Mengenal Ilmu Biologi: Ciri, Ruang Lingkup & Objek Kajiannya | Biologi Kelas 10

mengenal ilmu biologi

Artikel Biologi kelas 10 ini akan menjelaskan tentang pengetahuan dasar terkait Biologi. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, objek kajian Biologi, serta ruang lingkup Biologi.

Guys, apa kabar? Wah, sekarang sudah kelas 10, ya! Sudah ganti seragam nih, bukan putih-biru lagi. Nah, karena sekarang sudah SMA, tentu kamu akan mengalami beberapa perubahan, baik dari segi sistem sekolahnya, maupun dari segi mata pelajaran yang harus kamu ambil. Jika dulu kamu belajar materi Biologi, Fisika, dan Kimia, sebatas pengenalan awalnya saja, sekarang materi yang kamu pelajari akan jauh lebih luas dan detail.

Oke, pada topik awal materi Biologi kelas 10, kamu akan diajak untuk mengenal “apa itu Biologi”. Selama ini kan kamu belajar tentang makhluk hidup di pelajaran ini, ya. Tapi, udah tau belum nih, apa arti Biologi? Yuk, kita kenalan sama-sama!

 

Pengertian Biologi

Apa itu Biologi? Tahukah kamu, Biologi itu terdiri dari 2 kata, lho! Wah, kata apa saja, tuh? Biologi terdiri dari kata bios (hidup) dan logos (pengetahuan). Berdasarkan asal katanya, arti biologi adalah ilmu yang mengkaji dan mempelajari tentang makhluk hidup. Jadi kira-kira, dengan mempelajari Biologi, kamu akan banyak mengetahui tentang kehidupan makhluk hidup, termasuk unsur-unsur pembentuknya, ya! Wow, seru banget, kan!

Baca Juga: Mengenal Cabang-Cabang Ilmu Biologi

 

Ciri-Ciri Biologi

Nah, Biologi sebagai ilmu pengetahuan juga memiliki ciri khas, lho! Ciri khas ini membedakan Biologi dengan ilmu pengetahuan lainnya. Apa saja sih, ciri khasnya? Kuy, simak pada gambar di bawah ini! 

ciri-ciri biologi

 

Karakteristik Biologi sebagai Ilmu Sains

Biologi termasuk bagian dari ilmu sains. Apa itu ilmu sains? Nah, ilmu sains adalah ilmu pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran dan pembuktian. Ilmu sains ada banyak bagiannya, ya. Selain Biologi, ada kimia, fisika, ilmu bumi, geografi, astronomi, dan masih banyak lagi. 

Ilmu sains punya 4 karakteristik, yaitu rasional, empiris, objektif, dan akumulatif.

Baca Juga: Pengertian Bioteknologi, Jenis & Contoh Penerapannya

 

a. Rasional

Ilmu sains bersifat rasional karena berdasarkan hasil pengamatan yang logis. Misalnya, fenomena ketindihan saat tidur. Ada yang bilang kalo itu karena di dudukin makhluk halus, ya. Padahal, rasionalnya di Biologi, itu karena mekanisme otak yang nggak selaras dengan tubuh.

b. Empiris

Ilmu sains bersifat empiris karena dapat dibuktikan kebenarannya melalui pengamatan, penelitian, atau eksperimen. Misalnya, bagaimana kita mengetahui kalau beras merah bagus dikonsumsi saat diet? Kita harus melakukan penelitian untuk mengetahui jawabannya.

c. Objektif

Ilmu sains bersifat objektif karena benar apa adanya, berdasarkan data-data hasil pengamatan, tanpa terpengaruh oleh pendapat pribadi. Misalnya, kamu adalah seorang peneliti yang sedang menguji keefektifan vaksin dari penyakit tertentu. Nah, apapun hasilnya, harus tetap dipublikasikan sesuai data-data yang ada.

d. Akumulatif

Ilmu sains bersifat akumulatif karena akan selalu berkembang. Maksudnya, ilmu pengetahuan dibentuk berdasarkan teori. Nah, teori ini bisa dibenarkan/disempurnakan oleh penelitian terkini. 

Baca Juga: Manfaat Biologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Manusia

 

Ruang Lingkup Biologi

Berdasarkan struktur keilmuan menurut BSCS (Biological Science Curricullum Study, Mayer 1980), ruang lingkup Biologi meliputi berbagai jenis obyek kajian Biologi. Jenis-Jenis obyek Biologi tersebut terdiri dari 6 jenis kingdom. Kingdom-kingdom tersebut antara lain:

  • Kingdom Animalia, contohnya orang utan (Pongo pygmaeus)

  • Kingdom Plantae, contohnya pisang (Musa paradisiaca)

  • Kingdom Fungi, contohnya jamur (Rhizopus oryzae)

  • Kingdom Protista, contohnya Entamoeba coli 

  • Kingdom Eubacteria, contohnya bakteri Escherichia coli

  • Kingdom Archaebacteria, contohnya Halobacterium sp.

Selain berdasarkan pada jenis-jenis kingdom di atas, lingkup obyek kajian Biologi juga bisa ditinjau berdasarkan tingkat organisasi kehidupannya, lho. Apa saja, ya? Eits, stay tooned di artikel berikutnya. Okeey!

Baca Juga: Manfaat Biologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Manusia

Bagaimana? Semakin penasaran kan dengan pelajaran Biologi? Kamu harus terus semangat belajar, ya! Nah, supaya semakin semangat, yuk belajar bersama ruangguru Privat. Kamu bisa tanya PR yang sulit hanya lewat aplikasi di HP-mu, lho! Tanyanya ke siapa, ya? Ke kakak tutor berpengalaman yang ngejelasinnya super asik, dong! Yuk, download sekarang! 

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

Irnaningtyas. (2016). Biologi Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.

 

Artikel ini diperbarui pada 28 Maret 2023.

Embun Bening Diniari