Apa Itu Bilangan Bulat? Yuk, Cari Tahu! | Matematika Kelas 6

Bilangan Bulat

Made panik karena melihat garis di depan angka pada termometer kulkas. Bona pun menjelaskan pada Made bahwa yang ia lihat itu adalah bilangan bulat. Apa ya, bilangan bulat itu? Kalian ingin tahu? Yuk, baca penjelasannya di pelajaran Matematika Kelas 6 ini!

--

Suatu hari, Bona sedang asik membetulkan peralatannya di markas. Tiba-tiba saja, Made dengan panik menghampiri Bona. 

“Bon…Bon…, kayaknya termometer di kulkas rusak, deh!”

“Eh? Kulkasnya kan baru. Masa langsung rusak, sih?” jawab Bona dengan bingung.

Beneran, Bon! Masa pas aku liat termometernya, ada garis di depan angkanya!”

Bona pun menyadari bahwa garis pada -10 yang dilihat Made adalah tanda negatif pada bilangan bulat.

"Ooohh, itu sih bukan rusak. Garis di depan angka yang kamu lihat adalah tanda negatif yang biasa digunakan pada bilangan bulat."

“Hah, bilangan bulat? Apa itu, Bon?” tanya Made.

Bilangan bulat adalah bilangan yang dapat dituliskan tanpa unsur desimal atau pecahan, Made. Bilangan bulat ini tersusun dari tiga bagian, yaitu bilangan bulat negatif, nol, dan bilangan bulat positif.

“Ooohh, berarti garis sepuluh itu bilangan bulat negatif, ya?”

“Betul, Made. Nah, bilangan bulat negatif adalah bilangan bulat yang bernilai kurang dari nol, sehingga terletak di sebelah kiri 0 pada garis bilangan. Tanda garis di depan angka dibaca negatif atau minus. Contohnya negatif satu, negatif dua, negatif tiga, dan seterusnya.”

“Ooohh.. berarti aku bacanya bukan garis sepuluh, tapi negatif sepuluh!” Made menyimpulkan dengan percaya diri.

“Terus, Bon. Kalau bilangan bulat positif, gimana?” tanya Made.

Bilangan bulat positif adalah bilangan bulat yang bernilai lebih dari nol, sehingga terletak di sebelah kanan 0 pada garis bilangan. Contohnya seperti satu, dua, tiga, dan seterusnya.”

“Terus kalo nol, gimana?”

Nol bukan termasuk bilangan positif maupun bilangan negatif ya, karena nol tidak lebih dan tidak kurang dari nol.”

pengertian Bilangan Bulat

 

“Oh, iya! Kamu tau gak, Made? Kalau kita sudah tau letak bilangan bulat pada garis bilangan, kita juga bisa tau posisi bilangan bulat tertentu pada garis bilangan, loh!”

“Eh, kayak gimana tuh?” tanya Made.

“Begini, Made. Misalnya, kita diminta untuk menentukan bilangan yang letaknya tiga satuan sebelum satu pada garis bilangan. Kata ‘sebelum’ itu menandakan langkah ke kiri, sedangkan kata ‘setelah’ menandakan langkah ke kanan.

Nah, karena kita diminta menentukan tiga satuan sebelum satu, maka melangkah tiga satuan ke kiri dari satu. Jadi, bilangan bulatnya adalah negatif dua.

Sementara, jika kita diminta menentukan bilangan yang letaknya tiga satuan setelah satu, maka melangkah tiga satuan ke kanan dari satu. Jadi, bilangan bulatnya adalah empat.”

menentukan Bilangan Bulat

 

“Ooohh, oke paham, Bon! Ternyata memang nggak rusak, ya.” Made tertawa sambil menggaruk kepala.

Siapa sangka yang awalnya Made mau meminta tolong pada Bona untuk membetulkan termometer kulkas, ia malah jadi belajar banyak tentang bilangan bulat, posisi bilangan bulat, dan juga bisa menentukan bilangan bulat dengan posisi tertentu pada garis bilangan.

Wah, ternyata banyak ya, pelajaran yang ada di sekitar kita! Masih ada banyak pelajaran lainnya yang bisa kalian pelajari bersama teman-teman lainnya, loh! Caranya, kamu tinggal download aplikasi Ruangguru dan mulai berlangganan ruangbelajar. Yuk, download aplikasinya!

New call-to-action

Materi oleh: Hana Wibawanty Baihaki dan Gusti Imam Saputra

Disunting oleh: Taufiq Radityadji

Profile

Akmaliya Alimah Nabila

Panggil aku, Nabing! Aku senang belajar hal baru, menulis, dan berkhayal. Semoga kalian bisa berkhayal sambil belajar bersama tulisanku!