Ketahui Bagian-Bagian Mata & Fungsinya, Yuk! | IPA Terpadu Kelas 5

bagian-mata-dan-fungsinya

Bona dan Dira pergi ke klinik mata untuk bertemu salah satu dokter di sana. Saat menunggu, mereka melihat alat peraga mata. Kira-kira apa saja ya, bagian-bagian pada mata? Ikuti penjelasannya di artikel IPA Terpadu Kelas 5, yuk!

--

Hari ini, Dira dan Bona berkunjung ke klinik mata untuk menemui salah satu dokter di sana.

Tapi saat menunggu dokter tiba di ruangan, mereka melihat alat peraga mata di atas meja. Melihat hal itu, Dira pun terpikirkan sesuatu, “Bon, kamu tahu tidak bagian tubuh mana yang membantu kita melihat?”

“Tentu saja jawabannya mata! Kamu pasti ngetes aku karena lihat alat peraga ini, kan?”

“Iya, hehehe,” balas Dira cengengesan, “Terus, kamu tahu tidak kalo mata atau indra penglihatan itu terdiri dari dua bagian utama?”

Tau, dong! Bagian-bagian dari mata itu, ada mata yang terlihat atau bagian luar dan mata bagian dalam. Betul, kan?”

“Betul! Nih, aku jelasin bagian mata dan fungsinya, ya. Dimulai dari bagian mata yang dapat kita lihat atau bagian luar. Bagian ini terdiri dari alis mata, bulu mata, lipatan atau kelopak mata, sklera atau selaput putih, iris atau selaput pelangi, dan pupil,” jelas Dira sambil menunjuk bagian-bagian pada matanya.

Nah, secara umum bagian mata yang terlihat ini berfungsi untuk melindungi mata bagian dalam dan menerima cahaya.

Baca Juga: Belajar Sifat-Sifat Cahaya, Yuk!

bagian mata luar dan fungsinya

“Sekarang coba kamu yang jelasin tentang bagian-bagian mata pada bagian dalam, Bon!” tantang Dira menunjuk alat peraga yang terletak di atas meja.

Oke! Pada mata bagian dalam terdiri dari kornea yang juga disebut selaput bening, lalu ada lensa mata, otot siliaris, retina atau selaput jala, dan juga saraf mata. Fungsi mata bagian dalam itu mengolah cahaya yang masuk ke dalam mata setelah cahaya masuk melalui bagian luar. Nah, cahaya yang masuk ini akan diolah menjadi bayangan, lalu diterjemahkan menjadi informasi dari apa yang kita lihat di dalam otak kita.”

bagian dalam mata

Wah, hebat kamu, Bon! Ternyata kamu juga udah tau tentang bagian-bagian mata dan fungsinya, ya.”

“Sudah, dong!” balas Bona dengan bangga.

Bona dan Dira sudah menjelaskan tentang bagian-bagian mata dan fungsinya, nih. Sekarang giliran kamu yang simak pertanyaan ini dan tulis jawabannya di kolom komentar, yuk!

Baca Juga: Bagaimana Proses Terbentuknya Pelangi?

latihan soal bagian-bagian mata

Setelah selesai berdiskusi, tiba-tiba dokter masuk ke dalam ruangan. Dira dan Bona pun langsung berdiri dari kursi dan menyapa sang dokter.

Selesai deh, cerita antara Dira dan Bona yang berdiskusi tentang bagian-bagian mata dan fungsinya! Kalau masih mau belajar materi lain ditemani Dira, Bona, dan kawan-kawan, kamu bisa download aplikasi ruangguru dan berlangganan dafalulu. Yuk berpetualang seru bareng Dafa dan Lulu!

New call-to-action

Materi oleh: Rosi Oktavia Purba

Disunting oleh: Usu Sri Malati

Profile

Akmaliya Alimah Nabila

Panggil aku, Nabing! Aku senang belajar hal baru, menulis, dan berkhayal. Semoga kalian bisa berkhayal sambil belajar bersama tulisanku!