Macam-Macam Alat Ukur Panjang & Kegunaannya | Fisika Kelas 7

macam-macam alat ukur panjang

Artikel Fisika kelas 7 ini akan membahas tentang pengertian, manfaat, serta macam-macam alat ukur panjang. Penasaran? Yuk, baca dengan seksama ya!

Apakah kamu termasuk orang yang sering belanja pakaian di toko online? Kalau iya, share link toko online favorite kamu di kolom komentar dong. Hihihi. Seperti yang kamu tahu, berbelanja apapun sekarang terasa lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. 

Selain menghemat waktu dan tenaga, harga di toko online biasanya relatif lebih murah. Apalagi kalau diskon, udah deh, pasti langsung sikat! Nah, berbelanja pakaian secara online memang sangat praktis dan mudah, tetapi kamu harus teliti ya. Nggak sedikit pakaian yang kita beli ternyata jarang sesuai dengan apa yang ada di etalase toko online. Ada yang beda model, warna, bahkan yang lebih parah sampai beda ukuran. ckckck.

alat pengukuran panjang

 

Sebenarnya, masalah ukuran ini bisa diatasi, lho! Salah satunya dengan mengetahui ukuran tubuh kita, seperti lingkar dada, pinggang, dan pinggul menggunakan alat ukur panjang pita roll atau meteran yang biasa ada di tukang jahit. Eh, udah pernah denger alat ukur panjang belum? Belum? Oke-oke, Anyway, kali ini kita nggak akan membahas cara mengukur baju ya hehehe. Artikel ini akan membahas macam-macam alat pengukuran panjang! Hayo, apa aja kira-kira? 

 

Definisi Pengukuran

Sebelum mengetahui alat pengukuran panjang, kamu harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan pengukuran. 

Dalam melakukan pengukuran, kamu akan menemukan istilah besaran dan satuan. Hayooo, ada yang masih inget apa yang dimaksud dengan besaran dan satuan? Nah, kalo kamu lupa, kamu bisa baca-baca di artikel ini, ya! Pengukuran adalah suatu proses menghitung nilai besaran fisika dari suatu objek atau benda.

perbedaan besaran dan bukan besaran

 

Pengukuran dilakukan dengan membandingkan nilai suatu besaran yang diukur menggunakan besaran sejenis yang ditetapkan dengan satuan alat ukur yang sesuai. Contohnya ketika kamu membandingkan panjang kedua balok dengan satuan ukur sentimeter, maka kamu baru dapat dikatakan sedang melakukan pengukuran. Hasil pengukuran dinyatakan dengan nilai atau berupa angka.

Baca Juga: Apa Sih Bedanya Besaran Pokok dan Besaran Turunan?

Nah, alat ukur itu ada banyak macamnya. Ada 5 macam alat ukur sederhana yang bisa kamu ketahui, di antaranya alat ukur panjang, alat ukur massa, alat ukur waktu, alat ukur suhu/temperatur, dan alat ukur listrik. Namun, kali ini kita hanya akan fokuskan untuk membahas alat ukur panjang, ya!

 

Pengertian dan Manfaat Alat Ukur Panjang

Untuk dapat mengetahui tinggi, panjang, lebar, atau tebal, kamu membutuhkan sebuah alat ukur panjang. Selain untuk mengetahui nilai besaran yang belum diketahui, alat ukur panjang ini berfungsi untuk membandingkan panjang suatu benda dengan benda lainnya. Ada beberapa alat ukur panjang yang bisa kamu gunakan, seperti beberapa contoh jenis alat ukur di bawah ini.

 

Macam-Macam Alat Ukur Panjang

Walaupun memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mengukur panjang, masing-masing alat ukur panjang memiliki batasan ukuran dan tingkat ketelitiannya sendiri, loh! Yuk, kita bahas satu per satu berikut ini!

 

1. Mistar atau Penggaris

Alat ukur panjang yang pertama, yaitu mistar atau penggaris. Umumnya, terbuat dari bahan plastik, kayu, mika atau besi. Ada beberapa bentuk mistar atau penggaris, diantaranya bentuk segitiga, siku-siku, lurus, dan busur. Setiap bentuk penggaris tentunya memiliki fungsi sesuai kegunaannya. 

macam-macam bentuk penggaris

Baca Juga: Tahapan Pengamatan Ilmiah dalam IPA

Mistar atau penggaris digunakan untuk mengukur suatu benda yang tidak kecil, tapi tidak besar juga, seperti kertas, meja, lantai, dan sebagainya. Nah, skala terkecil pada sebuah mistar atau penggaris adalah 0,1 cm atau 1,00 mm.

