10 Nama Malaikat dalam Islam beserta Tugas dan Sifatnya

Fakta Seru - Nama Malaikat dan Tugasnya

Artikel ini berisi penjelasan mengenai 10 nama malaikat dan tugasnya, beserta sifat, juga hikmah mengimani malaikat. 

 

Sebagai umat muslim, ada beberapa hal yang harus kita ingat dan imani. Kamu tahu nggak apa yang dimaksud dengan rukun iman? Rukun berarti dasar atau pokok yang harus dikerjakan, dan “iman” memiliki makna yakin atau percaya. Jadi, rukun iman adalah landasan kepercayaan dalam Islam yang wajib diamalkan bagi seorang muslim.

Hayoo, btw kamu masih ingat rukun iman dalam islam nggak? Kira-kira, rukun iman itu apa aja sih?

  1. Iman kepada Allah SWT
  2. Iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
  3. Iman kepada kitab-kitab Allah SWT
  4. Iman kepada rasul-rasul Allah SWT
  5. Iman kepada hari akhir
  6. Iman kepada takdir yang baik maupun yang buruk (qada’ dan qadar).

 

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai rukun iman yang kedua, yaitu iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.

Malaikat adalah makhluk gaib yang diciptakan Allah dari cahaya (nur), sebagai utusan Allah yang patuh, taat, dan tidak pernah membangkang terhadap perintah-Nya. Tugas-tugas malaikat itu, antara lain:

  1. Beribadah kepada Allah SWT dengan bertasbih kepada-Nya siang dan malam tanpa rasa bosan atau terpaksa;
  2. Membawa wahyu kepada para Nabi dan Rasul;
  3. Memohon ampunan bagi orang-orang beriman;
  4. Meniup sangkakala;
  5. Mencatat amal perbuatan;
  6. Mencabut nyawa;
  7. Memberikan salam kepada ahli surga;
  8. Menyiksa ahli neraka;
  9. Memikul ‘arsy;
  10. Mengerjakan pekerjaan selain yang telah disebutkan diatas.

 

Iman kepada malaikat adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah menciptakan malaikat sebagai makhluk gaib yang diutus untuk melakukan segala perintah-Nya.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:

Hadits yang menjelaskan malaikat tercipta dari cahaya

 

Artinya: “Dari Aisyah berkata: Rasulullah saw. bersabda, “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api yang menyala-nyala dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan (ciri-cirinya) untuk kalian.” (HR. Muslim)

Baca Juga: Macam-Macam Agama di Indonesia, beserta Kitab Suci dan Hari Besarnya

 

10 Nama Malaikat dan Tugasnya 

Dari hadis yang kamu sudah baca sebelumnya, kamu sudah tahu ada beribu-ribu malaikat yang Allah ciptakan. Tapi, kamu hanya diwajibkan untuk mengetahui sepuluh saja. Nah, kira-kira kamu tahu nggak nama dan tugas dari sepuluh malaikat yang wajib kamu ketahui itu? Yuk, kita bahas bersama-sama!

 

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril memiliki beberapa julukan, yaitu Ruh al Amin dan Ruh al Qudus.Malaikat Jibril tugas utamanya yaitu menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para nabi dan rasul-Nya. Selain itu, malaikat Jibril dikenal juga sebagai penghulu para malaikat.

Malaikat Jibril merupakan satu dari tiga malaikat yang namanya disebut dalam Al-Qur’an. Nama malaikat Jibril disebut dua kali dalam Al-Qur’an, yaitu pada Q.S Al-Baqarah ayat 97-98 dan Q.S At-Tahrim ayat 4.

 

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail bertugas untuk mengatur urusan makhluk Allah SWT sekaligus mengatur rezeki umat manusia. Misalnya mengatur air, menurunkan hujan atau petir, membagikan rezeki kepada manusia, tumbuhan, dan juga hewan di muka bumi.

 

3. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail dikenal dengan sebutan malaikat maut karena diberi tugas mencabut nyawa semua makhluk termasuk dirinya sendiri. Ia merupakan salah satu dari empat malaikat utama selain Jibril, Mikail, dan Israfil.

