Ruang Lingkup Geografi dan Objek Kajiannya | Geografi Kelas 10

Seno Aji Apr 3, 2018 • 6 min read


ruang lingkup geografi

Artikel ini menjelaskan tentang maksud dari ruang lingkup geografi, perkembangan ilmu Geografi dari waktu ke waktu, kajian ilmu Geografi, serta macam-macam disiplin ilmu yang berkaitan dengan geografi.

--

Apakah kamu tahu bahwa geografi itu bukan hanya belajar mengenai tanah? Dalam geografi, kita juga akan mempelajari segala sesuatu yang terjadi di bumi ini. Contohnya, mempelajari kenapa air mengalir, kenapa angin bisa berhembus, dan hal lainnya yang berkaitan dengan fenomena di bumi.

Mengapa ilmu geografi mempunyai pembahasan yang banyak dan luas? Nah, kalau kita lihat dari asal katanya, geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo yang berarti bumi dan graphein yang berarti uraian/tulisan/gambaran. Jadi, dapat disimpulkan bahwa geografi adalah ilmu yang menguraikan segala sesuatu yang terjadi di bumi.

Segala sesuatu yang terjadi di bumi itu bisa juga disebut dengan geosfer. Jadi, sesungguhnya, ilmu geografi akan mempelajari, menjelaskan, dan mengungkapkan mengapa peristiwa geosfer bisa terjadi. Sama seperti ilmu-ilmu yang lain, geografi juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

perkembangan geografi dari waktu ke waktu-1

 

Nah, karena geografi ini mempelajari banyak hal, maka dibuatlah ruang lingkup ilmu pengetahuan geografi yang bertujuan untuk memudahkan pembagian hal yang akan dipelajari. Ada apa saja ya? 

 

Ruang Lingkup Geografi

Berikut ini adalah ruang lingkup yang dipelajari dalam geografi: 

1. Pengungkapan kejadian

Banyak sekali fenomena yang terjadi di bumi. Ilmu geografi akan mengungkap semua kejadian tersebut. Contohnya, mengungkap alasan mengapa pergeseran kulit bumi terjadi, mengapa aliran udara memengaruhi iklim, atau bagaimana stalaktit dan stalagmit di gua bisa terbentuk.

2. Meneliti sebab dan akibat suatu gejala

Dalam geografi, kita juga akan meneliti hubungan suatu gejala atau kejadian dengan gejala lainnya. Misalnya, kenapa gempa bumi dapat terjadi, atau mengapa jika gempa bumi terjadi di laut dapat menimbulkan tsunami.

3. Mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena di bumi

Selanjutnya, ilmu ini juga akan mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Misalnya, perbandingan antara daerah yang beriklim tropis dengan daerah yang iklimnya cenderung panas. Daerah tropis memiliki ciri curah hujan yang tinggi, hutan lebat, dan binatang yang beraneka ragam, sedangkan daerah kering memiliki ciri curah hujan yang sedikit, wilayah gersang dan jarang tumbuhan, serta hanya dihidupi makhluk tertentu saja.

4. Mempelajari penyebaran kejadian/gejala di bumi

Geografi akan mempelajari penyebaran kejadian atau gejala yang terjadi di permukaan bumi. Contohnya seperti mengapa di Indonesia sering terjadi gempa, atau mempelajari persebaran penduduknya.

5. Pemecahan masalah geografi

Pemecahan masalah dalam geografi dilakukan melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan kewilayahan. Contohnya, penebangan hutan yang mengakibatkan banjir dapat dicari pengurangan dampaknya dengan pendekatan analisis ekologi.

Secara garis besar, objek kajian geografi dapat dibedakan menjadi dua aspek utama, yaitu aspek fisik dan sosial. Aspek fisik bisa berupa sesuatu yang berhubungan dengan kimiawi, biologis, astronomis dan lainnya. Sementara itu, aspek sosial dalam geografi biasanya berkaitan erat dengan manusia, misalnya antropologis, politis, ekonomis, dan sebagainya.

 

Kajian Geografi

Dalam ilmu geografi sendiri, terdapat tiga kajian utama, nih. Ketiga kajian geografi tersebut di antaranya:

  • Geografi Fisik

Merupakan kajian terhadap dinamika planet bumi serta tema-tema dalam ilmu alam. Contohnya, iklim, batuan, tanah, sungai, dan lain sebagainya.

  • Geografi Manusia

Merupakan kajian terhadap kehidupan manusia, pengaruh manusia terhadap lingkungan, serta aspek-aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya di dunia.

  • Geografi Teknik

Merupakan kajian tentang penggunaan keahlian teknis dalam geografi, seperti pemetaan dan pengindraan jauh. Gunanya untuk mempelajari bumi dan menyelesaikan masalahnya.  

macam-macam kajian geografi-1

 

Disiplin Ilmu yang Berhubungan dengan Geografi

Karena cakupannya yang luas dan seringkali berhubungan dengan disiplin ilmu lain, tidak jarang geografi melahirkan disiplin ilmu baru. Contohnya, interaksi antara geografi dengan biologi yang melahirkan biogeografi.

disiplin ilmu yang berkaitan dengan geografi-1

Nah, sekarang kamu sudah tahu ya mengenai ruang lingkup geografi, hal-hal yang menjadi objek kajian geografi, serta hubungannya dengan disiplin ilmu yang lain. Supaya kamu jadi lebih paham lagi, ada contoh soal buat kamu nih yang membahas tentang ruang lingkup pengetahuan geografi.

Contoh Soal!

Geografi adalah ilmu yang mempelajari …

A. Hubungan antara manusia dan lingkungan alam.
B. Hubungan antara keruangan dengan wilayah yang melibatkan manusia di dalamnya.
C. Hubungan antara wilayah dengan biosfer.
D. Hubungan antara wilayah dengan geosfer.
E. Hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi melalui pendekatan keruangan, ekologi dan kewilayahan.

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Geografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena geosfer, persamaan, serta pebedaan setiap fenomena geosfer di berbagai wilayah. Geografi juga mempelajari hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi melalui pendekatan keruangan, ekologi dan kewilayahan.

Ruang lingkup yang dipelajari dalam geografi tidak hanya mencakup aspek fisik bumi, melainkan juga aspek manusia serta interaksi antara keduanya. Maka pilihan A, B dan C kurang tepat karena hanya melibatkan salah satu unsur geosfer, sedangkan pilihan D kurang tepat karena geografi membahas lingkup yang lebih luas dari hubungan antara wilayah dan geosfer. Jawaban yang paling tepat adalah E karena paling lengkap.

 

Oke, selesai sudah bahasan kita kali ini mengenai ruang lingkup geografi dan macam-macam objek kajiannya. Nah, agar kamu semakin paham dengan materi yang disampaikan ini, yuk belajar lebih dalam lagi dengan video pembelajaran di ruangbelajar.

New Call-to-action

 

Artikel ini diperbarui pada 29 Juli 2021.

Profile

Seno Aji

Beri Komentar