Contoh Penggunaan Demonstrative Determiner (This, That, These, Those) | Bahasa Inggris Kelas 7

Penggunaan Demonstrative Determiner

Demonstrative determiner (this, that, these, dan those) digunakan untuk menyebutkan suatu benda dan mengenal vocabularies benda-benda yang ada di lingkungan sekitar. Seperti apa perbedaannya? Simak selengkapnya dalam artikel Bahasa Inggris kelas 7 ini!

Hi! Main tebak- tebakan dulu, yuk! Tapi, dalam bahasa Inggris, ya.

It is an object. It has some papers inside. You usually write your homework on it. In the morning, your teacher ask you to collect it.

Hayo tebak benda apa itu? Benda itu digunakan untuk menuliskan PR kamu. Yap benar, itu adalah sebuah pulpen. Terus, bagaimana ya cara menyebutnya menggunakan bahasa Inggris? Pakai kata this, these, that, atau those, ya?

Nah, supaya kamu enggak bingung dan salah lagi menunjuk suatu benda menggunakan bahasa Inggris, yuk belajar penggunaan this, that, these, dan those!

 

Pengertian Demonstrative Determiner (This, That, These, Those)

Kamu pasti sering banget kan mendengar kata this, that, these, dan those dalam bahasa Inggris? Semua kata itu merupakan demonstrative determiner yang berfungsi untuk merujuk suatu benda. Tapi, apa sih perbedaaannya? 

Demonstrative determiner adalah kata bantu yang digunakan untuk menunjukkan objek (kata benda) di suatu titik. Demonstrative determiner (this, that, these, those) berfungsi untuk memperlihatkan seberapa jauh posisi objek dari pembicaranya. Di dalam penggunaannya, demonstrative determiner dibagi seperti berikut:

perbedaan penggunaan this, that, these, dan those

 

Kalau kamu perhatikan gambar di atas, this dan that digunakan untuk menunjuk objek yang berjumlah satu/tunggal. Sementara itu, these dan those digunakan untuk menunjukkan objek plural, atau jumlahnya lebih dari satu. Lalu, apa bedanya this dengan that, juga bedanya these dengan those ya? Nah, supaya kamu lebih kebayang, kita bahas cara penggunaan this, that, these, dan those lebih lanjut berikut ini.

Baca Juga: Cara Penggunaan Preposition of Time (In, On & At) yang Benar

 

Contoh Penggunaan Demonstrative Determiner (This, That, These, Those)

 

1. This dan That

This (ini) dan that (itu) sama-sama digunakan untuk objek tunggal atau yang berjumlah satu. Bedanya, kita gunakan this ketika objek yang dibicarakan dekat dengan pembicara, dan that ketika objeknya jauh dari pembicara. Contohnya:

Contoh kalimat this dan that - demonstrative determiner

 

2. These dan Those

Sedangkan penggunaan these (ini) dan those (itu) juga hampir serupa dengan this dan that. Bedanya, these dan those digunakan untuk objek yang berjumlah lebih dari satu atau plural. Kita bisa gunakan these ketika objek yang dibicarakan dekat dengan pembicara, dan those ketika objeknya jauh dari pembicara. Contohnya:

Contoh penggunaan these dan those

 

Contoh Demonstrative Determiner (This, That, These, Those)

Nah, supaya lebih jelas perbedaannya, coba lihat poin-poin berikut ini!

1. This (digunakan untuk menunjuk objek tunggal yang dekat dengan pembicara). Contoh:

  • This is a pen.
  • This is not a globe.
  • Is this your rubber?

2. That (digunakan untuk menunjuk objek tunggal yang jauh dengan pembicara). Contoh:

  • That is my pencil case.
  • That is not your bag.
  • Is that a correction fluid?

3. These (digunakan untuk menunjuk objek jamak yang dekat dengan pembicara). Contoh:

  • These are our lunch boxes.
  • These are not her pens.
  • Are these his rubbers?

4. Those (digunakan untuk menunjuk objek jamak yang jauh dengan pembicara). Contoh:

  • Those are my chairs.
  • Those are not my rullers.
  • Are those our drinking bottles?

 

Baca Juga: Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris 

Nah, jadi begitu penjelasannya. Kata this, that, these, dan those digunakan untuk menunjuk benda. This dan these sama-sama memiliki arti ‘ini’ atau menunjuk objek yang dekat dengan pembicara. Perbedaan this dan these terletak pada jumlah bendanya. This digunakan untuk menunjuk objek tunggal sedangkan these untuk menunjuk objek jamak.

Begitu pula perbedaan that dan those. Walaupun artinya sama-sama ‘itu’ atau menunjuk objek jauh dari pembicara, that dipakai saat menunjuk benda tunggal dan those untuk menunjuk benda jamak.

Kalau begitu, sekarang kita belajar kosakata benda-benda dalam bahasa Inggris, yuk, atau yang lebih dikenal dengan vocabularies. Kita mulai dulu dari vocabularies benda-benda yang ada di sekitar kita, dimulai dari perlengkapan sekolahmu, ya.

nama perlengkapan sekolah dalam bahasa inggris - things inside the bag

 

Gimana, sudah paham dengan materi contoh penggunaan demonstrative determiner? Supaya makin jago, yuk belajar di ruangbelajar. Kamu bisa belajar materi apa saja dengan metode pembelajaran yang dijamin seru. Jadi, kamu bisa lebih paham deh.

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Artikel ini diperbarui pada 3 Januari 2023.

Thalitha Ariesti Widhia