itu, kamu juga bisa membuka klinik atau tempat praktik sendiri, sehingga kamu bisa mendapat penghasilan tambahan lagi.

Baca juga: Mau Lintas Jurusan? Ini 5 Persiapan yang Perlu Kamu Lakukan!

 

2. Teknik Informatika

jurusan teknik informatikaProgrammer (Sumber: teknologi.id)

Di dunia kerja saat ini, sarjana informatika atau Teknik Informatika (TI) sangat banyak dibutuhkan seiring dengan berkembangnya teknologi digital dan online. Berdasarkan survei gaji 2018 yang dilakukan oleh National Associattion of Colleges and Employers (NACE), rata-rata gaji programmer yang baru lulus di Amerika bisa mencapai 919 juta rupiah per tahun atau sekitar 610 juta rupiah per tahun di Inggris. Beberapa sektor di bidang TI juga bisa mendapatkan gaji awal yang lebih tinggi seperti bidang software development, web development, atau network.

 

3. Sistem Informasi

Tak hanya Teknik Informatika saja yang sangat dibutuhkan, lulusan dari Sistem Informasi juga banyak dicari oleh perusahaan, lho. Pada dasarnya, Sistem Informasi merupakan gabungan dari ilmu komputer, ekonomi manajemen, dan bisnis. Walaupun fokusnya tetap di programming, tetapi kamu juga akan belajar tentang bisnis perusahaan.

Sistem InformasiSistem Informasi (Sumber: campuspedia.id)

Kamu akan belajar masalah ekonomi, pengembangan sistem, hingga manajemen. Setelah lulus, kamu diharapkan bisa menerapkan ilmu programming sesuai dengan kebutuhan perusahaan/organisasi. Nah, karena hampir seluruh perusahaan sekarang menggunakan teknologi, maka profesi ini pun kian dicari dengan tawaran penghasilan yang cukup fantastis.

 

4. Data Science

Perkembangan teknologi membuat teknik pengolahan data menjadi suatu hal yang sangat penting. Nah, data science menjadi ilmu yang semakin naik daun saat ini karena disiplin ilmu ini mampu mengolah big data. Data science sendiri dibangun berdasarkan disiplin ilmu matematika, statistik, dan komputer. Dengan belajar data science, kamu bisa membantu proses pengolahan data seperti pengumpulan data, manipulasi data, hingga analisis data.

Data ScienceData Science (Sumber: cio.com)

Data science akan mengolah big data yang berisi data numerik, suara, gambar, teks, dan sebagainya. Hasil analisis dari seorang data scientist bisa menjadi pedoman dalam pengambilan keputusan sebuah perusahaan di masa depan. Karena perannya sangat penting, peluang kerja dan nominal penghasilan yang bisa diraih pun sangat besar, lho.

 

5. Teknik Kimia

jurusan teknik kimiaTeknik Kimia (Sumber: mynextmove.org)

Jurusan ini mempelajari cara memproses bahan baku atau materi mentah secara kimiawi menjadi sesuatu yang lebih berguna dan bernilai ekonomi. Peluang kerja dari lulusan program studi Teknik Kimia pun cukup luas. Kamu bisa bekerja di industri makanan, kosmetik, pupuk, semen, gula, farmasi, gas, obat-obatan, pengolahan minyak dan lainnya. Umumnya, perusahaan-perusahaan yang membutuhkan karyawan dari lulusan ini akan memberikan gaji yang besar dan cukup menjanjikan.

 

6. Bisnis Digital

Pasti tahu 'kan bisnis start-up? Nah, kamu bisa jadi ahli di bidang bisnis start-up atau marketplace dengan masuk ke jurusan Bisnis Digital. Secara umum, jurusan Bisnis Digital mempelajari bisnis yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi digital. Para mahasiswa akan diajarkan mengenai segala hal yang berkaitan dengan start-up digital, marketplacebig data, sampai artificial intelligence.

bisnis digitalBisnis digital (Sumber: royaltekno.com)

Setelah lulus, peluang kerja kamu pun terbuka lebar, lho. Kamu bisa bekerja di berbagai industri, mulai dari perbankan dan keuangan hingga membuat start-up sendiri di bidang yang kamu minati. Kamu juga bisa menjadi analis di berbagai bidang, lho. Pentingnya ilmu yang kamu miliki membuat kamu bisa dibayar mahal oleh banyak perusahaan.

