Berkenalan dengan Biologi, Yuk! | Biologi Kelas 10

ilmu biologi

Artikel ini akan menjelaskan tentang pengetahuan dasar terkait biologi. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, jenis objek kajian biologi, serta ruang lingkup objek kajian tersebut.

--

Guys, apa kabar? Wah, sekarang sudah kelas 10, ya! Sudah ganti seragam nih, bukan putih-biru lagi. Nah, karena sekarang sudah SMA, tentu kamu akan mengalami beberapa perubahan, baik dari segi sistem sekolahnya, maupun dari segi mata pelajaran yang harus kamu ambil. Jika dulu kamu belajar IPA Terpadu waktu SMP, sekarang kamu akan mempelajari Biologi, Fisika, dan Kimia secara terpisah. Sekarang, mulai berkenalan dengan Biologi, yuk

 

Apa Itu Biologi?

Tahukah kamu, biologi itu terdiri dari 2 kata, lho! Wah, kata apa saja, tuh? Biologi terdiri dari kata bios (hidup) dan logos (pengetahuan). Berdasarkan asal katanya, biologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mengkaji dan mempelajari tentang makhluk hidup. Jadi kira-kira, dengan mempelajari biologi, kamu akan banyak mengetahui tentang kehidupan makhluk hidup, termasuk unsur-unsur pembentuknya, ya! Wow, seru banget, kan!

Baca Juga: Karakteristik dan Struktur Virus

 

Ciri-ciri Biologi

Nah, biologi sebagai ilmu pengetahuan juga memiliki ciri khas, lho! Ciri khas ini membedakan biologi dengan ilmu pengetahuan lainnya. Apa saja sih, ciri khasnya? Kuy, simak pada gambar di bawah ini! 

ciri-ciri biologi

 

Jenis-jenis Objek Biologi

Berdasarkan struktur keilmuan menurut BSCS (Biological Science Curricullum Study, Mayer 1980), ruang lingkup Biologi meliputi berbagai jenis obyek biologi. Jenis-Jenis obyek Biologi tersebut terdiri dari 6 jenis kingdom. Kingdom-kingdom tersebut antara lain:

  • Kingdom Animalia, contohnya orang utan (Pongo pygmaeus)
  • Kingdom Plantae, contohnya pisang (Musa paradisiaca)
  • Kingdom Fungi, contohnya jamur (Rhizopus oryzae)
  • Kingdom Protista, contohnya Entamoeba coli 
  • Kingdom Eubacteria, contohnya bakteri Escherichia coli
  • Kingdom Archaebacteria, contohnya Halobacterium sp.

Selain berdasarkan pada jenis-jenis kingdom di atas, lingkup obyek Biologi juga bisa ditinjau berdasarkan tingkat organisasi kehidupan, lho. Apa saja, ya? 

 

 

Bagaimana, Squad? Semakin penasaran kan dengan pelajaran Biologi? Kamu harus terus semangat belajar, ya! Nah, supaya semakin semangat, yuk belajar bersama ruanglesonline. Kamu bisa tanya PR yang sulit hanya lewat aplikasi di HP-mu, lho! Tanyanya ke siapa, ya? Ke kakak tutor berpengalaman yang ngejelasinnya super asik, dong! Yuk, download sekarang! 

New Call-to-action

Referensi:

Irnaningtyas. (2016). Biologi Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.

 

Artikel ini diperbarui pada 7 Juli 2021.

Profile

Embun Bening Diniari

Beri Komentar