Beasiswa Chevening 2023/2024: Kuliah S2 Gratis di Inggris!

Beasiswa Chevening 2022

Mau kuliah gratis di Inggris? Yuk daftar Beasiswa Chevening! Simak syarat dan cara daftarnya berikut ini.

--

Hai, hai! Apakah kamu sedang mencari program beasiswa? Ada kabar baik nih buat kamu yang cita-citanya melanjutkan pendidikan di luar negeri! Dari semua beasiswa belajar di Inggris yang ditawarkan kepada mahasiswa internasional, beasiswa Chevening adalah salah satu yang paling bergengsi dan kompetitif.

Selain menawarkan gelar master yang didanai penuh, ini merupakan kesempatan unik bagi kamu sebagai generasi pemimpin di masa depan untuk mengembangkan hubungan dengan Inggris yang akan tumbuh sepanjang karir mereka.

Baca Juga: Informasi Beasiswa Dataprint 2022 untuk Pelajar SMP, SMA & Mahasiswa D3-S1

 

Apa itu Beasiswa Chevening?

Beasiswa Chevening merupakan beasiswa yang didanai oleh Kantor Luar Negeri, Persemakmuran & Pembangunan, dan organisasi mitra. Beasiswa Chevening diberikan kepada individu dengan potensi kepemimpinan menonjol dan latar belakang akademis yang kuat. Beasiswa ini menawarkan dukungan keuangan penuh untuk mengambil gelar master yang memenuhi syarat di universitas manapun di Inggris. 

Penerima beasiswa ini juga akan mendapatkan berbagai pengalaman akademik, profesional, dan budaya eksklusif. Sejak program ini dibuat pada tahun 1983, lebih dari 50.000 profesional cemerlang berkesempatan untuk belajar di Inggris melalui beasiswa Chevening. Di tahun akademik 2021-2022, ada lebih dari 1.500 beasiswa yang ditawarkan secara global, menunjukkan komitmen berkelanjutan Inggris untuk mengembangkan pemimpin masa depan.

 

Persyaratan Mendaftar Beasiswa Beasiswa Chevening 

Semua pelamar yang mendaftar beasiswa Chevening akan menjalani proses seleksi yang ketat. Nah, pelamar yang paling memenuhi syarat akan dipilih sendiri oleh kedutaan Inggris dan komisi tinggi di seluruh dunia. 

Kamu bisa mengajukan Beasiswa Chevening dengan memilih negara Anda dari daftar yang tersedia di www.chevening.org/apply. Aplikasi yang terkirim akan dinilai berdasarkan kriteria kelayakan Chevening. Aplikasi yang dianggap memenuhi syarat akan dinilai oleh komite independen, yang akan membuat daftar pelamar.

Untuk lolos seleksi Beasiswa Chevening, kamu diwajibkan memenuhi beberapa syarat berikut ini:

  1. Menjadi warga negara dari negara atau wilayah yang memenuhi syarat Chevening.
  2. Bersedia kembali ke negara asal minimal dua tahun setelah beasiswa berakhir.
  3. Telah menyelesaikan gelar sarjana (S1) dan memiliki IP 3.5 atau 3.0.
  4. Memiliki setidaknya dua tahun (setara dengan 2.800 jam) pengalaman kerja.
  5. Pelamar mendaftar ke tiga program studi berbeda di universitas Inggris serta mendapatkan LoA Unconditional dari salah satu pilihan paling lambat 13 Juli 2023.

Jika kamu memenuhi syarat tersebut, tahap selanjutnya kamu akan diundang untuk mengirimkan referensi dan menghadiri wawancara dengan kedutaan Inggris atau komisi tinggi di negara tempat kamu melamar. 

Wawancara akan dilakukan secara tatap muka menggunakan bahasa Inggris oleh panelis. Nah, panelis ini  merupakan seseorang yang akan mengajukan pertanyaan mengenai tujuan pribadi dan tujuan akademis serta hubungannya dengan beasiswa Chevening akan terima jika kamu mendapatkanya. 

 

Fasilitas Beasiswa

Sebagai beasiswa yang didanai penuh, kamu akan menerima biaya kuliah atau program, biaya hidup, dan penerbangan pulang pergi ke Inggris. Selain mendapat beberapa pengenalan kehidupan di tingkat global, kamu juga akan mendapatkan akses ke acara jejaring eksklusif, lokakarya, diskusi, magang, dan peluang menjadi sukarelawan.

 

Jadwal pendaftaran beasiswa Chevening

Berikut ini jadwal beasiswa Chevening 2023/2024: 

  1. Pendaftaran: 2 Agustus-1 November 2022. 
  2. Seleksi administrasi kandidat yang akan diwawancara: 2 November 2022-Februari 2023. 
  3. Batas akhir penyerahan dokumen pendukung: Februari-April 2023. 
  4. Wawancara: 27 Februari-28 April 2023. 
  5. Pengumuman: Juni 2023.
  6. Batas penawaran beasiswa: 13 Juli 2023. 
  7. Perkuliahan dimulai: September/Oktober 2023. 

 

Kamu bisa segera melamar beasiswa Chevening ini jika sudah memenuhi persyaratan. Pendaftaran akan ditutup pada 1 November 2022. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman https://www.chevening.org/. Pelamar yang berhasil akan diumumkan pada Juni 2022 dan kuliah studi di Inggris pada bulan September/Oktober 2022.

--

Ayo, tunggu apa lagi? Segera lengkapi syaratnya dan lakukan pendaftaran Beasiswa Chevening. Selagi mendaftar, kamu bisa lho belajar giat dengan bantuan tentor di Ruangguru Privat. Raih prestasi mudah bersama Ruangguru.

New call-to-action

Profile

Nurul Hidayah

Foodie's girl who loves to write and share about anything~