Beasiswa Kuliah S1 & S2 Full Funded di Brunei Darussalam 2022

Beasiswa Kuliah S1 & S2 Full Funded di Brunei Darussalam 2022

Ingin kuliah di luar negeri tapi tidak ingin terlalu jauh dari tanah air? Yuk simak informasi beasiswa Brunei Darussalam Government Scholarship. Beasiswa Full Funded kuliah di negeri jiran!

 

Lulus SMA, diterima kuliah di jurusan favorit, kampus favorit di luar negeri, beasiswa penuh pula tanpa biaya sepeserpun. Siapa sih yang gak mau? Nah pasti kamu salah satunya bukan! Kalau iya, ada kabar baik nih buat kamu. Karena pemerintah Brunei Darussalam, telah membuka program beasiswa kuliah di kampus-kampus terbaiknya yang ditujukan bagi pelajar internasional termasuk Indonesia!

Beasiswa ini cukup populer karena dibuka setiap tahunnya dan memiliki fasilitas beasiswa full funded alias seluruh biaya kuliah kamu mulai dari transportasi, biaya kuliah, biaya riset, biaya hidup dan visa akan ditanggung secara penuh sampai kamu lulus kuliah!

Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, tapi tidak ingin terlalu jauh dari tanah air,  Brunei Darussalam sangat tepat nih sebagai negara tujuan studimu. Lingkungannya yang nyaman, dengan penduduk mayoritas islam, serta budayanya yang tak jauh berbeda dari negara kita, akan membuatmu mudah beradaptasi. Selain itu, ada banyak kesempatan bekerja di perusahaan terkemuka dengan gaji tinggi, yang akan menantimu setelah lulus kuliah nanti.

Hayo, mulai tertarik nggak nih? Yuk langsung aja simak informasi selengkapnya ya!

Baca juga: Contoh Motivation Letter Beasiswa dan Cara Membuatnya

 

Beasiswa Brunei Darussalam Government Scholarship 2022

Program beasiswa BDGS atau  Beasiswa Brunei Darussalam Government Scholarship memiliki fasilitas pembiayaan studi penerimanya  hingga lulus kuliah, baik dari biaya kuliah, hingga biaya hidup tinggal di Brunei Darussalam.

Program ditujukan pada pelajar yang akan menempuh pendidikan S1 dan S2. Universitas di Brunei Darussalam sudah umum menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris selama perkuliahan. Oleh karena itu, program gelar yang ditawarkan memberikan peluang bagi siswa internasional untuk mengakses pekerjaan masa depan secara global. 

Lingkungan ini juga memberikan kesempatan bagi siswa internasional untuk belajar bahasa Inggris selama masa studi dan kehidupan sehari-hari mereka, sehingga memudahkan mereka untuk berteman dan bersosialisasi.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Macam-Macam Beasiswa Kuliah Sebelum Memilih

 

Cakupan Beasiswa Brunei Darussalam Government Scholarship 2022

Ada beberapa fasilitas yang akan diterima bagi pelajar yang mendapatkan beasiswa BDGS 2022. Berikut rincian manfaat beasiswa:

  1. Gratis biaya kuliah termasuk biaya penerimaan masuk kuliah, biaya ujian, biaya registrasi ulang, dan orientasi selama kuliah,

  2. Tiket pesawat PP Indonesia – Brunei Darussalam kelas ekonomi saat akan mulai kuliah dan ketika sudah selesai studi,

  3. Biaya bagasi penerbangan untuk barang-barang pribadi penerima beasiswa, sebesar maksimal BND$250 ( ±Rp2.6 juta),

  4. Uang tunjangan pribadi bulanan sebesar BND$500,00 ( ±Rp5.3 juta),

  5. Uang tunjangan makan bulanan sebesar BND$150.00 ( ±Rp1.6 Juta),

  6. Uang tunjangan buku tahunan sebesar BND$150.00 ( ±Rp6.4 Juta),

  7. Akomodasi atau tempat tinggal berupa asrama universitas/ politeknik,

  8. Asuransi kesehatan komprehensif untuk seluruh durasi Beasiswa.

Baca juga: 4 Beasiswa Pemerintah yang Bisa Menyukseskan Kuliahmu

 

