Cara Meminta dan Menawarkan Bantuan (Asking for & Offering Help) | Bahasa Inggris Kelas 12

Cara Meminta & Menawarkan Bantuan (Asking for and offering help)

Bagaimana sih cara meminta dan menawarkan bantuan dalam bahasa Inggris? Nah, itu disebut dengan asking and offering help. Simak contohnya pada pelajaran Bahasa Inggris Kelas 12 berikut ini!

--

Apakah kamu pernah meminta atau menawarkan bantuan kepada orang lain dalam bahasa Inggris? Mengetahui contoh ungkapan asking for and offering help sangat penting, lho. Kamu bisa saja kan bertemu orang asing di jalan yang membutuhkan bantuan? Langsung saja yuk, simak penjelasannya, mulai dari pengertian, cara penggunaan, dan contoh kalimatnya berikut ini. Let’s start!

 

Ungkapan Meminta Bantuan (Expression Asking for Help)

First of all, kita akan belajar ungkapan meminta bantuan atau asking for help dalam bahasa Inggris. Seperti apa cara penggunaanya? Simak berikut ini ya.

 

Definisi Asking for Help

Farah: “Aww..

Anisa: “What’s wrong Farah? Are you sick or something?” 

Farah: “I got a stomachache. Could you help me, please, and get me my medicine in my bag?” 

Well, guys, dari dialog di atas kita bisa lihat kalau Farah lagi sakit dan butuh bantuan dari Anisa untuk mengambilkan obatnya di tas. Nah, ungkapan dari Farah tadi termasuk salah satu contoh ungkapan permintaan tolong atau asking for help. Ungkapan asking for help digunakan saat kamu membutuhkan bantuan atau pertolongan dari orang lain. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan, “Could you please…?”

Selain itu, masih ada nih ungkapan lain yang bisa kamu gunakan. Ungkapan asking for help ini dapat berbeda-beda dalam situasi formal dan informal. Simak penjelasannya ya.

asking for help

 

Contoh Asking for Help di Situasi Formal

Dalam situasi formal, saat kamu berbicara dengan orang yang kamu hormati atau lebih tua, kamu boleh meminta bantuan dengan menggunakan beberapa contoh ungkapan di bawah ini.

  • I need some help, please. 
  • I need some assistance, please. 
  • Would you like to help me, please? 
  • Would you mind helping me out? 
  • Could you help me? 

 

Contoh Asking for Help di Situasi Informal

Nah, saat kamu ingin meminta bantuan kepada teman sebaya, keluarga, atau kerabat dekat kamu bisa menggunakan contoh ungkapan asking for help dalam situasi informal seperti berikut ini.

  • Can you do me a favor, please?
  • Can you help me, please? 

 

Cara Merespon Orang yang Meminta Bantuan (Response to Someone Asking for Help)

Apabila sebelumnya kamu sudah belajar cara meminta bantuan di berbagai situasi, baik itu formal maupun informal, sekarang kamu juga harus tahu cara merespon orang yang meminta bantuan dalam bahasa Inggris. Gimana ya caranya?

Ada beberapa ungkapan yang bisa kamu gunakan ketika ada seseorang yang meminta tolong kepada kamu. Ungkapan ini bisa berupa willingness atau accepting (kesediaan) atau declining (penolakan).

1. Contoh Respon Kesediaan (Willingness)

Untuk menunjukkan kesediaan atau kemauan kamu untuk menolong orang lain, kamu bisa menggunakan beberapa ungkapan berikut ini.

  • Sure, I will help you.
  • Don’t worry. I’ll help you.
  • Sure, I’m happy to help.
  • Sure, no problem.

2. Contoh Respon Penolankan (Declining)

Saat harus menolak untuk membantu seseorang, kamu harus mengungkapkannya dengan cara yang sopan ya. Apabila memungkinkan, kamu juga bisa menyertakan alasan kenapa kamu tidak bisa menolong orang tersebut.

  • Sorry, I’m busy right now.
  • I’m really sorry. I can’t help you at the moment.
  • I’m so sorry. I wish I could help, but…

Baca juga: Struktur dan Contoh News Item (Berita Berbahasa Inggris)

 

Ungkapan Menawarkan Bantuan (Expression of Offering Help)

Next! Sekarang kita akan belajar tentang ungkapan yang bisa kamu gunakan untuk menawarkan pertolongan dalam bahasa Inggris atau disebut dengan offering help. Yuk, simak cara penggunaannya.

