Bacaan Niat Sholat Taubat, Doa, Tata Cara & Waktu Pelaksanaan

bacaan niat, doa, dan tata cara sholat taubat

Seperti apa bacaan niat sholat taubat, doa-doa, dan dzikirnya yang dianjurkan? Lalu, bagaimana tata cara sholat taubat yang benar? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

 

Bagi umat Muslim, salah satu cara untuk menggugurkan dosa yang telah diperbuat adalah dengan melaksanakan sholat taubat, atau dikenal juga sebagai sholat taubat nasuha.

Secara bahasa, taubat artinya sadar dan menyesal akan dosa yang telah diperbuat, serta berniat untuk memperbaiki tingkah laku dan perbuatan. Taubat juga berarti kembali kepada agama (jalan, hal) yang benar.

Dalam artikel ini, akan dibahas lebih jauh mengenai tata cara sholat taubat, niat, waktu pelaksanaan, hingga doa dan dzikir yang bisa dibaca ketika melaksanakan sholat taubat.

 

Pengertian Sholat Taubat

Sholat taubat adalah ibadah bagi pemeluk agama Islam yang dilakukan untuk meraih ampunan atas dosa atau kesalahan yang telah diperbuat. Sholat taubat juga merupakan salah satu amalan yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah SWT. 

Dalam melaksanakan sholat taubat nasuha, kita harus berniat dengan sepenuh hati, serta berkomitmen penuh untuk tidak mengulangi kesalahan yang sudah dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan ketulusan, kemurnian, dan kesungguhan hati kita dalam  memohon ampunan dari Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat.

 

Tujuan Sholat Taubat

Tujuan sholat taubat adalah untuk kembali kepada Allah SWT, kembali pada syariat-Nya, mengakui segala bentuk kesalahan dan menyesalinya, serta berjanji tidak akan mengulanginya kembali. Dengan melakukan sholat taubat, diharapkan Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita, serta senantiasa menjadikan kita hamba yang taat dan beriman.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Hajat, Doa, Tata Cara & Waktu Pelaksanaannya

 

Perintah Sholat Taubat berdasarkan Firman Allah SWT

Perintah sholat taubat telah disampaikan sebagaimana firman Allah SWT dalam surat At-Tahrim ayat 8, yang berbunyi:

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

 

Artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuha (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Tuhanmu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersamanya. Cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanannya. Mereka berkata, ‘Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.’”

ibadah sholat taubat

Sholat Taubat dilakukan untuk memperoleh ampunan kepada Allah SWT. (Sumber: Unsplash.com)

 

Allah SWT juga sangat menyukai umat Muslim yang benar-benar bertaubat dengan melakukan taubatan nasuha, serta menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Seperti firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 222 yang berbunyi:

 

اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

 

Artinya:

“Sesungguhnya, Allah menyukai orang yang bertaubat dan menyukai orang yang menyucikan diri.”

 

Sebaik-baiknya manusia di hadapan Allah SWT bukan mereka yang tidak pernah berbuat salah, tetapi mereka yang apabila berbuat kesalahan, langsung menyesali perbuatannya, segera bertaubat kepada Allah SWT, dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Begitu pula hubungan manusia dengan sesama manusia lainnya. Manusia pasti tidak pernah luput dari kesalahan. Namun, mereka yang mau mengakui kesalahannya dan meminta maaf, merekalah yang tergolong orang-orang yang terpuji. 

 

Waktu Pelaksanaan Sholat Taubat

Sebenarnya tidak ada waktu sholat taubat yang paten, seperti halnya waktu sholat fardhu. Namun, alangkah baiknya bila ingin bertaubat dilakukan dengan segera dan tidak ditunda-tunda. Ketika kita merasa bahwa kita telah melakukan dosa, maka segeralah bertaubat dengan mendirikan sholat taubat.

Sebagian ulama berpendapat bahwa waktu pelaksanaan sholat taubat yang utama adalah di sepertiga malam, agar umat Muslim dapat melaksanakannya dengan khusyu’ dan tidak terburu-buru. Kemudian, umat Muslim dapat melanjutkannya dengan sholat tahajud dan berdoa di sepertiga malam.

Namun, ada waktu-waktu pelaksanaan sholat taubat yang haram untuk dikerjakan, yaitu sebagai berikut:

  • Sejak terbit fajar hingga terbitnya matahari.
  • Ketika matahari terbit sampai matahari naik sepenggalah.
  • Ketika matahari tepat berada di tengah-tengah sampai terlihat condong.
  • Sejak selepas sholat Ashar sampai menjelang matahari tenggelam.
  • Ketika matahari tenggelam sampai matahari benar-benar sempurna tenggelam.

