Pahami Pengertian Kesimpulan, Fungsi & Cirinya, Yuk! | Bahasa Indonesia Kelas 6

Kesimpulan

Made penasaran dengan isi teks laporan hasil pengamatan yang dibuat oleh Dafa. Tapi sayangnya, Made merasa teksnya terlalu panjang. Kemudian Dafa meminta Made cukup untuk membaca kesimpulannya saja. Tapi apa sih kesimpulan itu? Yuk, kita bahas di pelajaran bahasa Indonesia kelas 6 ini!

--

Sore hari saat pulang sekolah, Dafa menunjukan teks laporan hasil pengamatan yang berhasil ia selesaikan di kelas hari ini kepada Made. Made penasaran dengan isinya. Tapi sayangnya teksnya terlalu panjang. 

Duh, aku penasaran dan mau memahami isinya. Tapi teksnya panjang sekali, Dafa.  Ini sudah jam pulang sekolah,” ucap Made.

“Tenang, Made! Kamu tidak perlu membaca semua teksnya. Kamu bisa loh lihat kesimpulan dari sebuah teks untuk membantu memahami isinya.” 

Hah? Apa yang dimaksud dengan kesimpulan, Dafa?” Made kebingungan. 

Kesimpulan adalah gagasan akhir dari suatu teks. Jadi, bisa dibilang kalau kesimpulan merupakan hasil akhir atau inti bacaan yang kita dapatkan dari sebuah teks,” jawab Dafa.

Hm, terus, fungsinya kesimpulan itu apa dong?” tanya Made yang penasaran.

Kesimpulan berfungsi untuk memudahkan pembaca memahami suatu teks serta informasi-informasi penting yang ada di dalamnya. Nah, supaya kamu lebih paham, kita lihat contohnya, yuk!” ajak Dafa.

Kesimpulan Laporan Hasil Pengamatan

 

Nah, ini adalah contoh kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan tentang cara tumbuhan beradaptasi,”  Dafa menjelaskan.

Baca Juga: Apa Itu Teks Laporan Hasil Pengamatan?

“Sepertinya dari contohmu ini, tampaknya jadi lebih mudah memahami isi teks tanpa harus melihat keseluruhan teksnya. Tapi… kalau aku mau membaca dan memahami teks lainnya, cara mengetahui dan menemukan kesimpulannya gimana?” tanya Made.

“Caranya bisa kita perhatikan ciri-cirinya, Made. Ada tiga ciri-ciri dari kesimpulan.”

“Ada tiga? Apa aja tuh, Dafa? Coba tolong jelaskan!”  pinta Made. 

Nah, kalau kita lihat dari contoh di atas, ciri pertama kesimpulan itu adalah berisi bagian penting dari bacaan, yaitu cara tumbuhan beradaptasi. Kemudian ciri kedua adalah memuat seluruh gagasan pokok dari tiap paragraf. Jadi, dalam contoh kesimpulan di atas terdapat gagasan pokok dari paragraf pertama, yaitu cara tumbuhan beradaptasi dan paragraf kedua, yaitu contoh-contohnya.” 

Baca Juga: Cara Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

"Oh, gituOke, aku ngerti," Made mengangguk.

"Eits, belum selesai. Masih ada satu lagi!" sahut Dafa, “Selain itu, dalam kesimpulan biasanya terdapat pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca. Tapi, ciri ini hanya terdapat pada beberapa jenis teks, ya. Misalnya, teks persuasi atau teks eksplanasi.” 

Pengertian Kesimpulan

 

Wah, ternyata begitu caranya! Rupanya kesimpulan itu merupakan gagasan akhir dari sebuah teks, dan berfungsi untuk memudahkan pembaca memahami suatu teks. Aku jadi pengen cepat pulang untuk membaca teks-teks yang ada di rumah. Ayo Dafa, kita pulang!” ajak Made bersemangat. 

“Ayo, Made!” 

Made dan Dafa bergegas pulang seiring matahari mulai terbenam.

Kesimpulan adalah

 

Belajar memahami kesimpulan bersama Dafa dan Made sangat menyenangkan ya, teman-teman? Kalau kalian masih mau mengikuti petualangan Dafa dan Made sambil belajar bersama, kalian bisa loh menggunakan aplikasi Ruangguru dan nonton video mereka di ruangbelajar. Yuk, segera download dan berlangganan aplikasinya!

New call-to-action

Materi oleh: Afny Irfani dan Putri Margareth Siagian

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

 

Profile

Rias Hada Firdausya

Aku cinta IPA dan bahagia karena Bahasa Indonesia, kalian bisa panggil aku Riashada!