Ruangguru Kini Hadir Sebagai Super App!

Ruangguru Jan 5, 2021 • 5 min read


apa itu ruangguru super app

Artikel ini menjelaskan tentang apa itu Ruangguru sebagai aplikasi Super App.

--

Masih ada masalah sama pendidikanmu? Belum paham materi pelajaran? Atau pusing karena kebiasaan belajar belum kebentuk? Apa? Internet membatasimu untuk belajar? Waduh.

Tahu nggak kalau kami, Ruangguru, terus berinovasi untuk menghilangkan masalah-masalahmu itu? Kami telah bekerja super ekstra untuk membentuk kebiasaan belajar, membuatmu paham dengan materi, dan menghilangkan batasan internet untuk membuatmu tetap bisa belajar dengan optimal.

Karena buat kami, belajar itu mudah dan menyenangkan. :p

Beneran, deh. Kami punya banyak alasan untuk itu. Belajar itu hal yang kita lakukan selama hidup. So, kalau nggak dilakuin dengan senang hati, selama hidup kita bakal bete dong?

Maka, kami memutuskan untuk menjadi Super App.

Setelah membantu lebih dari 22 juta murid di seluruh Indonesia, menjadi 50 perusahaan teknologi pendidikan paling transformatif di dunia, dan meloloskan 69% pengguna kami di SBMPTN (yang 2/3-nya masuk PTN favorit seperti UI, ITB, dan UGM), 

kami tidak berhenti berinovasi.

 

Super Mudah

Pernah gak kamu iseng pengin belajar tengah malam. Kamu mengambil satu buku paket di meja. “Hmmm pelajarin apa ya hari ini?” lalu ngecek daftar isi. Eh, sepuluh menit kemudian ngantuk karena pusing duluan mikirin harus belajar apa. Abis banyak banget topiknya!

Belum mulai belajar, niat udah drop duluan.

Di Ruangguru, hal kayak gitu nggak bakal kejadian. Pembelajarannya super mudah karena setiap mata pelajarannya sudah dibuat rapi dan terstruktur. Mulai dari bab, ke sub-bab, dan video-video yang ada di dalamnya dikategorikan dengan gampang. Jadi, kamu nggak pusing-pusing lagi harus mulai belajar dari mana.

Begitu buka aplikasinya, akan muncul notifikasi pengingat, “Materi yang terakhir kamu pelajari...”. Sehingga, kamu nggak pusing dan bisa ngelanjutin belajarnya dengan  ✨s e a m l e s s✨

ruangguru jadi super mudah karena materinya terstruktur

Berhubung setiap orang punya style belajarnya masing-masing, kami pun berusaha memahamimu. Kami memisahkan mana materi pembuka, dan mana yang materi pendalaman. Kalau kamu mau belajar kayak nyemilin snacks, cekicek materi pembuka. Kalau kamu lagi pengin ngeluarin mode super saiya, sikat langsung materi pendalaman. Jadi, nggak semuanya dijembrengin begitu aja dan bikin kita yang mau belajar kaget.

Oke, oke. Kami juga tahu, motivasi adalah musuh paling berat bagi setiap pembelajar. Hari ini belajar, tapi sorenya mikir, “Hari ini aku beneran belajar nggak, sih?” Kok kayak nggak ada progress-nya. Di Ruangguru, kami memberikan progress bar untuk menunjukkan seberapa jauh perjalanan belajar kamu. Karena belajar akan lebih seru ketika kita sadar apa yang udah kita lewati. Belajar adalah perjalanan panjang, no?

Baca juga: Berisi Ribuan Video Pembelajaran, Gimana Cara Menggunakan Ruangbelajar?

Buat kamu yang pengin liat-liat rangkuman atau ngetes skill di bab tertentu, kami juga menyediakannya kok. Nggak perlu khawatir. Kamu cukup buka bagian bab yang kamu mau, lalu cek aja langsung ke bagian rangkuman atau kuis-kuisnya.

 

Super Paham

Ini yang selalu kami sampaikan: belajar itu soal penanaman mindset. Apalah artinya angka kalau sebetulnya kita nggak paham-paham amat?

Demi meningkatkan pemahamanmu, kami menyelipkan “kuis-kuis interaktif” di tengah video. Fungsi kuis ini bukan untuk mengujimu ya. Tetapi sebaliknya. Kami membantumu memberikan fokus dan pemahaman lebih dalam. Karena, nggak semua hal bisa dimengerti dengan bicara satu arah, kan? Pengalaman belajarmu pun jadi kaya dengan kuis interaktif ini. Gak membosankan, dan again, sesuai sama tujuan awal: belajar untuk bikin jadi paham.

Journey Konsep Kilat di aplikasi Ruangguru

Tidak cuma itu. Kami bahkan berusaha merangkum berbagai bab untuk kemudian memberikan Konsep Kilat. Tujuannya, supaya kamu menerima materi yang penting dan sudah terseleksi. Hasilnya, video lebih ringkas, durasi singkat, tetapi pemahamanmu tetap optimal. Konsep Kilat ini cocok untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri menjelang ujian. Seperti UTBK, misalnya, yang dikejar target waktu belajar.

 

Super Irit

Kami paham betul, salah satu kendala bagi perusahaan teknologi seperti kami adalah keberadaan internet. Layanan internet yang belum merata membuat sebagian dari kita masih kesulitan mendapatkan akses pendidikan yang baik. Sehingga, tidak jarang mereka harus pergi ke tempat yang jauh untuk mencari internet demi mengakses layanan kami.

Namun, kali ini kami berusaha lebih keras. Kami telah memiliki offline mode. Dengan offline mode, kamu bisa mengunduh materi belajar secara lengkap ke handphone-mu. Baik video belajar, kuis, maupun rangkuman. Kamu bisa bebas mengunduh materi yang kamu inginkan ATAU SEMUA MATERINYA! 

cara download video belajar ruangguru

Setelah kamu unduh, materi bisa kamu akses tanpa koneksi internet.

Iya, kamu nggak perlu bolak-balik lagi ke sumber internet. Cukup buka bagian “Download page” untuk melihat segala materi tersebut!

cara melihat hasil donwload video belajar ruangguru

Lokasi penyimpanannya pun kami perluas. Saat ini, kami bisa menyimpan materi pembelajaran kami baik di memori internal hapemu, maupun SD Card. Jadi, tidak perlu menghapus video belajar lamamu untuk men-download yang lain karena takut habis memori ya!

Sekarang kamu sudah tahu, kan, berbagai usaha kami untuk menyelesaikan masalah pendidikan yang ada. Kami sadar, masalah pendidikan begitu luas. Tetapi, kami telah berkomitmen penuh untuk membantumu. Kami akan terus meningkatkan kualitas layanan dan menjadi Super App demi tercerahkannya pendidikan di masa depan. Jadi, buat apa ragu dengan Ruangguru?

New Call-to-action

Profile

Ruangguru

Beri Komentar