 

7. Teknik Perminyakan

jurusan teknik perminyakanTeknik Perminyakan (Sumber: mynextmove.org)

Menurut survei yang dilakukan oleh PayScale terhadap lulusan dari berbagai program studi jenjang sarjana di Amerika Serikat, menempatkan Teknik Perminyakan di urutan pertama. Walaupun industri minyak dan gas dunia sedang melesu dan prospek kerja ke depan dari perminyakan diprediksi menurun, namun jurusan Teknik Perminyakan masih mencatat penghasilan tertinggi bagi para lulusannya.

Baca juga: Intip Jurusan Kuliah yang Diambil Para Presiden Indonesia

 

8. Teknik Mesin

jurusan teknik mesinTeknik Mesin (Sumber: engineering.purdue.edu)

Kamu suka berurusan dengan hal yang berkaitan dengan mesin? Eits jangan salah, tidak hanya laki-laki yang berminat di bidang ini, banyak wanita yang juga tertarik untuk mendalaminya lho. Nah, bagi kamu yang suka dengan mesin, maka tak ada salahnya untuk memilih jurusan ini. Apalagi di zaman teknologi yang terus berkembang pesat, tenaga mekanik akan semakin diperlukan untuk menjalankan proses produksi dengan lebih efisien juga efektif. Dengan keahlianmu, banyak industri mesin atau perusahaan yang akan menawarkan gaji cukup besar.

 

9. Arsitektur

jurusan arsitekturArsitek (Sumber: westcoat.com)

Kamu suka merancang bangunan? Jurusan Arsitektur akan membantu kamu mempelajari mengenai pengaplikasian teknik dan prinsip teknik ke dalam rancangan bangunan dan juga konstruksi. Nah, kemampuanmu dalam merancang sebuah bangunan seperti gedung bertingkat, hunian dan lainnya akan sangat berguna di dunia kerja kelak. Kamu bisa mendapat prospek kerja yang menjanjikan, mulai dari konsultan, perusahaan developer, atau kontraktor. Pendapatannya di bidang ini pun cukup besar, lho.

Baca juga: 9 Cara Mengenali Minat dan Bakat Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

 

Memilih jurusan yang tepat dan memiliki prospek bagus di masa depan memang penting. Namun, jangan jadikan angka penghasilan sebagai pertimbangan utama ya. Jangan harap kamu bisa sukses dan dapat gaji tinggi, jika kamu nggak minat dan hanya mempunyai skill yang biasa saja. Intinya, kesuksesan bergantung pada usahamu. So, jangan lupa ya terus berusaha dan tingkatkan prestasimu dengan ruangbelajar, agar bisa masuk jurusan impian!

New Call-to-action

Referensi:

Pengertian Data Science [daring]. Tautan: https://www.dqlab.id/pengertian-data-science-contoh-dan-profesi (Diakses: 6 Oktober 2021)

Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar yang Sedang Tren di Indonesia [daring]. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/12/115113871/ini-10-jurusan-kuliah-dengan-potensi-gaji-besar-yang-sedang-tren-di?page=all#page2 (Diakses: 6 Oktober 2021)

Sumber foto:

Sistem Informasi [daring]. Tautan: https://campuspedia.id/news/profesi-incaran-banyak-orang-simak-7-tips-menjadi-software-engineer/ (Diakses: 6 Oktober 2021)

Data Science [daring]. Tautan: https://www.cio.com/article/3599335/how-to-build-a-successful-data-science-training-program.html(Diakses: 6 Oktober 2021)

Bisnis digital [daring]. Tautan: https://cryptocurrency.royaltekno.com/(Diakses: 6 Oktober 2021)

Artikel ini diperbarui pada 6 Oktober 2021.

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru