Apa Saja Bagian-Bagian dari Properti Sudut? | Matematika Kelas 7

bagian-bagian sudut

Yuk, pelajari mengenai bagian-bagian dari properti sudut di artikel Matematika kelas 7 berikut ini!

 

“Ma, aku ada PR Matematika, nih. Bingung”

“Coba sini Mama lihat”.

Mama pun membuka buku, dan ternyata PR anaknya itu ditugaskan mencari informasi tentang properti sudut.

“Oh kamu ini hanya diminta untuk mencari informasi tentang properti sudut, kok”.

“Properti? Setau aku, properti itu perlengkapan, Ma. Perlengkapan rumah gitu”.

 

gambar perlengkapan rumah

Ini namanya properti rumah, bukan properti sudut. (sumber: istockphoto.com)

 

“Iya. Properti itu secara umum bisa diartikan sebagai perlengkapan. Tapi, dalam matematika, ada juga yang namanya properti sudut”.

Teman-teman, kamu sendiri tahu nggak properti sudut itu apaProperti sudut dalam matematika itu, membahas tentang pengertian sudut, penamaan sudut, dan tingkatan sudut. Di pembahasan kali ini, kakak mau ngejelasin tentang bagian-bagian dari properti sudut, disertai dengan jenis-jenis sudutnya. Ayo, kita belajar sama-sama!

 

Pengertian Sudut

Kamu tahu nggak apa itu sudut? Bingung ya?

Begini teman-teman, sudut itu dapat dipahami sebagai jarak putar antara dua buah sinar garis yang memiliki titik pangkal yang sama.

Hmmmm sinar garis? Apa itu?

Eits, sinar garis itu bukan garis yang bersinar atau mengeluarkan sinar, ya. Sinar garis adalah bagian dari garis yang memiliki titik pangkal pada salah satu ujungnya aja. Nah, kalo mau tau lebih sinar garis yang dimaksud, coba perhatikan gambar berikut ini:

sinar garis dalam properti sudut

 

Gambar di atas itu menunjukkan sebuah sudut yang dibentuk oleh sinar garis AB dan sinar garis AC dengan titik pangkal A. Garis AC dan AB disebut kaki sudut. Lalu, titik A disebut titik sudut. Kalo kamu mau mengukur besar sudut, kamu dapat mengukur daerah yang di arsir. Caranya bisa menggunakan busur derajat.

 

Penamaan Sudut

Siapa bilang sudut nggak bisa diberi nama seperti kamu atau hewan peliharaan kamu? Sudut itu juga bisa diberi sebuah nama, lho! Bedanya dengan kamu, penamaan sudut itu nggak perlu akta lahir atau kartu tanda penduduk (KTP). Penamaan buat sudut sih nggak sampai seribet itu, segala pakai bikin akta kelahiran, ya. 

Lalu, bagaimana sih proses penamaan sebuah sudut?

Sudut dapat diberi nama dengan dua cara, yaitu menggunakan satu huruf atau tiga huruf. Penamaan sudut dapat dilakukan dengan nama dengan satu huruf yang dapat diambil dari nama titik sudutnya, atau bisa juga dengan nama dengan tiga huruf, di mana nama titik sudutnya diletakkan di tengah-tengah di antara dua huruf lain.

Seperti ini ya, teman-teman!

Cara menamakan sudut

 

Penamaan seperti sudut di atas ini bisa disebut dengan ∠A (jika penamaan dengan satu huruf), atau ∠CAB (jika penamaan dengan tiga huruf).

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Sudut, Gambar, dan Ciri-Cirinya

 

Tingkatan Satuan Sudut

Apa yang terlintas di pikiran kamu tentang tingkatan satuan sudut?

Warrior, Elite, Master, Grandmaster, Epic, Legend dan Mythic?

Itu juga disebut tingkatan, tapi bukan dalam satuan sudut ya, teman-teman. Kalo kamu penggemar game Mobile Legend pasti nggak asing dengan tingkatan tersebut, iya kan?

Tingkatan satuan sudut ini berbeda dengan tingkatan Ranked Match dalam Mobile Legend, ya. Tingkatan satuan sudut itu merupakan besar suatu sudut menggunakan satuan derajat(°), menit(‘), dan detik(“). Misalnya seperti ini:

cara menamakan sudut

 

Contoh Soal Properti Sudut

Biar makin paham, kakak punya beberapa contoh soal yang bisa kamu jadikan latihan, nih.

1. Sebutkan nama-nama sudut berikut ini! 

Contoh soal sudut

 

Kakak coba jawab gambar bagian kiri atas ya. Karena titik sudutnya ada di titik O, maka kita bisa sebut dengan sudut ∠O jika menggunakan penamaan dengan 1 huruf. Nah, kalo penamaan sudutnya menggunakan 3 huruf, berarti sudut ∠AOB atau ∠BOA. Ingat ya, kalo kamu mau menamai sudut menggunakan 3 huruf, nama titik sudutnya harus diletakkan di tengah-tengah.

Sisanya, coba kamu jawab di kolom komentar, ya!

2. 10 derajat 25 menit 60 detik bisa ditulis menjadi …

Untuk menjawab soal nomer 2 ini, kita ingat lagi dengan simbol satuan derajat, yaitu (o), menit (‘) dan detik (“). Jadi, 10 derajat 25 menit 60 detik bisa ditulis menjadi 10o 25′ 60″. Kamu juga bisa menyederhanakannya, lho! Ingat juga kalo 1 menit = 60 detik (1′ = 60″), jadi bentuk sederhananya adalah 10o 26′.

3. 15 derajat 75 menit 9 detik bisa ditulis menjadi … (coba kerjakan sendiri ya, teman-teman!)

Bagaimana? Kamu sudah paham tentang bagian-bagian dari properti sudut belum? Kalau kalian masih bingung, jangan khawatir. Kamu bisa tanyakan soal-soal yang menurut kamu sulit lewat roboguruplus. Tinggal foto soal yang ingin dibahas dan kamu langsung terhubung dengan tutor terbaik dari Ruangguru. Tanyakan soalnya dan dapatkan solusinya dengan diskusi via chat sampai kamu benar-benar paham. Coba sekarang yuk!

IDN CTA Blog roboguru plus Ruangguru

Sumber Gambar:

https://www.istockphoto.com/id/vektor/peralatan-dapur-dan-ikon-vektor-piring-diatur-gm858092300-141618833 (diakses pada 12 Februari 2024)

Tedy Rizkha Heryansyah