Kenapa Badan Menggigil Saat Kedinginan?

Kenapa Badan Menggigil Saat Kedinginan

Pernah kepikiran nggak sih, kenapa badan kita bisa menggigil kalau lagi kedinginan? Apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh kita? Yuk, kita bahas!

--

 

Pernahkah kamu mendaki gunung? Kalau kamu pernah mendaki gunung, pasti kamu pernah merasakan menggigil akibat dinginnya suhu di atas gunung. Selain akibat suhu yang dingin, bisa juga perlengkapan yang dipakai mungkin kurang sesuai atau kurang tebal, sehingga udara dingin di gunung masih bisa menembus sampai ke kulit.

Penyebab utama menggigil tentu saja akibat paparan udara atau cuaca yang dingin. Tapi, tahu nggak sih, ternyata ada penyebab lain lho, yang memungkinkan seseorang untuk menggigil. Bisa jadi karena ada penyakit tertentu, infeksi, atau kecemasan emosional yang menyebabkan suhu tubuh mengalami penurunan.

Sebenarnya apa sih, yang terjadi dalam tubuh kita saat kita menggigil? Yuk, baca selengkapnya! 

 

Menggigil Merupakan Refleks dari Tubuh

Sebenarnya, menggigil adalah sebuah refleks dari tubuh akibat terjadinya penurunan suhu tubuh. Seperti yang tadi sudah dibahas, penurunan suhu tubuh ini paling sering terjadi akibat suhu udara yang dingin. Tapi, bisa juga disebabkan oleh penyakit tertentu, infeksi, atau kecemasan emosional.

Ketika suhu tubuh menurun, tubuh akan melakukan mekanisme untuk memproduksi panas lebih banyak atau mengurangi pengeluaran panas melalui keringat. Nah, efek dari mekanisme ini adalah menggigil itu tadi, guys! Jadi, sebenarnya saat kita menggigil, tubuh kita itu sedang berusaha menaikkan suhu tubuh kita lagi menjadi normal.

Kita juga bisa lho, membantu tubuh untuk menaikkan suhu tubuh dari luar (secara eksternal), yakni dengan cara mengenakan baju hangat, selimut, dan mengoleskan sesuatu yang hangat, seperti minyak kayu putih atau minyak telon. Kita juga bisa mengkonsumsi makanan atau minuman hangat agar suhu tubuh bisa cepat kembali normal.

Kalau penurunan suhu tubuh ini terjadi secara drastis hingga di bawah 35°C, tandanya kita mengalami yang namanya hipotermia, tuh! Hipotermia adalah kondisi darurat medis yang terjadi ketika tubuh lebih cepat kehilangan panas daripada menghasilkan panas, sehingga suhu tubuh akan menurun secara drastis dan tubuh akan menggigil berlebihan.

 

apa itu hipotermia

 

Normalnya, suhu tubuh manusia berada di kisaran 35°C sampai 36°C. Kalau suhu tubuh kamu di atas 37°C atau di bawah 35°C, berarti ada yang salah nih dengan tubuhmu. Bisa jadi kamu sedang terkena gejala penyakit tertentu, mengalami demam, atau kamu sedang berada di lokasi yang terlalu dingin atau terlalu panas.

Baca juga: Benarkah Penyumbang Oksigen Terbesar Berasal dari Pohon?

 

Menggigil Diperintahkan Oleh Otak

Balik lagi ke menggigil, mekanisme menggigil ini tentu saja diperintah oleh otak kita, ya. Otak kita menangkap respon suhu tubuh yang tiba-tiba mengalami penurunan. Suhu yang dingin akan membuat otot-otot menjadi melambat gerakannya dan menjadi kaku.

 

otak menerima respon suhu tubuh

 

Nah, setelah otak menerima ‘laporan’ dari kondisi tubuh, maka otak akan memerintahkan tubuh untuk menghasilkan panas agar suhu tubuh kembali normal. Selain itu, otak akan memerintahkan otot-otot yang tegang (berkontraksi) untuk berelaksasi. Gerakan otot-otot inilah yang disebut dengan menggigil.

“Terus, apakah menggigil karena kedinginan ini bisa hilang dengan sendirinya?”

Ya tergantung. Tergantung apa, tuh? Tergantung suhu di lokasi tempat kamu berada dan usaha yang kamu lakukan untuk menaikkan suhu tubuh.

 

Cara Cepat Menghentikan Tubuh yang Menggigil

Misalnya, kamu habis kehujanan, nih. Baju kamu udah basah kuyup dan kamu pun menggigil kedinginan. Tapi, bukannya segera ganti baju, kamu malah diem-diem aja. Udah gitu, kamu malah minum es thai tea boba. Yha gimana mau berhenti menggigil, yak? Bisa-bisa, kamu malah jadi menggigil tingkat dewa.

Baca juga: Pernah Mengalami Brain Freeze? Ini yang Sebenarnya Terjadi pada Tubuh Kita

Nah, makanya, kalau kamu mau menghentikan menggigil ini, cara paling cepat ya dengan melakukan usaha untuk menaikkan suhu tubuh secara eksternal, ya. Misalnya, dengan pindah ke tempat yang lebih hangat, mengkonsumsi makanan atau minuman hangat, serta memakai pakaian dengan bahan yang lebih tebal. Kalau kasusnya kamu kehujanan, segera mandi air hangat dan ganti baju ya, supaya badan kamu tidak terasa lengket akibat air hujan.

 

fungsi minuman hangat bagi tubuh

 

Itu tadi pembahasan tentang menggigil sebagai salah satu refleks tubuh saat mengalami penurunan suhu. Menarik, bukan? Eits, kalau kamu ingin melihat pembahasan menarik lainnya tentang materi pelajaran di sekolah, kamu bisa akses video-video di ruangbelajar, lho. Yuk, gabung sekarang!

ruangbelajar

Referensi:

'Hipotermia', Redaksi Halodoc, Halodoc.com (daring). Tautan: https://www.halodoc.com/kesehatan/hipotermia (Diakses 24 September 2020).

'Ini yang Terjadi Saat Tubuh Merasakan Suhu Dingin, Waspada Hipotermia', Retia Kartika Dewi, Kompas.com (daring). Tautan: https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/26/190000165/ini-yang-terjadi-saat-tubuh-merasakan-suhu-dingin-waspada-hipotermia?page=all (Diakses 24 September 2020).

'Chills', MedlinePlus, Medlineplus.gov (daring). Tautan: https://medlineplus.gov/ency/article/003091.htm#:~:text=Chills%20are%20caused%20by%20rapid,certain%20diseases%20such%20as%20malaria (Diakses 25 September 2020).

 

Artikel ini telah diperbarui pada 15 Juni 2022.

Profile

Tedy Rizkha Heryansyah