Bacaan Ayat Kursi (Arab, Latin, Arti) disertai Makna dan Keutamaannya

bacaan ayat kursi

Ayat Kursi memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi yang membacanya. Yuk, amalkan setiap hari! Berikut adalah bacaan ayat Kursi dalam Bahasa Arab, Latin, dan artinya.

Ayat Kursi merupakan ayat ke 255 dalam Qur’an surat Al-Baqarah. Dalam setiap kalimatnya, mengandung makna mengenai keutamaan dan manfaat ayat ini. Mulai dari melindungi kita dari gangguan setan, dijaga tidurnya hingga pagi oleh malaikat Allah, terhindar dari segala keburukan, dan keutamaan-keutamaan lainnya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk mengamalkan membaca ayat Kursi setiap hari.

Bagaimana bunyi ayat Kursi? Berikut bacaan ayat Kursi dalam Bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya! 

 

Bacaan ayat Kursi Lengkap

 

Bacaan ayat Kursi dalam Bahasa Arab

 

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

 

Bacaan ayat Kursi dalam bahasa Latin

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

 

Terjemahan ayat Kursi

“Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengusus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Miliknya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apapun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelhihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.”

Baca Juga: 15 Manfaat Dzikir bagi Umat Islam beserta Makna dan Caranya

 

Tafsir Mengenai Ayat Kursi

Dilansir dari TafsirWeb, berikut penjelasan mengenai bacaan ayat Kursi:

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya)”

Dalam penggalan ayat ini, Allah memberitahukan bahwa Dia lah satu-satunya ilah yang tunggal, yang wajib untuk disembah oleh seluruh alam, tunggal dalam uluhiyah-Nya. Dia lah yang hidupnya kekal dan tidak pernah mati selamanya, dan Dia lah yang maha mengendalikan segala yang ada. Dengan demikian, semua yang ada di dunia ini sangat membutuhkan-Nya, seluruh makhluk di dunia ini adalah ciptaan-Nya, dan Dia lah yang mengatur seluruhnya. 

لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ

“Tidak mengantuk dan tidak tidur”

Maksud dari penggalan ayat ini adalah, Allah selamat dari cacat (kekurangan), kelengahan, dan kelalaian dalam mengurusi makhluk-Nya. Bahkan sebaliknya, Allah akan senantiasa mengurus serta memperhatikan apa yang dikerjakan oleh kita. Tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi dari-Nya. 

لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ

“Milik-Nya apa yang ada di langit dan di bumi”

Dalam penggalan ayat ini, diberitahukan bahwa semua makhluk dan hamba-Nya, berada di dalam kerajaan-Nya, pemaksaan-Nya, dan juga kekuasaan-Nya.

مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِندَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ

“Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya”

Penggalan ayat di atas menjelaskan tentang keagungan, keperkasaan, dan kebesaran Allah yang tidak seorang pun dapat memberikan syafa’at kepada orang lain, kecuali dengan seizin-Nya.

يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ

“Allah mengetahui apa-apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka”

Maksud dari potongan ayat di atas adalah bukti yang menunjukan bahwa Allah Maha Mengetahui, ilmu Allah meliputi segala sesuatu, baik yang lalu, yang kini, maupun yang akan datang.

وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ

“Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah, melainkan apa yang dikehendaki-Nya”

Artinya, tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui sesuatu pun dari ilmu Allah, kecuali mereka yang telah diajarkan dan diberitahukan oleh Allah. Mungkin juga, makna dari penggalan ayat tersebut adalah manusia tidak dapat mengetahui sedikitpun ilmu Allah, dzat, dan sifat-Nya, melainkan apa yang telah diperlihatkan Allah kepadanya.

وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”

Ibnu Abi Hatim menceritakan riwayat dari Ibnu Abbas, potongan ayat ini menjelaskan bahwa “kursi adalah tempat Allah berpijak dan tidak ada seorang pun yang mampu memperkirakannya”. Dan Allah tidak sama sekali merasa berat, juga kewalahan dalam memelihara langit, bumi, serta semua yang ada diantara keduanya. Dia lah Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

 

Waktu Terbaik Membaca Ayat Kursi

Waktu terbaik membaca ayat Kursi adalah setelah kita menunaikan sholat wajib, dan sebelum membaca dzikir tasbih. Keutamaan membaca ayat Kursi setelah sholat, disampaikan dalam hadits, dimana Rasulullah mengatakan, “Bagi orang yang membaca ayat Kursi setelah setiap shalat, hanya kematian yang menghalanginya masuk ke Surga” (an-Nasa’i dalam “Amalul-Yaumi wa al-Laili” 100, dan Ibn as-Sunni dalam “‘Amalul-Yaumi wa al-Laili” 124). 

