9 Tips Agar Semangat Belajar Selama Berpuasa

Tips Belajar Saat Berpuasa

Memasuki bulan suci Ramadhan, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Nah jika kamu sedang puasa, kamu tetap belajar nggak nih? Yuk simak beberapa tips dibawah ini agar belajarmu tetap semangat di bulan puasa!

Memasuki bulan Ramadhan, umat Islam mulai menjalankan ibadah puasa. Tentu saja selama bulan puasa, akan banyak perubahan dalam aktivitas kita sehari-hari, guys!

Mulai dari waktu tidur, bangun, ibadah, sahur, dan sebagainya. Nah, perbedaan waktu rutinitas tersebut, pastinya juga akan mempengaruhi kebiasaan belajarmu, bukan?

Sebagai salah satu aktivitas rutin yang kita lakukan (harusnya, ya!)  belajar kita akan terpengaruh apabila kita tidak beradaptasi.

Tidak mau kan, selama kita beribadah, kita malah merasa kegiatan belajar kita terganggu? Untuk teman-teman yang ingin tetap belajar dengan optimal, simak 9 tips berikut ini ya!

1. Sahur bergizi

Seperti kata pepatah, you are what you eat, Makanlah makanan yang bergizi lengkap saat sahur, dengan porsi yang sesuai ya! Kandungan penting yang harus kamu perhatikan dalam makananmu antara lain karbohidrat, protein, dan juga serat.

Karbohidrat ada didalam nasi, singkong, atau kacang hijau, protein ada pada daging, ikan, tempe dan tahu. Sementara kebutuhan serat bisa kamu penuhi dari sayuran, dan buah-buahan.

Pastikan porsi makanmu jangan berubah menjadi terlalu banyak atau malah kurang, ya guys! Pastinya harus lengkap juga dengan 2 liter air yang bisa kamu bagi jadwal minumnya diantara waktu berbuka dan sahur.

Oh iya satu lagi, jika memungkinkan  lebih baik makan sahur dengan makanan baru, bukan dengan makanan sisa buka puasa hari sebelumnya, karena kandungan gizinya sudah berkurang.

2. Belajar setelah sahur

Siapa nih yang suka langsung tidur, sehabis sahur dan selesai ibadah?

Ternyata, tidur setelah sahur justru lebih banyak membuat kita merasa lemas pada saat bangun lho! Hal ini diakibatkan oleh kemungkinan siklus tidur yang kita lalui tidak optimal, sehingga lebih baik kita memaksimalkan tidur saat malam hari.

Apabila saat malam kita cukup beristirahat, maka akan terasa lebih segar saat memulai aktifitas di pagi hari, misalnya mengaji dan kemudian bisa kita gunakan untuk belajar. Waktu belajar saat pagi hari yang sunyi juga bisa membantu dirimu untuk fokus saat belajar!

3. Tidur siang

Manfaatkan waktu di siang hari untuk beristirahat dengan tidur siang apabila ada kesempatan. Tidur siang sebentar membantu kita dalam mengistirahatkan tubuh, serta melakukan aktivasi otak dalam mengolah dan mengkoneksikan informasi-informasi yang kita dapat selama beraktivitas di pagi harinya.

Namun, jangan berlebih-lebihan ya! Tidur siangnya jangan dimanfaatin supaya puasanya jadi cepat selesai 🙂 Waktu yang disarankan untuk tidur siang yakni diantara jam 1 hingga 3 siang. Jika sudah terlalu sore, tidak disarankan untuk tidur lagi ya!

4. Belajar di sore hari

Sudah merasa recharge setelah tidur siang? Waktu saat sore cocok banget nih, buat kamu review materi pelajaran. Jika sedang akhir pekan atau tidak ada materi pelajaran, saat sore hari bisa kita manfaatkan untuk belajar suatu hal yang baru.

Misalnya membaca buku, mendengarkan lagu, berolahraga ringan, atau mungkin membantu ibu untuk mempersiapkan buka puasa. Hitung-hitung bisa jadi waktu ngabuburit atau kesibukan sambil menunggu waktu berbuka!

5. Tidur cukup di malam hari

Di bulan puasa, akan ada lebih banyak kegiatan yang membuat kita tidur lebih larut dari biasanya. Buka puasa bersama, shalat tarawih dan mengaji, atau bahkan sekedar nongkrong bersama teman-teman atau keluarga.

Kita harus tahu, kapan sebaiknya kita tidur larut, dan kapan sebaiknya kita beristirahat, sesuai keadaan fisik, emosi, dan aktivitas yang akan dilakukan keesokan harinya. Jangan begadang, nanti sahurnya kesiangan lho!

6. Belajar online

belajar pake ruangguru

Belajar online dengan Ruangguru di ruangbelajar

Karena pandemi sudah tidak semenyeramkan saat dulu kala, beberapa dari kita mungkin sudah mulai terbiasa untuk beraktivitas di luar rumah. Misalkan ke sekolah yang sudah tatap muka, ke tempat les, ke rumah teman, dan sebagainya.

Dengan belajar online, kita bisa belajar dari rumah, dari berbagai sumber pula. Kamu juga bisa belajar jauh lebih banyak hal daripada yang bisa dipelajari pada pertemuan tatap muka di sekolah.

Selain itu, jadwal belajarnya juga fleksibel menyesuaikan dengan waktu luangmu. Apalagi kalo bisa diajarin sama kakak-kakak yang seru dari Brain Academy, belajar di bulan puasa pun tetap bisa semangat!

7. Belajar agama

Suasana bulan Ramadhan selalu membuat kita merasa lebih dekat kepada Sang Pencipta. Hal ini membuat kita lebih tersugesti untuk lebih banyak melakukan kebaikan dan ibadah.

Manfaatkanlah suasana hati ini untuk belajar ilmu agama sebanyak-banyaknya. Berbagai pengajian, acara televisi, ceramah tarawih dan subuh, yang hanya ada di bulan puasa, harus kita ikuti dan resapi, untuk membentuk diri yang lebih baik.

Di momen bulan Ramadhan seperti ini, kamu bisa fokus untuk beribadah dan berdoa, agar perjuangan belajarmu dapat memenuhi hasil yang kamu inginkan!

8. Aktivitas fisik ringan

Selama berpuasa, alangkah baiknya jika kita tetap melakukan beberapa aktivitas fisik untuk menjaga kesegaran otak kita dalam belajar. Aktivitasnya tidak harus berat, namun senam kecil, jalan kaki, bersepeda, dan aktivitas fisik ringan lainnya bisa kita lakukan agar tubuh kita tetap prima, bahkan saat berpuasa. Aktivitas fisik ringan, selama tidak dibarengi dengan menyeruput es teh manis, tidak akan membuat puasa kita batal, kok 😀

9. Jangan Lupa Bahagia

Dalam berpuasa, jangan sampai kita menyalahkan puasa karena menghambat aktivitas belajar kita ya. Demikian tips bagi kamu yang ingin tetap belajar optimal selama berpuasa. Kamu punya tips lain? Silakan berikan komentar di bawah ya. Jangan lupa, kalau mau belajar tapi kamu nggak mau lelah bisa bergabung di ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Sumber Foto

Nap Time, Giphy [Daring] Tautan: giphy.com/gifs/okay-nap-OLw4FhKr2IGFa (Diakses 14 April 2022)

Supper, Giphy [Daring] Tautan: https://media1.giphy.com/media/ftGsJG0fXuJM9Xtq3A/giphy.mp4 (Diakses 14 April 2022)

Ruangguru