Anti Bosan! Lakukan Aktivitas Berikut bersama Keluarga di Rumah

Aktivitas bersama Keluarga di Rumah

Artikel ini memberi informasi mengenai empat tips kegiatan produktif di rumah yang bisa Anda lakukan untuk lebih mendapatkan rasa kebersamaan.

--

Sudah lebih dari setahun, sejak pandemi covid-19 terdeteksi menyerang masyarakat Indonesia, semua yang biasa berkegiatan di luar rumah, kini dirumahkan. Hal ini membuat kondisi rumah berubah drastis dari biasanya. Apakah semuanya menyenangkan? Ya, seharusnya. Bagi orang tua yang sehari-hari bekerja di rumah, bisa suami, bisa istri, tentunya bisa berkumpul dengan jumlah keluarga yang lengkap seharian terus-menerus, sangatlah menyenangkan.

Anak yang biasanya pagi-pagi sudah harus pergi ke sekolah, dan baru akan pulang ke rumah siang atau sore hari, kini semua kegiatannya di rumah. Begitupun dengan pasangan. Kalau biasanya hanya bisa menghabiskan waktu bersama di akhir pekan, kini setiap harinya, selama seharian penuh, bisa bersama.

Keadaan rumah menjadi lebih hidup. Bagaimanapun juga, ini adalah momen yang langka, dan seharusnya bisa dinikmati sebaik-baiknya untuk mengubah pola hidup kita selama ini. Pandemi ini memang cukup membuat banyak orang khawatir, akan tetapi, ada hal yang seharusnya bisa dilakukan untuk menenangkan diri, terhindar dari kondisi panik, dan tentunya membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Mungkin banyak di antara Anda yang masih bingung, kegiatan apa yang bisa dilakukan ya supaya anggota keluarga, terutama anak, bisa terus produktif, tidak ketinggalan pelajaran, dan juga menjadi lebih sehat. Nah, di artikel ini, ada 4 tips kegiatan yang bisa dilakukan di rumah, agar bisa tetap produktif dan juga menjadikan badan lebih sehat.

 

1. Memasak Menu Makanan Sehat

aktivitas bersama keluarga di rumah

Memasak bersama anak (Sumber: healthyeatinghub.com)

Kegiatan memasak bersama tentunya sangat jarang dilakukan sebelum-sebelumnya. Nah, dengan berkumpulnya seluruh anggota keluarga, Anda jadi bisa mulai eksplorasi jenis makanan-makanan sehat yang mudah dimasak bersama dengan anak.

Baca juga: Anak Banyak PR Saat di Rumah? Berikut Tips Mendampinginya

Selain menghasilkan makanan yang sehat, momen kebersamaan akan membuat Anda beserta anak dan pasangan menjadi lebih ceria, lebih dekat, dan tentunya lebih fresh. Dengan begitu, bukan saja tubuh keluarga yang menjadi sehat dengan memakan makanan sehat, tapi jiwa dan pikiran pun akan menjadi lebih baik. Jadi, sudah memasak berapa menu masakan di rumah?

 

2. Menonton Film Keluarga

aktivitas bersama keluarga di rumah

Menonton film favorit (Sumber: robemart.com)

Hampir setiap orang menyukai film. Namun, terkadang menonton film seorang diri cukup membosankan. Momen #dirumahaja ini bisa banget Anda gunakan untuk menikmati film-film yang memiliki pesan moral dan edukasi, bersama orang-orang tersayang Anda di rumah.

Film yang direkomendasikan untuk menonton bersama keluarga adalah film bergenre keluarga. Misalnya, Keluarga Cemara, Sabtu Bersama Bapak, Home Alone, atau Lion King. Banyak sekali film keluarga yang memiliki pesan sangat bagus untuk anak-anak Anda.

 

3. Mendampingi Anak Belajar Online

aktivitas bersama keluarga di rumah

Orang tua mendampingi belajar (Sumber: metroparent.com)

Mendampingi anak belajar, sebaiknya terus dilakukan selama kebijakan belajar di rumah tetap berjalan. Tapi Anda tidak usah takut, judulnya saja kan mendampingi, artinya Anda tidak perlu pusing-pusing mendikte atau bahkan berperan menjadi guru di rumah.

Adanya aplikasi belajar Ruangguru, sangat memudahkan anak tetap belajar dan tidak ketinggalan materi-materi pelajaran. Anak tinggal menonton video belajar animasi menarik yang dijelaskan oleh Master Teacher terbaik Ruangguru.

Dengan begitu, Anda cukup dengan mendampinginya, kemudian membantu anak memahami bagian yang belum terlalu dimengerti. Di aplikasi Ruangguru juga terdapat tryout yang mampu mengasah ketangkasan dan daya ingat anak. Kegiatan yang sangat bermanfaat dan menarik kan?

 

4. Melakukan Sesi Curhat

aktivitas bersama keluarga di rumah

Curhat dengan anak (Sumber: appletreebsd.com)

Sesi curhat ini penting banget lho dilakukan. Apalagi momennya pas banget semua sedang berkumpul. Kegiatan ini bertujuan, selain lebih mengakrabkan, juga untuk membangun dan menjaga komunikasi antara anak dengan orang tua dan juga antar pasangan. Kemudian juga sangat berguna untuk menambah rasa saling percaya dan merasa dipercaya.

Setiap orang pasti punya cerita menyenangkan, tetapi juga banyak memiliki cerita yang cukup menggelisahkan. Terkadang, saking jarangnya kita memiliki waktu bersama, rasa ingin bercerita itu menjadi hilang, dan saling canggung.

Nah, inilah saatnya mulai memperbaikinya. Dengan begitu Anda akan kembali saling mengenal, dan akan tahu seberapa besar perubahan yang terjadi pada anak Anda. Mungkin saja anak Anda sudah berubah menjadi pribadi yang dewasa, dan juga bertanggungjawab. So, mulailah melakukan kegiatan ini juga untuk menjaga kesehatan mental setiap anggota keluarga.

Itulah kegiatan-kegiatan yang wajib banget Anda coba di rumah bersama keluarga. Apalagi di momen seperti ini. Cobalah selalu ciptakan suasana menyenangkan di rumah, supaya semua orang di rumah, khususnya anak, tidak mudah bosan. Nah, selain itu, seperti yang disebutkan pada poin nomor 3, berusahalah mendampingi anak agar ia tetap memiliki hasrat untuk belajar.

Dengan menggunakan ruangbelajar, anak akan terus semangat belajar, karena model pembelajarannya itu dengan menggunakan video belajar beranimasi. Tentunya, dengan tetap didampingi oleh Master Teacher Ruangguru. 

New call-to-action

Profile

Fahri Abdillah

Tertarik dengan isu pendidikan, literasi media, dan budaya. Suka jalan-jalan ke tempat baru, fotografi, dan menulis.