 

Jadi, jangan sampai salah waktu saat mengerjakan sholat taubat, ya. 

Baca Juga: Tata Cara Sholat Dhuha, Niat, Doa, dan Waktu Pelaksanaannya

Nah, untuk kamu yang sudah bertanya-tanya, 

“Sholat taubat berapa rakaat?”

“Bagaimana cara sholat taubat?”

“Seperti apa doa dan dzikir sholat taubat yang bisa dibaca?”

Langsung aja yuk, simak penjelasan berikut ini!

 

Tata Cara Sholat Taubat

Tata cara sholat taubat nasuha kurang lebih sama seperti sholat-sholat sunnah lainnya. Sholat taubat nasuha dapat dikerjakan paling sedikit sejumlah dua rakaat dan paling banyak enam rakaat, dengan melakukan satu kali salam di setiap dua rakaatnya. Sholat taubat nasuha juga sebaiknya dikerjakan secara sendirian karena sholat taubat tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara berjamaah.

Untuk melaksanakan sholat taubat nasuha, kamu bisa simak cara sholat taubat nasuha berikut ini:

1. Bersuci dan berwudhu

2. Membaca bacaan niat sholat taubat

Bacaan niat sholat Taubat, yaitu:

أصلى سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan Latin: Ushalli sunnatat taubati rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya niat sholat taubat dua raka’at Lillahi Ta’aalaa.”

3. Takbiratul ihram

4. Membaca doa iftitah

5. Membaca surah Al Fatihah

6. Membaca surah pendek dalam Al-Qur’an

7. Rukuk

8. Iktidal

9. Sujud

10. Duduk di antara dua sujud

11. Sujud

12. Bangun dari sujud dan melanjutkan rakaat kedua seperti rakaat pertama

13. Tasyahud akhir

14. Salam

15. Membaca dzikir dan doa setelah sholat taubat

 

Bacaan Doa dan Dzikir Sholat Taubat 

Doa sholat taubat merupakan doa yang dibaca setelah selesai melaksanakan sholat taubat. Doa sholat taubat nasuha maupun dzikir sholat taubat yang bisa dibaca di antaranya yaitu:

 

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَآتُوبُ إِلَيْهِ

 

Bacaan Latin:

Astaghfirullaahal’adziim, alladzii laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih.

Artinya:

“Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya.”

Baca Juga: Tata Cara Sholat Tarawih, Lengkap dengan Bacaan Niat & Doanya

Selain itu, bisa juga dengan membaca doa berikut:

 

اللهم انت ربي لا اله الا انتَ خَلَقْتَنِي وَأَنا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرَمَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَى وَابُوهُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا انْتَ

 

Bacaan Latin:

Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana’abduka wa ana’alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu a’uudzubika min syarri maa shana’tu. abuu ulaka bini’matika ‘alayya wa abuu u bidzanbi fahghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya:

“Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberikan ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat.”

Sekian penjelasan lengkap tentang sholat taubat, meliputi tata cara, bacaan niat sholat taubat, waktu pelaksanaan, hingga dzikir dan doa setelah sholat taubat yang bisa dilafalkan. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita, menerima taubat kita, dan melindungi kita dari perbuatan-perbuatan maksiat maupun dosa. Aamiin.

Nah, jika kamu ingin belajar lebih dalam mengenai ilmu agama, khususnya cara membaca Al-Qur’an dengan benar dan tartil, kamu bisa mencari Tutor terbaik di bidangnya lewat aplikasi Ruangguru Privat Mengaji. Yuk, klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut!

CTA ruangguru Privat

Referensi:

https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6764044/tata-cara-sholat-taubat-2-rakaat-sesuai-sunnah (Diakses pada 27 Februari 2024)

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20231221111736-569-1040065/niat-dan-tata-cara-sholat-taubat-lengkap-waktu-pelaksanaannya (Diakses pada 27 Februari 2024)

https://kabar24.bisnis.com/read/20230905/79/1691924/tata-cara-sholat-taubat-lengkap-dengan-bacaan-dan-doanya (Diakses pada 27 Februari 2024)

https://www.tokopedia.com/blog/tata-cara-sholat-taubat-slm/?utm_source=google&utm_medium=organic (Diakses pada 27 Februari 2024)

Sumber Gambar:

Photo by Jeremy Yap on Unsplash (Diakses pada 27 Februari 2024)

Kenya Swawikanti