Namun, pada dasarnya, membaca ayat Kursi bisa kapan saja. Misalnya, saat diri kamu merasa takut, gelisah, ingin meminta pertolongan dan perlindungan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, atau sebelum tidur. Seorang muslim yang membaca ayat Kursi di pagi hari, niscaya akan aman hingga sore hari. Sebaliknya, seorang muslim yang membaca ayat Kursi di sore hari, akan diberi perlindungan hingga pagi hari berikutnya. 

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Setelah Sholat Fardhu disertai Makna dan Keutamaannya

 

Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Mengamalkan ayat Kursi setiap hari sangat dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca ayat Kursi:

  • Dikabulkan seluruh doanya

Siapa sih yang nggak pengin semua doanya dikabulkan sama Allah? Nah, mengamalkan ayat Kursi ternyata juga bisa membantu mengabulkan doa kita. Hal ini sesuai hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah yang artinya:

“Asma Allah yang paling Agung jika diucapkan ketika berdoa, insya Allah dikabulkan, dan terdapat dalam tiga tempat yaitu surat Al-Baqarah, surat Al-Imron, dan Surat Thaha.”

  • Membuka pintu rezeki

Kita dianjurkan untuk mengamalkan ayat Kursi setiap hari, karena Allah SWT akan membukakan pintu rezeki seluas-luasnya. Nggak cuma itu, Allah juga akan mempermudah kita dalam memahami ilmu pengetahuan baru. Dengan pemahaman ilmu yang baik, kamu akan mendekati hal-hal yang baik dan menjauhi hal-hal buruk atau larangan Allah SWT. 

  • Dimudahkan masuk surga

Allah SWT mengizinkan hambanya yang melafalkan ayat Kursi agar masuk ke surga. Hal ini sesuai H.R. Thabrani yang berbunyi “Barang siapa membaca ayat kursi sehabis salat wajib, maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya mati.” Nah, karena inilah dianjurkan bagi kita untuk mengamalkan ayat Kursi setiap hari, setelah melaksanakan salat wajib. 

  • Mendapat perlingungan Allah 

Keutamaan lain dari membaca ayat Kursi adalah, mendapat perlindungan dari Allah SWT. hal ini disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah ra, dia berkata Rasulullah SAW bersabda: 

“Bila engkau akan beranjak ke tempat tidurmu, maka bacalah ayar kursi. Karena sesungguhnya ia senantiasa mendapat penjagaan dari Allah SWT dan setan tidak akan mendekatimu hingga pagi hari.” (HR Bukhari).

Oleh karena itu, jangan lupa untuk baca ayat Kursi sebelum tidur, ya. Agar terhindar dari gangguan setan dan mendapat perlindungan Allah sampai bangun tidur di pagi hari.

  • Ayat paling utama dalam Al-Qur’an

Ayat Kursi disebut sebagai ayat yang paling agung atau utama dalam Al-Qur’an. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah yang bunyinya:

Di dalam suat Al-Baqarah ada satu ayat yang menjadi kepala semua ayat-ayat Al-Qur’an, tidak dibaca ayat itu di dalam rumah yang ada setan di dalamnya melainkan ia keluar daripada rumah itu, yaitu ayat Kursi.”

Selain itu, Rasulullah pernah bertanya kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?”. Kemudian, Ubay menjawab, “Ayat Kursi”. Lalu, Rasulullah menepuk pundak Ubay seraya berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim)

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Sholat Tahajud, Tata Cara, serta Waktu Pelaksanaannya

 

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai bacaan ayat Kursi, tafsir, hingga keutamaannya. Jangan lupa untuk mengamalkan ayat Kursi setiap hari agar mendapat semua keutamaan di atas, ya! Kalau kamu mau belajar lebih banyak tentang agama, kamu bisa cari guru ngaji terbaik di Ruangguru Privat, lho! Bebas pilih guru dan atur sendiri jadwal belajarmu. Selamat belajar~

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi: 

Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, dan Terjemahannya [daring]. Tautan: http://www.mtsn1balangan.sch.id/2022/08/bacaan-ayat-kursi-arab-latin-terjemahan.html (Diakses 15 Februari 2023)

Keutamaan Ayat Kursi [daring]. Tautan: https://muslim.or.id/24531-4-keutamaan-ayat-kursi.html (Diakses 15 Februari 2023)

Ayat Kursi [daring]. Tautan: https://tafsirweb.com/37567-ayat-kursi.html (Diakses 5 Mei 2023)

Ayat Kursi: Arab, Latin, Arti, dan Waktu Terbaik Membacanya [daring]. Tautan: https://www.iuwashplus.or.id/ayat-kursi-arab-latin-arti/ (Diakses 5 Mei 2023)

Sumber Gambar:

Gambar ‘Al-Qur’an’ [daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/DBsQFuIbXg4 (Diakses 5 Mei 2023)

Kenya Swawikanti