 

4. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil diberikan tugas oleh Allah SWT untuk meniup terompet sangkakala yaitu sebuah terompet suci yang terletak di bibirnya selama berabad-abad. Malaikat Israfil menunggu perintah Allah SWT untuk meniupnya pada hari kiamat. Ketika hari itu tiba, malaikat Israfil akan turun ke bumi dan berdiri di batu atau bukit suci di Yerusalem.

Tiupan pertama akan menghancurkan dunia beserta isinya, tiupan kedua akan mematikan para malaikat, dan tiupan ketiga akan membangkitkan manusia yang sudah mati untuk dikumpulkannya di Padang Mahsyar.

 

5. Malaikat Munkar

Selain itu, ada malaikat Munkar yang memiliki tugas bertanya kepada manusia yang sudah mati di dalam kubur. Hal yang ia tanyakan perihal keimanan seseorang yang telah mati bersama malaikat Nakir. Malaikat munkar akan mendatangi seseorang yang telah berbuat banyak keburukan selama hidupnya.

 

6. Malaikat Nakir

Malaikat Munkar dan malaikat Nakir adalah dua malaikat yang bertugas menanyakan dan menguji iman orang yang sudah mati di alam kubur.  Nah, bedanya malaikat Nakir bertugas menanyakan manusia dalam kubur yang telah berbuat baik semasa hidupnya.

Berikut ini hadis yang menjelaskannya:

Hadits yang menjelaskan tugas malaikat munkar dan nakir

Artinya: Keduanya (malaikat Munkar dan Nakir) bertanya kepada setiap ahli kubur dengan bahasa yang bersangkutan. Keduanya bertanya, ‘Siapa tuhanmu? Apa agamamu? Siapa nabimu? Apa kiblatmu? Siapa saudaramu? Apa imammu? Apa jalan hidupmu? Apa amalmu?’.

 

7. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib bertugas mencatat segala amal kebaikan manusia selama di bumi, beriringan dengan malaikat Atid yang mencatat amal buruk. Dari Anas ra., dari Nabi Muhammad SAW,

“Sesungguhnya Allah SWT telah menugaskan dua malaikat untuk menulis segala apa yang dilakukan atau dituturkan oleh seseorang hamba-Nya (satu berada di sebelah kanan dan yang satu lagi di sebelah kirinya); kemudian apabila orang itu mati, Allah perintahkan kedua malaikat itu dengan firman-Nya, “Hendaklah kamu berdua tinggal tetap di kubur hamba-Ku itu serta hendaklah kamu mengucap tasbih, tahmid, dan takbir hingga ke hari kiamat dan hendaklah kamu menulis pahalanya untuk hamba-Ku itu.” (H.R Abu al-Syeikh dan Tabrani)

 

8. Malaikat Atid

Malaikat Atid bertugas mencatat segala amal keburukan manusia. Malaikat Raqib dan malaikat Atid memiliki sifat yang sangat jujur dan tidak pernah bermaksiat kepada Allah SWT, sehingga tak ada satu pun keburukan dan kebaikan yang luput dari catatan keduanya.

 

9. Malaikat Malik 

Malaikat Malik adalah pemimpin malaikat yang bertugas sebagai penjaga pintu neraka.

 

10. Malaikat Ridwan

Malaikat ke sepuluh yang wajib kamu ketahui yaitu malaikat Ridwan. Malaikat Ridwan bertugas menjaga, mengawasi, serta menyambut semua hamba Allah yang akan masuk ke surga-Nya.

Baca Juga: Sejarah Bani Umayyah, Khalifah Pertama Setelah Khulafaur Rasyidin

Lalu, apa saja perbedaan antara malaikat, manusia, dan jin?