 

2. Jangka Sorong

Alat pengukuran panjang yang memiliki bentuk mirip seperti kunci inggris ini namanya jangka sorong. Jangka sorong digunakan untuk mengukur diameter luar maupun dalam sebuah benda. Selain itu, jangka sorong berfungsi untuk mengukur kedalaman suatu benda. Alat ini memiliki dua jenis skala, yaitu skala utama dan skala nonius yang dapat digeser. Skala terkecil dari jangka sorong adalah 0,01 cm atau 0,1 mm.

jangka sorong

Jangka sorong digital. (Sumber: makezine.com)

Baca Juga: Jangka Sorong: Bagian, Fungsi, Cara Menggunakan & Menghitung

Nah, saat ini jangka sorong memiliki keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan display digital, jadi ukuran benda tersebut auto terlihat. Sedangkan untuk jangka sorong analog, kita perlu menentukan hasil pengukurannya berdasarkan skala yang ditunjukkan. Hmm, terus bagaimana cara menggunakan jangka sorong analog? 

bagian-bagian jangka sorong

 

3. Meteran atau pita ukur

Nah, pasti kamu udah nggak asing sama alat ukur panjang yang satu ini. Meteran merupakan alat ukur panjang yang bisa kamu temukan di sekitar kamu selain penggaris, selain karena bahannya yang fleksibel dan mudah dibawa kemana-mana, alat ini juga biasanya terbuat dari plat besi atau plastik tipis.

Meteran memiliki fungsi yang sama seperti penggaris yaitu mengukur jarak atau panjang, hanya saja meteran ini memiliki bentuk yang lebih panjang. Meteran juga biasa digunakan untuk mengukur objek yang besar seperti tanah dan bangunan. Kalau kamu perhatikan, pada ujung pita terdapat pengait dan magnet yang dibuat untuk mempermudah ketika sedang melakukan pengukuran. 

Meteran memiliki beberapa satuan, ada mm, cm, feet, atau inch. Panjangnya mulai dari mulai dari 3 meter, 5 meter, 10 meter, 30 meter, hingga 50 meter. 

jenis-jenis meteran

 

4. Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup  merupakan alat yang digunakan untuk mengukur panjang, diameter, dan ketebalan suatu benda. Nah, alat ini lebih teliti dari jangka sorong, hal itu karena mikrometer sekrup memiliki skala terkecilnya 0,01 mm

Alat ini digunakan dalam pengukuran panjang suatu benda yang kecil, seperti mengukur panjang/ketebalan plat-plat aluminium yang tipis, ketebalan kertas, ketebalan kawat, dan lain-lain. Bagian-bagian yang ada di mikrometer sekrup yaitu poros tetap, poros geser, pengunci, timbal, rachet atau roda bergigi, dan rangka. 

bagian-bagian mikrometer sekrup

 

Nah, itu dia macam-macam alat ukur panjang. Jadi, alat pengukur panjang itu ada penggaris, jangka sorong, mikrometer sekrup, dan meteran. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alat ukur itu nggak cuma untuk mengukur panjang aja loh! Tapi ada juga alat ukur suhu, berat, kecepatan, dan lain sebagainya. Kalau kamu ingin belajar materi macam-macam alat ukur lainnya, kamu tonton aja videonya di ruangbelajar, di sana ada video cara penggunaan dan penjelasannya secara lengkap, lho!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Artikel ini dibuat pertama kali oleh Seno Aji, diperbarui oleh Nurul Hidayah pada 29 Juli 2022

Referensi:

Winarsih, A. dkk. (2008). IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sumber gambar:💎 di Twitter: “[17s] pernah viral pada masanya 😭 ayo dong carats share tweet viral ttg member seventeen xixi Cr. Base sebelah https://t.co/eOQ2PUi6bL” / Twitter

https://shopee.co.id/Turun-Harga-%21%21%21-Jangka-sorong-stainless-sigmat-caliper-150-mm-alat-pengukur-dimensi-high-Quality-i.277517306.11002352128 Jangka sorong

Nurul Hidayah