7 Aktivitas Liburan Seru di Rumah Bersama Keluarga

Aktivitas seru liburan bersama keluarga di rumah

Bingung mau ngapain di rumah selama liburan? Yuk, lihat rekomendasi aktivitas liburan seru di rumah bersama keluarga yang harus kamu coba berikut ini.

--

Beraktivitas bersama keluarga tentu menjadi aktivitas yang sangat seru dan ditunggu-tunggu ya. Apalagi di waktu liburan sekolah yang cukup panjang seperti sekarang ini. Walaupun kamu masih harus berlibur di rumah, masih banyak juga lho aktivitas liburan seru di rumah yang dapat kamu lakukan bersama keluarga di rumah aja.

Liburan yang baik dan menyenangkan juga dapat mendekatkan anak dan orang tua, yang sehari-harinya sudah sibuk beraktivitas di luar rumah. Selain itu, kamu dan anggota keluarga lainnya dapat mencoba banyak hal seru yang belum pernah kalian lakukan sebelumnya. Nah, ingin mencari kegiatan asik bersama keluarga di liburan kali ini? Yuk coba beberapa ide dari Ruangguru berikut ini.

 

1. Berkemah

Berkemah bersama keluarga

Berkemah bersama keluarga (Sumber: cashbackauthority.com)

Aktivitas pertama yang dapat kamu lakukan bersama dengan keluarga saat liburan adalah berkemah. Kamu bisa mengunjungi suatu area berkemah, atau bisa juga berkemah dengan sederhana di halaman rumah. Selain dapat menghemat budget, berkemah di halaman rumah dapat menjadi pengalaman unik tersendiri, lho. Pasang tenda di halaman belakang atau di area taman rumah, buat juga api unggun dan tempat untuk barbeque di sana.

Untuk menambah keseruan, kamu dan keluarga dapat menyiapkan makan malam ala barbeque party. Jika ingin suasana yang lebih ramai lagi, coba juga undang saudara sepupu atau keluarga yang lainnya. Selain menyenangkan, kegiatan berkemah ini dapat menambah kehangatan dalam keluarga, lho. Yuk dicoba!

 

2. Maraton Film

Kegiatan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang gemar menonton film. Siapkan beberapa list film favorit atau film yang belum pernah ditonton bersama keluarga sebelumnya, jangan lupa juga cemilan seperti pop corn dan minuman segar. Menonton film bersama-sama pasti lebih seru deh.

liburan seru - Menonton film bersama keluarga Menonton film bersama keluarga (Sumber: jubox.ch)

Baca juga: 12 Film tentang Ayah yang Inspiratif dan Mengharukan, Sudah Tonton?

 

3. Memasak makanan kesukaan

Memasak bersama dapat menjadi kegiatan seru yang bisa kamu coba dengan keluarga di rumah. Kamu bisa mulai dengan berbelanja bahan-bahan makanan bersama hingga menyiapkan semua bahan-bahan di dapur. Kamu juga bisa mencoba membuat sesuatu yang berbeda dari biasanya, seperti membuat kue. Carilah resep kue atau camilan baru di internet yang ingin kamu coba. Berkreasi membuat kue bersama keluarga dapat menambah keceriaan lho, apalagi hasilnya bisa dinikmati bersama-sama juga.

liburan seru - Memasak bersama dapat menambah keceriaan Memasak bersama dapat menambah keceriaan (Sumber: pinterest.com)

 

4. Menata ulang rumah

Saat liburan sebaiknya lakukanlah aktivitas yang sulit dilakukan di hari biasa, seperti menata ulang rumah. Kamu dan keluarga bisa mencoba untuk merapikan rumah dan menata ulang dengan dekorasi-dekorasi unik dan kreatif. Selain menata rumah, berkebun juga termasuk salah satu kegiatan yang dapat mempererat hubungan keluarga, lho. Kamu bisa mencoba menanam sayuran atau bunga bersama keluarga di pekarangan rumah.

liburan seru - Membersihkan dan menata rumah Membersihkan dan menata rumah (Sumber: housebeautiful.com)

 

5. Olahraga Pagi

Bangunlah lebih pagi dan ajak keluargamu jogging atau bersepeda di sekitar rumah. Kamu bisa menikmati sepanjang pagi hingga siang hari di taman sekitar rumah. Jangan lupa untuk membawa bekal atau camilan kecil lainnya ya.

liburan seru - Olahraga bersama keluarga Olahraga bersama keluarga (Sumber: losebabyweight.com.au)

 

6. Berkunjung ke rumah saudara atau keluarga dekat

Kesibukan masing-masing anggota keluarga membuat liburan menjadi waktu yang sangat spesial untuk berkumpul bersama. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengunjungi rumah keluarga atau kerabat dekat. Berkumpul bersama keluarga dijamin akan mengembalikan semangatmu saat liburan usai nanti.

 

7. Keliling kota

Untuk kamu yang tinggal di wilayah perkotaan, kegiatan yang satu ini akan sangat cocok untuk dilakukan. Waktu liburan menjadi saat yang tepat untuk kamu berkeliling kota. Kamu dan keluarga bisa memanfaatkan transportasi umum seperti MRT, Transjakarta atau bus wisata. Kunjungi tempat wisata seru yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, atau mencoba restoran baru. Seru 'kan?

liburan seru - Liburan keliling kota Jakarta Liburan keliling kota Jakarta (Sumber: metrotvnews.com)

--

Menikmati liburan bersama keluarga tidak harus jauh-jauh kok, banyak juga 'kan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan bersama keluarga di rumah. Kalau kamu, kegiatan seru apa yang akan kamu lakukan bersama keluarga saat liburan? Tulis di kolom komentar ya! Setelah masuk nanti, jangan lupa kembali belajar bersama video beranimasi seru di ruangbelajar ya.

ruangbelajar

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)