 

Perbedaan Malaikat dengan Manusia dan Jin

Berikut adalah perbedaan malaikat dengan manusia dan jin, setan, atau iblis, berdasarkan wujud serta sifat-sifatnya:

Malaikat

Manusia

Jin/Setan/Iblis

Gaib Nyata Gaib
Tidak memiliki nafsu Memiliki nafsu Memiliki nafsu
Selalu taat kepada Allah SWT Ada yang taat dan ada yang durhaka Setan dan Iblis selalu durhaka kepada Allah SWT sedangkan Jin ada yang taat dan ada yang durhaka.
Tidak berjenis kelamin Berjenis kelamin Berjenis kelamin
Tidak makan, tidak minum, tidak tidur, dan tidak kawin Makan, minum, tidur, dan kawin Makan, minum, tidur, dan kawin
Memiliki akal pikiran yang bersifat statis Memiliki akal pikiran yang bersifat dinamis Memiliki akal pikiran

 

Sifat-Sifat Malaikat

Setelah kamu mengetahui perbedaan antara malaikat, manusia, dan jin, kamu juga bisa menyimak beberapa sifat malaikat di bawah ini, berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an. Ada apa saja ya?

 

1. Mulia

Dalam surah ‘Abasa ayat 15 – 16 disebutkan bahwa malaikat adalah makhluk Allah SWT yang mulia dan berbudi.

بِأَيْدِى سَفَرَةٍۢ ١٥

  كِرَامٍۭ بَرَرَةٍۢ ١٦

Artinya:

“di tangan para utusan (malaikat) yang mulia lagi berbudi.” (QS ‘Abasa: 15-16)

Selain itu, dalam surah Al Anbiya ayat 26, disebutkan juga bahwa malaikat merupakan hamba-hamba Allah yang dimuliakan.

وَقَالُوا۟ ٱتَّخَذَ ٱلرَّحْمَـٰنُ وَلَدًۭا ۗ سُبْحَـٰنَهُۥ ۚ بَلْ عِبَادٌۭ مُّكْرَمُونَ ٢٦

Artinya:

“Mereka berkata, “Tuhan Yang Maha Pengasih telah menjadikan (malaikat) sebagai anak.” Mahasuci Dia. Sebaliknya, mereka (para malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan.” (QS Al-Anbiya : 26)

 

2. Bergerak Cepat

Salah satu keutamaan yang dimiliki oleh malaikat adalah dapat bergerak cepat, sesuai dengan yang difirmankan Allah SWT dalam surat An Naziyat ayat 3-4.

وَٱلسَّـٰبِحَـٰتِ سَبْحًۭا ٣

  فَٱلسَّـٰبِقَـٰتِ سَبْقًۭا ٤

Artinya:

“di tangan para utusan (malaikat) yang mulia lagi berbudi.” (QS An Naziyat: 3-4)

Sifat malaikat yang bergerak cepat (dengan terbang) juga tercantum dalam surat Al Mursalat ayat 1-2

وَٱلْمُرْسَلَـٰتِ عُرْفًۭا ١فَٱلْعَـٰصِفَـٰتِ عَصْفًۭا ٢

Artinya:

“Demi (malaikat-malaikat) yang diutus untuk membawa kebaikan dan (malaikat-malaikat) yang terbang dengan kencang.” (QS Al Mursalat: 1-2)

 

3. Taat dan Takut kepada Allah

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, malaikat senantiasa memiliki rasa takut serta selalu taat kepada Allah SWT, seperti yang tercantum dalam Surat At Tahrim ayat 6

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًۭا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَـٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌۭ شِدَادٌۭ لَّا يَعْصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ ٦

Artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepadanya dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS At Tahrim : 6)

Kemudian, dalam surat An-Nahl ayat 49-50 juga menjelaskan tentang sifat malaikat yang taat, patuh, dan turut beribadah kepada Allah SWT.

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَا فِى ٱلسَّمَـٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ مِن دَآبَّةٍۢ وَٱلْمَلَـٰٓئِكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ ٤٩  يَخَافُونَ رَبَّهُم مِّن فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ ۩ ٥٠

Artinya:

“Hanya kepada Allah bersujud segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, yaitu semua makhluk yang bergerak (bernyawa). Para malaikat (juga bersujud) dan mereka tidak menyombongkan diri. Mereka takut kepada Tuhan mereka yang (berkuasa) di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka).” (QS An Nahl : 49-50)

 

