Kenali Bagian Tubuh Tumbuhan & Fungsinya, Yuk! | IPA Terpadu Kelas 4

Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya

Hari bersih-bersih sekolah tiba! Dafa dan Puti kebagian tugas membersihkan kebun sekolah, lho! Daun dan ranting pohon mangga yang gugur memancing rasa penasaran Dafa. Bersama Puti, Ia akan belajar tentang bagian tubuh tumbuhan beserta fungsinya. Kalian mau tahu juga? Yuk, lanjut membaca pelajaran IPA Terpadu kelas 4 ini!

--

Di tengah asyiknya menyapu, Dafa tertegun memperhatikan sampah-sampah di atas tanah.

“Kayaknya, tadi aku cuma menyapu daun kering. Kok, ada ranting kering juga?” gumam Dafa. Ia memperhatikan sampah-sampahnya lebih dekat. “Eh, ternyata ada buah mangga kecil juga!” 

Dafa berbalik badan dan menemukan sebuah pohon mangga yang berdiri tegak menjulang. ”Put, apakah daun kering, ranting, dan buah mangga kecil ini semua berasal dari bagian tubuh pohon mangga?” tanya Dafa

“Iya, Daf! Daun kering, ranting, dan buah mangga kecil ini adalah bagian tubuh pohon mangga yang sudah gugur,” jawab Puti. 

Wah, emang bagian tubuh pohon mangga ini apa aja, sih?” Dafa penasaran. 

“Aku coba jelasin ya, Daf! Coba deh, kamu lihat pohon mangga yang masih berdiri tegak ini!” ujar Puti sambil menunjuk pohon mangga di belakang mereka. “Pada umumnya, bagian tubuh tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun, bunga, dan buah, Daf.” 

Wah, semuanya punya fungsi yang berbeda, dong?” tanya Dafa. 

“Betul! Aku jelasin mulai dari bagian yang paling bawah dulu, ya, yaitu akar,” ujar Puti. “Akar adalah bagian tubuh yang arah tumbuhnya ke dalam tanah. Fungsi utama akar adalah untuk menopang tumbuhan serta menyerap air dan nutrisi dari dalam tanah.” 

“Oh, akar itu yang bikin tumbuhannya berdiri dengan tegak, ya, karena berfungsi untuk menopang tumbuhan. Nah, kalau batang gimana, Put?” 

Batang adalah bagian tubuh tumbuhan yang tumbuh dari akar. Batang itu tempat tumbuhnya cabang, lho! Fungsi utama batang yaitu mengangkut air dan nutrisi dari akar ke daun, serta menyalurkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh.”

Baca Juga: Belajar Jenis-Jenis Bunyi dari Kelompok Jerapah

Wih, keren! Selanjutnya, daun ya?”

“Betul! Selanjutnya ada daun, yang merupakan bagian tubuh yang tumbuh dari batang.” 

“Setahuku, daun memiliki fungsi penting bagi tumbuhan, yaitu sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis. Iya, kan?”

“Betul, Daf!” jawab Puti. “Bagian yang enggak kalah penting adalah bunga, yang berasal dari modifikasi daun. Hanya saja, enggak semua tumbuhan memiliki bagian tubuh ini, lho!”

“Oh, begitu ya. Kalau enggak salah, fungsi bunga itu sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan, kan?”

Bener banget, Daf! Terakhir, ada buah, yang merupakan hasil perkembangbiakan tumbuhan. Pada buah, terdapat biji yang diselimuti daging buah.” 

“Eh, seingetku, buah mangga punya biji di tengahnya yang tertutup sama daging buah mangga yang manis itu. Berarti, fungsi buah itu untuk membungkus dan melindungi biji di dalamnya, serta menyimpan cadangan makanan, ya?”

“Kamu benar lagi, Daf! Keren!” puji Puti sambil mengacungkan jempolnya. Dafa tersenyum senang. 

bagian dan fungsi tubuh tumbuhan

 

Makasih ya, Put! Sekarang, aku jadi lebih ngerti tentang bagian tubuh tumbuhan serta fungsinya yang berbeda-beda!” ujar Dafa.

“Sama-sama, Daf! Teman-teman sudah paham, belum? Coba jawab pertanyaan ini di kolom komentar, yuk!”

latihan soal bagian tubuh tumbuhan

 

Gimana? Bisa jawab soalnya, kan?” tanya Dafa. 

“Kalau kalian mau belajar lagi tentang banyak hal, belajar terus bersama kami, ya! Sampai jumpa!” ucap Puti dengan gembira. 

 --

Nah, itu tadi cerita Dafa dan Puti yang belajar tentang bagian tubuh tumbuhan beserta fungsinya. Masih banyak, lho, yang bisa kalian pelajari tentang tumbuhan, dengan menonton video Dafa Lulu yang ada di Ruangguru! Selamat belajar! 

New call-to-action

Materi oleh: Nunuk Ika Lestari

Disunting oleh: Agung Aksara Putra

Profile

Laila Annisafitri

Don't read because someone told you to do so. Read because you wanna have fun. Surprisingly, you'll learn a lot!