Apa Itu Geografi? Bagaimana Ruang Lingkup & Objek Kajiannya? | Geografi Kelas 10

Ruang Lingkup Geografi dan Objek Kajiannya

Apa itu geografi? Yuk belajar tentang cakupan ruang lingkup dan objek kajiannya dalam artikel mata pelajaran Geografi kelas 10 ini!

Kamu udah tau belum sih, kalau dalam ilmu geografi itu, kita nggak cuma belajar mengenai tanah, lho! Dalam geografi, kita juga akan mempelajari segala sesuatu yang terjadi di bumi ini. Contohnya, mempelajari kenapa air mengalir, kenapa angin bisa berhembus, dan hal lainnya yang berkaitan dengan fenomena di bumi.

“Mengapaaa bintaaaanggg bersiiiinarr? Mengapaaaa airrrrr mengaaaaaliiirrr?”

Hahaha.. hayoo ngakuu! Pasti kamu bacanya bernada, kan?

Eits, back to the topic. Kenapa sih, ilmu geografi itu punya pembahasan yang banyak dan luas?

 

Pengertian Ilmu Geografi

Apa itu geografi? Kalau kita lihat dari asal katanya, geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo yang berarti bumi dan graphein yang berarti uraian/tulisan/gambaran. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ilmu geografi adalah ilmu yang menguraikan segala sesuatu yang terjadi di bumi.

Segala sesuatu yang terjadi di bumi itu bisa juga disebut dengan geosfer. Jadi, sesungguhnya, ilmu geografi akan mempelajari, menjelaskan, dan mengungkapkan mengapa peristiwa geosfer bisa terjadi. Sama seperti ilmu-ilmu yang lain, geografi juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Perkembangan Geografi dari Waktu ke Waktu

 

Nah, karena geografi ini mempelajari banyak hal, maka dibuatlah ruang lingkup ilmu pengetahuan geografi yang bertujuan untuk memudahkan pembagian hal yang akan dipelajari pada ilmu geografi. Ada apa aja ya, pembagian ruang lingkup geografi itu?

Baca juga: Simak, Jenis-Jenis Penelitian Geografi yang Wajib Kamu Tahu!

 

Ruang Lingkup Geografi

Berikut ini adalah ruang lingkup yang dipelajari dalam geografi:

1. Pengungkapan kejadian

Banyak sekali fenomena yang terjadi di bumi. Ilmu geografi adalah ilmu yang akan mengungkapkan semua kejadian tersebut. Contohnya, mengungkap alasan mengapa pergeseran kulit bumi terjadi, mengapa aliran udara memengaruhi iklim, atau bagaimana stalaktit dan stalagmit di gua bisa terbentuk.

2. Meneliti sebab dan akibat suatu gejala

Dalam geografi, kita juga akan meneliti hubungan suatu gejala atau kejadian dengan gejala lainnya. Misalnya, kenapa gempa bumi dapat terjadi, atau mengapa jika gempa bumi terjadi di laut dapat menimbulkan tsunami.

3. Mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena di bumi

Selanjutnya, ilmu ini juga akan mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Misalnya, perbandingan antara daerah yang beriklim tropis dengan daerah yang iklimnya cenderung panas. Daerah tropis memiliki ciri curah hujan yang tinggi, hutan lebat, dan binatang yang beraneka ragam, sedangkan daerah kering memiliki ciri curah hujan yang sedikit, wilayah gersang dan jarang tumbuhan, serta hanya dihidupi makhluk tertentu saja.

4. Mempelajari penyebaran kejadian/gejala di bumi

Geografi adalah ilmu yang juga mempelajari penyebaran kejadian atau gejala yang terjadi di permukaan bumi. Contohnya seperti, mengapa di Indonesia sering terjadi gempa, atau mempelajari persebaran penduduknya.

5. Pemecahan masalah geografi

Pemecahan masalah dalam geografi dilakukan melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan kewilayahan. Contohnya, penebangan hutan yang mengakibatkan banjir dapat dicari pengurangan dampaknya dengan pendekatan analisis ekologi.

Baca juga: Pendekatan Penelitian atau Objek Studi Geografi: Manakah Lebih Penting?

Sekarang, kita bahas tentang kajian geografi yuk!

 

Objek Kajian Geografi

Secara garis besar, objek kajian geografi dapat dibedakan menjadi dua aspek utama, yaitu aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik bisa berupa sesuatu yang berhubungan dengan kimiawi, biologis, astronomis dan lainnya. Sementara itu, aspek sosial dalam geografi biasanya berkaitan erat dengan manusia, misalnya antropologis, politis, ekonomis, dan sebagainya.

Dalam ilmu geografi sendiri, terdapat tiga objek kajian utama geografi, nih. Ketiga kajian geografi tersebut di antaranya:

1. Geografi Fisik

Merupakan kajian terhadap dinamika planet bumi serta tema-tema dalam ilmu alam. Contohnya, iklim, batuan, tanah, sungai, dan lain sebagainya.

2. Geografi Manusia

Merupakan kajian terhadap kehidupan manusia, pengaruh manusia terhadap lingkungan, serta aspek-aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya di dunia.

3. Geografi Teknik

Merupakan kajian tentang penggunaan keahlian teknis dalam geografi, seperti pemetaan dan pengindraan jauh. Gunanya untuk mempelajari bumi dan menyelesaikan masalahnya.

Macam Macam Objek Kajian Geografi

 

Disiplin Ilmu yang Berhubungan dengan Geografi

Karena cakupannya yang luas dan seringkali berhubungan dengan disiplin ilmu lain, tidak jarang geografi melahirkan disiplin ilmu baru. Contohnya, interaksi antara geografi dengan biologi yang melahirkan biogeografi.

Disiplin Ilmu Geografi

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu ya mengenai ruang lingkup geografi, hal-hal yang menjadi objek kajian geografi, serta hubungannya dengan disiplin ilmu yang lain. Supaya kamu jadi lebih paham lagi, ada contoh soal buat kamu nih yang membahas tentang ruang lingkup pengetahuan geografi.

Contoh Soal!

Geografi adalah ilmu yang mempelajari …

  1. Hubungan antara manusia dan lingkungan alam.

  2. Hubungan antara keruangan dengan wilayah yang melibatkan manusia di dalamnya.

  3. Hubungan antara wilayah dengan biosfer.

  4. Hubungan antara wilayah dengan geosfer.

  5. Hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi melalui pendekatan keruangan, ekologi dan kewilayahan.

Jawaban: E

Baca Juga: Prinsip-Prinsip Geografi dan Contohnya

Pembahasan:

Geografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena geosfer, persamaan, serta pebedaan setiap fenomena geosfer di berbagai wilayah. Geografi juga mempelajari hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi melalui pendekatan keruangan, ekologi dan kewilayahan.

Ruang lingkup yang dipelajari dalam geografi tidak hanya mencakup aspek fisik bumi, melainkan juga aspek manusia serta interaksi antara keduanya. Maka pilihan A, B dan C kurang tepat karena hanya melibatkan salah satu unsur geosfer, sedangkan pilihan D kurang tepat karena geografi membahas lingkup yang lebih luas dari hubungan antara wilayah dan geosfer. Jawaban yang paling tepat adalah E karena paling lengkap.

Jadi, ingat ya, geografi adalah ilmu yang mempelajari semua hal yang terjadi di muka bumi, bukan cuma tentang tanah. Nah, selesai sudah bahasan kita kali ini mengenai apa itu geografi, ruang lingkup, hingga macam-macam objek kajiannya. Yuk pelajari materi geografi atau mata pelajaran lainnya bersama video-video menarik di ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Seno Aji