Alumni dari 10 Kampus Ini Cepat Dapat Kerja! (Versi Kemendikbud)

Salsabila Nanda Des 21, 2020 • 4 min read



10 Kampus yang Alumninya Cepat Dapat KerjaArtikel ini membahas daftar perguruan tinggi yang alumninya cepat mendapat pekerjaan.

---

Hai, hai, apa kabar? Semoga kamu sehat selalu ya. Di penghujung tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia merilis klasterisasi perguruan tinggi. Pasti kamu bertanya-tanya, apa sih klasterisasi?

Pentingnya Klasterisasi dan Tujuan Pelaksanaannya

Klasterisasi diartikan sebagai metode pengumpulan data. Dalam hal ini, Kemendikbud mengkategorikan kampus-kampus di Indonesia menjadi 5 tingkatan atau klaster. Pembagian klaster dilakukan berdasarkan bobot penilaian seperti: akreditasi kampus, akreditasi program studi, kualitas dosen, jumlah mahasiswa, pengabdian masyarakat, dan beberapa penilaian penting lainnya.

Lalu, manfaat dari klasterisasi apa?

Wah, banyak banget! Klasterisasi berguna sebagai pertimbangan dalam memilih kampus yang terbaik buat masa depan kamu. Klasterisasi juga berguna sebagai landasan perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitasnya. Gak cuma itu, kamu jadi tau daftar perguruan tinggi mana yang alumninya cepat mendapat pekerjaan.

Baca Juga: Jadwal, Syarat dan Alur Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021

Daftar Perguruan Tinggi yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

SarjanaSarjana (Sumber: cnbc.com)

Institut Pertanian Bogor dengan skor 3.427

Di peringkat pertama, ada Institut Pertanian Bogor yang mencetak skor 3.427. FYI nih guys, walaupun namanya Institut Pertanian, tetapi IPB punya banyak program studi menarik sepertI ilmu komputer, komunikasi hingga bisnis, lho!

Institut Teknologi Bandung dengan skor 3.055

Calon engineer mana suaranya? Masih di Jawa Barat, ITB menduduki peringkat kedua kampus yang alumninya cepat mendapat pekerjaan. Gak heran sih, karena ITB gak main-main soal kualitas di setiap program studinya, dari teknik hingga manajemen bisnis.

Universitas Indonesia dengan skor 3.049

Siap pakai jakun di tahun 2021? Universitas Indonesia juga masih menjadi salah satu kampus yang menghasilkan alumni-alumni berkualitas di bidang masing-masing. Mulai dari sarjana sampai sekolah vokasi. 

Universitas Gadjah Mada dengan skor 3.022

Kalau kamu cari yang pinter, kreatif dan tanggap sama isu terkini ya alumni UGM maju lah! Soalnya, kampus di pusat Yogyakarta ini sudah mencetak banyak alumni hebat seperti Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah) dan Ibu Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri). Wow!

Universitas Airlangga dengan skor 2.934

Di posisi kelima ada UNAIR alias Universitas Airlangga yang berlokasi di Surabaya. Kampus ini memiliki 13 fakultas serta memiliki kerjasama dengan perguruan tinggi di Asia, Eropa dan Amerika. Asyik, belajar sambil keliling dunia!

Universitas Diponegoro dengan skor 2.888

Berniat masuk ke UNDIP? Jangan khawatir, kampus ini juga memiliki banyak program studi terakreditasi yang bisa kamu pilih. Mahasiswanya juga aktif mencetak prestasi di tingkat nasional maupun internasional. 

Institut Teknologi Sepuluh November dengan skor 2.855

Kampus yang berdiri sejak tahun 1954 ini merupakan perguruan tinggi unggulan di bidang sains dan teknologi di Indonesia. ITS memiliki 184 laboratorium tersebar di 7 fakultas yang menunjang penelitian untuk menciptakan program riset yang berdampak untuk masyarakat luas.

Universitas Brawijaya dengan skor 2.836

Siapa sih yang gak tau kampus hits ini? Berlokasi di Malang, Jawa Timur, Universitas Brawijaya punya alumni keren seperti Pak Djarot Syaiful (Gubernur DKI Jakarta). Banyaknya peminat membuat proses seleksinya semakin ketat. Jadi belajar yang giat ya!

Universitas Telkom dengan skor 2.798

Anak swasta jangan mau kalah! Telkom University memiliki 7 fakultas di bidang Teknik, Seni, Manajemen dan Sains Terapan. Gak perlu galau tentang karir, karena kampus ini punya website ter-update untuk para alumni yang sedang mencari magang atau pekerjaan.

Universitas Sebelas Maret dengan skor 2.650

Last but not least, ada kampus di Surakarta yang juga menghasilkan alumni-alumni berkualitas. Universitas Sebelas Maret telah bekerja sama dengan 40 kampus terbaik di dunia serta memperoleh sertifikasi internasional di beberapa program studi.

Itu dia deretan kampus terbaik yang alumninya cepat dapat kerja. Mau jadi salah satu di antara mereka? Persiapkan dirimu dengan materi UTBK, mental yang kuat serta istirahat yang cukup. Kalau ada kesulitan, kamu bisa kok konsultasi dengan tutor privat di ruangbelajarplus. Good luck yaaa!

New call-to-action

Sumber Gambar:

Sarjana Perguruan Tinggi [Daring].

Tautan: www.cnbc.com/2018/04/25/new-grad-job-outlook-higher-salaries-fewer-offers.html

Beri Komentar