4. Malaikat Utusan Allah

Dalam Surat Fatir ayat 1 disebutkan bahwa malaikat merupakan utusan Allah SWT yang mengatur berbagai macam urusan.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ ٱلسَّمَـٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ جَاعِلِ ٱلْمَلَـٰٓئِكَةِ رُسُلًا أُو۟لِىٓ أَجْنِحَةٍۢ مَّثْنَىٰ وَثُلَـٰثَ وَرُبَـٰعَ ۚ يَزِيدُ فِى ٱلْخَلْقِ مَا يَشَآءُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍۢ قَدِيرٌۭ ١

Artinya:

“Segala puji bagi Allah, Pencipta langit dan bumi yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap. Masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat. Dia menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (QS Fatir: 1)

 

Jumlah Malaikat

Seperti yang kita ketahui, malaikat memiliki sifat gaib, dan berapa jumlah malaikat secara rinci hanya Allah SWT dan Rasul-Nya yang tahu. Namun, hadis ini dapat memberikan penjelasan mengenai banyaknya jumlah malaikat. Perhatikan hadis dari Ali ra:

Hadits yang menjelaskan jumlah malaikat

 

Artinya: Dari Ali ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa mengunjungi saudaranya sesama muslim, maka seakan ia berjalan di bawah pepohonan surga hingga ia duduk, jika telah duduk maka rahmat akan melingkupinya. Jika mengunjunginya di waktu pagi, maka tujuh puluh ribu malaikat akan bershalawat kepadanya hingga sore hari, dan jika ia mengunjunginya di waktu sore, maka tujuh puluh ribu malaikat akan bershalawat kepadanya hingga pagi hari.” (H.R Ibnu Majah)

Hadis tersebut menggambarkan betapa Mahakuasa Allah SWT, dengan jumlah malaikat yang sekian banyak, sangat mudah bagi Allah untuk mengetahui tingkah laku manusia di dunia. Akan tetapi, umat Islam diperintahkan untuk mengimani dan mengetahui sepuluh nama malaikat dan tugasnya. Sepuluh nama malaikat tersebut sudah tertulis dalam Al-Qur’an.

 

Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Nah, setelah mempelajari sepuluh nama malaikat yang wajib kamu ketahui dan tugasnya, terdapat banyak sekali hikmah beriman kepada malaikat. Salah satunya menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT karena apapun yang dilakukan oleh manusia tidak luput dari pengawasan malaikat Allah SWT.

Lalu, apa saja sih hikmah dari beriman kepada malaikat?

  1. Membentuk sikap jujur, amanah dan mendorongmu untuk senantiasa berperilaku baik. Hal itu karena kamu berada dalam pengawasan malaikat.
  2. Mengetahui bahwa ada makhluk ciptaan Allah SWT selain manusia yang hidup bersama denganmu.
  3. Mengetahui kebesaran Allah SWT melalui kekuatan-Nya, kekuasaan-Nya, dan keagungan-Nya yang telah menciptakan malaikat yang memiliki berbagai keistimewaan
  4. Mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepadamu, sehingga Allah SWT menugaskan malaikat untuk memelihara, membantu, memberi petunjuk, menghibur serta mencatat semua amalmu.
  5. Memperkuat keyakinan dan keimananmu kepada Allah SWT serta menumbuhkan sikap hati-hati menjaga setiap ucapan dan tingkah laku. Hal itu karena malaikat Raqib dan Atid selalu mencatat semua amal dan perbuatanmu.

 

Selesai deh, kalau kamu mau belajar agama lebih dalam seperti belajar mengaji, kamu bisa langsung mencari gurunya di Ruangguru Privat!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

Sandi M.M, Ahmad & Abdulloh, Rizki Mohammad. 2015. Makalah Agama Islam Kelas X: Iman Kepada Malaikat. Gresik. Qasas Cognito Publisher.

Achmad, Bahrudin. 2021. Ngaji Al-Jawahir Al-Kalamiyyah. al-Muqsith Pustaka.

Munawaroh, Nenden & Ijudin. 2022. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Siswa Kelas X SMA/SMK. Garut. Cahaya Smart Nusantara.

Nurul Hidayah