Pilihan Universitas Beasiswa Brunei Darussalam Government Scholarship 2022

Program beasiswa ini ditujukan hanya untuk 5 Universitas yang bisa kamu pilih sesuai dengan target studimu. Pilihan tersebut ialah:

  1. Universiti Brunei Darussalam (UBD)

    UBD atau Universiti Brunei Darussalam merupakan universitas terbaik dan terbesar di Brunei. Kamu bisa cek apa saja jurusan atau program studi yang terdapat pada kampus ini pada link berikut.

  2. Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB)

    Kampus KUPU SB  terletak di ibukota Brunei yakni Bandar Seri Begawan.Informasi terkait jurusan atau program studi yang terdapat pada kampus ini pada link berikut.

     

  3.  Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA)

    UNISSA merupakan universitas kedua yang terdapat di Brunei Darussalam. Mayoritas jurusan yang ditawarkan terkait dengan studi Islam. Daftar pilihan jurusan atau program studi yang terdapat pada kampus ini pada link berikut.

  4. Universiti Teknologi Brunei (UTB)

    UTB merupakan kampus yang terkenal dengan bidang studi berkaitan dengan ilmu sains yakni teknik, bisnis, komputer dan informatika, sains terapan , matematika, dan juga desain. Kamu bisa cek apa saja program studi yang ditawarkan serta persyaratannya pada link berikut.

  5. Politeknik Brunei (PB)

    Politeknik Brunei merupakan lembaga pendidikan tinggi vokasi yang mengutamakan pembangunan kebutuhan sumber daya manusia dengan dunia kerja. Untuk detail lengkap jurusan dan program studi yang ditawarkan serta persyaratannya, bisa kamu cek pada link berikut.

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Curriculum Vitae (CV) Kamu Lolos Seleksi Program Beasiswa

 

Syarat Penerima Beasiswa Brunei Darussalam Government Scholarship 2022

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar program Beasiswa Brunei Darussalam Government Scholarship 2022 antara lain:

  1. Pelamar beasiswa merupakan warga negara dari negara ASEAN termasuk Indonesia),

  2. Pelamar beasiswa harus berusia minimal 18-25 tahun (S1) dan maksimal 35 tahun (S2) per tanggal 31 Juli 2022,

  3. Mendapatkan rekomendasi berupa nominasi dari Kemendikbud / Dinas Pendidikan di wilayah asal pendaftar. Format berkas nominasi bisa di lihat pada formulir pendaftaran beasiswa,

  4. Bila ditetapkan sebagai penerima beasiswa, pelajar tidak diperbolehkan mendapatkan beasiswa, atau bentuk bantuan lainnya dari pihak lain tanpa persetujuan dari Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam,

  5. Penerima beasiswa sebaiknya tidak membawa anggota keluarga selama masa penerimaan beasiswa. Tidak ada tunjangan suami/istri/anak yang diberikan serta tidak ada akomodasi yang disediakan kepada pasangan maupun anak yang ikut menemani.

  6. Penerima beasiswa selama masa studi tidak diizinkan untuk melakukan pekerjaan yang dibayar atau bekerja pada perwakilan negara manapun di Brunei Darussalam.

  7. Penerima beasiswa dianjurkan segera kembali ke negara asal setelah menyelesaikan masa studi.

  8. Memenuhi persyaratan lainnya yang diminta oleh pihak universitas dan program studi yang menjadi tujuan kuliah.

  9. Memiliki kemampuan bahasa Inggris, dan mampu memenuhi syarat minimal dalam penerimaan di universitas.

Baca juga: Tips Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa

 

Cara Mendaftar Beasiswa Brunei Darussalam Government Scholarship 2022

Bagaimana cara mendaftar untuk Beasiswa Brunei Darussalam Government Scholarship? Langkah-langkah untuk mendaftar sebagai berikut:

  1. Mengunduh formulir pendaftaran beasiswa dan mengisinya dengan tepat,

  2. Formulir pendaftaran harus dilengkapi dan disahkan oleh perwakilan pemerintah Indonesia,

  3. Khusus bagi pelamar yang mendaftar ke Universiti Brunei Darussalam juga harus melengkapi pendaftaran online disini,

  4. Formulir aplikasi yang tidak lengkap tidak akan diproses oleh panitia penerimaan beasiswa,

  5. Deadline atau batas akhir pendaftaran yakni 15 Februari 2022  pukul 16.00 waktu Brunei,

  6. Pelamar beasiswa akan diminta untuk melakukan sesi wawancara dalam proses pendaftaran beasiswa,

  7. Seluruh keputusan yang dirilis pihak penyelenggara beasiswa bersifat final,

  8. Tidak ada tahapan sanggah atau komplain dari pihak manapun yang akan diproses,

  9. Hanya penerima beasiswa yang akan diberitahukan melalui email pada bulan Juni 2022.

Setelah semua berkas terkumpul, bisa dilanjutkan mendaftar secara online dengan mengirimkan berkas ke alamat email applyBDGS2022@mfa.gov.bn. Harap perhatikan juga ukuran email berkasmu untuk tidak melebihi 10 MB.

Baca juga: Rahasia Kak Iman Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

 

Dokumen Pendaftaran Beasiswa Brunei Darussalam Government Scholarship 2022

Berikut dokumen-dokumen yang harus kamu persiapkan untuk mendaftar beasiswa:

  1. Formulir Pendaftaran Beasiswa Brunei Darussalam Government Scholarship 2022,

  2. Copy atau salinan resmi ijazah/Surat Keterangan Lulus Sementara dan transkrip nilai yang telah dilegalisir dan telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris,

  3. Pasfoto ukuran paspor (4 cm × 6 cm) terbaru diletakkan pada Formulir Pendaftaran halaman awal.

  4. Esai tujuan pendaftaran atau statement of purpose (terdapat dalam formulir pendaftaran),

  5. Copy atau salinan resmi akte kelahiran dan paspor pelamar yang telah dilegalisir oleh pejabat. Dokumen tidak perlu diterjemahkan jika sudah tercantum bahasa Inggrisnya.

  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).  

  7. Copy atau salinan resmi sertifikat Tes Bahasa asing/Inggris (TOEFL/IELTS, Sejenisnya) tergantung persyaratan dari program studi yang dituju. Skor minimal TOEFL 550 / IELTS 6.0.

  8. Surat Rekomendasi dari dua pihak pemberi rekomendasi (ada dalam formulir beasiswa)

  9. Surat nominasi dari Kemendikbud / Dinas Pendidikan di wilayah asal pendaftar. Format berkas nominasi bisa di lihat pada formulir pendaftaran beasiswa,

  10. Sertifikat prestasi atau sejenisnya yang berkaitan atau relevan dengan tujuan studi. Bila sertifikat ditulis dalam bahasa Indonesia, disarankan untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Deadline pendaftaran program beasiswa S1 & S2 Brunei Darussalam Government Scholarship 2022 yakni 15 Februari 2022  pukul 16.00 waktu Brunei,

Gimana nih, tertarik? Yuk, segera siapkan berkas dan kesiapan dirimu untuk seluruh proses seleksi, karena program beasiswa ini tidak lama lagi batas pendaftarannya. Untuk informasi lebih lengkap, bisa cek link resmi dari beasiswa BDGS yang bisa kamu cek disini.

Buat kamu yang masih kuliah tahun depan atau setelahnya, bisa yuk persiapkan juga melalui belajar dengan giat di ruangbelajar! Tingkatkan nilai sekolahmu untuk memperbesar peluang diterima beasiswa kuliah!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

The government of brunei darussalam scholarship to foreign students tenable in brunei darussalam 2022/2023 academic session [Daring] tautan: http://mfa.gov.bn/Pages/bdgs/bdgs2022.aspx (diakses 24 Januari 2022)

Brunei Darussalam Government Scholarship [Daring] tautan: https://ubd.edu.bn/admission/scholarships.html (diakses 24 Januari 2022)

Leo Bisma