 

Definisi Offering Help

Kalau sebelumnya kamu sudah tahu bagaimana cara meminta bantuan dari orang lain, sekarang bagaimana ya jika kamu melihat dari orang yang membutuhkan bantuan?

Offering help adalah ungkapan yang bisa kamu gunakan untuk menawarkan bantuan kepada orang lain yang sedang kesulitan dengan cara yang sopan. Coba lihat contohnya di percakapan berikut ini.

Winda: “Hey, would you like me to help you with that?

Faisal: “Yes, please. I really appreciate it.”

Dari percakapan di atas, kamu bisa tahu bahwa Winda sedang melihat Faisal yang kesusahan dan menawarkan bantuannya. Winda menawarkan bantuan dengan mengucapkan, Would you like…?

Masih ada lho ungkapan lain yang bisa kamu gunakan untuk menawarkan bantuan atau offering help kepada orang lain. Namun, ungkapannya dapat berbeda-beda tergantung pada situasinya, apakah itu di situasi formal atau informal.

Offering Help

 

Contoh Offering Help di Situasi Formal

Dalam situasi yang formal, kamu bisa mengatakan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

  • Would you like some help?
  • May I offer you my assistance?
  • Could I help you?

 

Contoh Offering Help di Situasi Informal

Sebaliknya, dalam situasi informal kamu bisa menggunakan beberapa contoh kalimat berikut ini.

  • Can I give you a hand?
  • Do you need any help?
  • Is there anything I can do to help?
  • I can help you with your work today if you want.

 

Cara Merespon Orang yang Menawarkan Bantuan (Response to Someone Offering Help)

Ketika ada seseorang yang menawarkan bantuan, sudah menjadi hak kamu untuk menerima (accepting) atau menolak (declining) tawaran bantuan tersebut. Bagaimana sih caranya merespon tawaran bantuan tersebut dengan sopan? Lalu, bagimana juga caranya kamu menolak tanpa menyinggung perasaan orang yang sudah berbaik hati menawarkan bantuan? Let’s take a look!

1. Contoh Respon Penerimaan (Accepting)

Ungkapan di bawah ini bisa kamu gunakan untuk menerima bantuan dari orang lain, guys.

  • That’s very kind of you. Thank you very much.
  • Thank you. I really appreciate your help.
  • Sure, thanks.

2. Contoh Respon Penolakan (Declining)

Sekarang gimana nih caranya kamu menolak tawaran bantuan dari orang lain tanpa menyinggung perasaan orang yang sudah berbaik hati ingin menolong kita? Ini dia caranya.

  • Thanks, but you don’t need to.
  • I can do it myself.
  • Thank you, but I can handle it.
  • That’s very kind of you, but I don’t think it is necessary.
  • You don’t need to bother yourself. Thanks.

Baca juga: Macam Pola Indirect Speech dan Contoh Kalimatnya

 

Perbedaan antara Asking for and Offering Help

Walaupun sekilas terlihat mirip, ternyata ada perbedaan mendasar antara cara meminta bantuan dan menawarkan bantuan dalam bahasa Inggris. Apa saja bedanya?

Jawabannya adalah…keduanya menggunakan modal auxiliary yang berbeda. Apa tuh modal auxiliary? Modal auxiliary adalah kata kerja bantu yang digunakan untuk menambahkan arti pada kata kerja utama.

Asking for help dan offering help keduanya memang menggunakan modal auxiliary yang sama, yaitu would you, could you, can you/I. Walaupun sama, tapi polanya berbeda, lho. Simak perbedaanya di bawah ini.

Perbedaan antara Asking for and Offering Help

--

So, sudah paham dengan cara menggunakan asking for dan offering help saat ingin meminta atau menawarkan bantuan dalam bahasa Inggris? Yuk, mulai sekarang dibiasakan untuk menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut

Kamu masih merasa perlu banyak belajar? Jangan khawatir! Kamu bisa belajar di ruangbelajar dengan menggunakan video belajar dan latihan-latihan soal, lho. Penasaran? Yuk, download sekarang!

New call-to-action

Referensi:

Widiati, Utami. 2018. Bahasa Inggris Edisi Revisi Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)