Fitur Bank Soal Kini Makin Lengkap dan Canggih!

Bank Soal

Ada yang baru nih, di fitur Bank Soal! Kini, Bank Soal dilengkapi dengan berbagai fungsi yang kece dan menarik, lho. Seperti apa ya, fitur Bank Soal yang baru? Yuk, temukan jawabannya di artikel ini!

Pengguna setia fitur Bank Soal mana suaranyaaa?? Nah, buat kamu pengguna setia Bank Soal di aplikasi Ruangguru, ada kabar gembira, nih! Sekarang, Bank Soal sudah berevolusi jadi makin canggih, lho!

“Emang iya?”

Iya, dong! Sekarang, Bank Soal sudah dilengkapi dengan berbagai pembaruan yang akan membuat pengalaman belajarmu jadi makin seru. Nah, dengan adanya pembaruan ini, tampilan fitur Bank Soal pun jadi ikut berubah, gengs.

Penasaran? Sini, sini, biar aku jelasin satu per satu!

 

Soal Bisa di-Print

Bank Soal bisa di-download dan di-print sebagai PDF. Kamu bisa lebih mudah mengerjakan soal di kertas dan tetap dapatkan nilainya di aplikasi. Gimana caranya?

  • Buka aplikasi Ruangguru dan klik “Banksoal”
  • Pilih mata pelajaran yang ingin kamu pelajari
  • Klik bab yang ingin kamu download
  • Klik “Download”
  • Banksoal akan tersimpan dalam bentuk PDF ke internal memori handphone kamu pada bagian folder download.

bank soal bisa diprint

 

Pencarian Soal Berdasarkan Kata Kunci dan Mata Pelajaran

Sebelum berevolusi, Bank Soal hanya menyediakan fungsi pencarian berdasarkan mata pelajaran aja. Tapi sekarang, kamu bisa mencari soal berdasarkan kata kunci juga, lho!

Baca juga: Playlist Belajar dari Ruangguru, Pilih Materi Jadi Nggak Bingung Lagi!

Caranya gampang banget. Kamu tinggal ketik aja kata kunci atau kode soal di kolom search. Setelah itu, voilà! Beragam rekomendasi latihan soal dan tryout akan langsung muncul di layar aplikasi kamu. Mudah, kan?

Fitur Search Bank Soal

Selain itu, pencarian soal berdasarkan mata pelajaran juga upgrade menjadi lebih presisi, lho! Sekarang, kamu bisa mengaplikasikan filter pencarian latihan soal berdasarkan jumlah soal, tingkat kesulitan, dan jenis soal. Jadi, latihan soal yang muncul bisa lebih sesuai dengan kebutuhanmu.

Filter Pencarian Latihan Soal

 

Rekomendasi Soal

Buat yang hobi bingung dan pusing sendiri waktu lagi nyari latihan soal, jangan panik, guys! Sekarang kamu bisa memanfaatkan rekomendasi soal dari Ruangguru! Setiap minggunya, akan ada rekomendasi latihan-latihan soal yang disesuaikan dengan timeline sekolah, serta riwayat belajarmu di aplikasi.

Rekomendasi soal ini bisa kamu temukan pada halaman utama fitur Bank Soal, tepatnya yaitu di section ‘Rekomendasi Banksoal’. Kalau sudah ketemu, tinggal pilih aja deh, latihan soal yang ingin kamu kerjakan.

Rekomendasi Bank Soal

 

Review Page

Sebelum mulai mengerjakan soal, kamu bisa memastikan kembali detail mengenai latihan soal yang kamu pilih pada halaman review. Kamu bisa melihat jumlah soal yang ada, tingkat kesulitan, tipe soal, serta estimasi waktu pengerjaan soal pada halaman tersebut. Nah, kalau sudah sesuai, baru deh, kerjakan soalnya dengan klik tombol ‘Kerjakan’.

Review Page

 

Analisis Hasil Pengerjaan

Setelah selesai mengerjakan soal, kamu bisa melihat analisis hasil pengerjaan pada halaman result. Pada halaman ini, kamu bisa lihat berapa skor yang kamu dapatkan, berapa banyak jawabanmu yang benar dan salah, serta berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk mengerjakan latihan soal tersebut. Kamu juga bisa membandingkan performa kamu dengan siswa lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pembahasan dari setiap soal. Caranya adalah dengan klik tombol ‘Lihat Pembahasan’.

Result Page

 

Leaderboard

Sudah selesai mengerjakan soal dan melihat pembahasannya? Berarti, saatnya kamu cek peringkatmu di halaman utama! Di halaman utama fitur Bank Soal akan ada leaderboard yang berisi daftar pengguna yang memasuki peringkat 25 tertinggi. Daftar peringkat ini akan di-refresh setiap satu minggu sekali.

Baca juga: Adapto, Video Belajar Adaptif yang Bisa Disesuaikan dengan Pemahaman Kamu

Hasil peringkat di leaderboard diurutkan sesuai akumulasi poin yang didapatkan pengguna selama satu minggu. Poin ini dihitung berdasarkan jumlah soal benar yang diperoleh ketika mengerjakan soal. Jadi, pastikan poin yang kamu peroleh cukup tinggi supaya kamu bisa masuk ke leaderboard, ya! Semangaatt!

Leaderboard

 

Rekomendasi Soal Terkait Event Terkini

Selain rekomendasi soal mingguan dari Ruangguru, kamu juga akan mendapatkan rekomendasi soal berdasarkan event terkini, seperti Latihan Soal PTS Ganjil, Prediksi Soal PAS, dan lain sebagainya. Caranya yaitu pilih event yang tersedia pada halaman utama, lalu temukan kumpulan soal terkait event tersebut.

Banner Event di Homepage

 

Arahan Langsung ke ruanguji

Mau ikut tryout di ruanguji? Bisa langsung melalui aplikasi Ruangguru, lho! Caranya adalah dengan klik banner event ruanguji yang ada di halaman utama fitur Bank Soal. Setelah itu, kamu akan langsung diarahkan ke halaman ruanguji untuk mengikuti tryout yang tersedia.

Banner Ruanguji di Homepage

 

Riwayat Soal

Kalau kamu ingin melihat kembali latihan-latihan soal yang sudah pernah kamu kerjakan, kamu bisa masuk ke halaman riwayat soal. Caranya yaitu klik icon riwayat soal yang terletak di sebelah kanan kolom search. Lalu, daftar soal yang sudah pernah kamu kerjakan akan muncul di sana.

Riwayat Soal

Wiihh, banyak juga ya, pembaruan di fitur Bank Soal! Kamu paling penasaran dengan pembaruan yang mana, nih? 

Nah, tunggu apa lagi guys? Yuk, langsung langganan ruangbelajar dan cobain kecanggihan fitur Bank Soal yang baru!

Bimbel Ruangguru

Kenya Swawikanti