Yuk, Daftar Beasiswa Goh Keng Swee (GKS) 2022, Gratis Kuliah di Singapura!

Beasiswa Dr. Goh Keng Swee Scholarship

Ada Dr. Goh Keng Swee Scholarship 2022! Program beasiswa jenjang S1 di Singapura, pendaftaran sampai 31 Maret 2022.

--

Singapura menawarkan berbagai program beasiswa bagi siapapun, termasuk Dr. Goh Keng Swee Scholarship. Kini, program tersebut dibuka lagi tahun ini untuk pelajar yang hendak melanjutkan ke jenjang Sarjana (S1). Ingin tahu seperti apa program beasiswa Dr. Goh Keng Swee Scholarship 2022 ini? Keep scrolling!

Program Dr. Goh Keng Swee Scholarship disebut juga dengan beasiswa GKS. Beasiswa ini berasal dari sektor swasta Singapura yang dikelola oleh Association of Banks in Singapore (ABS). Setiap tahun, 3 hingga 4 siswa berprestasi akan terpilih untuk mendapatkan bantuan pendidikan ini. Siswa tersebut dipilih dari negara-negara di Asia Pasifik, seperti Brunei, Kamboja, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, China, Taiwan, Vietnam, Thailand, Laos, dan Myanmar.

Melansir dari laman resmi Dr. Goh Keng Swee Scholarship, siswa yang terpilih bisa melanjutkan studi Sarjana di universitas lokal di Singapura, yaitu National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).

 

Keuntungan Beasiswa Dr. Goh Keng Swee 2022

Para siswa diwajibkan menyelesaikan studi Sarjana (S1) dalam waktu empat tahun. Adapun beasiswa ini akan menyediakan:

  • Biaya kuliah dan biaya wajib lainnya.

  • Tiket pesawat ke Singapura dan kembali ke negara asal setelah menyelesaikan studi.

  • Tunjangan tahunan sebesar 6500 dolar Singapura (senilai Rp68,380 juta).

  • Tunjangan asrama berdasarkan institusi studi.

  • Tunjangan menetap yang dibayarkan satu kali sebesar 200 dolar Singapura (senilai Rp2,1 juta).

Meski demikian, pemberian beasiswa ini akan ditinjau setiap tahun, disesuaikan dengan kinerja dan hasil akademik siswa penerima.

Jika sudah dinyatakan lulus, penerima beasiswa akan diminta untuk bekerja selama tiga tahun pada perusahaan yang disetujui di Singapura, atau perusahaan yang berbasis di Singapura yang disetujui oleh negara asal siswa. 

 

Syarat Daftar Beasiswa Dr. Goh Keng Swee 2022

  1. Para siswa merupakan warga negara/pemegang paspor dari negara di Asia Pasifik, seperti Brunei, Kamboja, Hong Kong SAR, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, RRC, Taiwan, Vietnam, Thailand, Laos dan Myanmar. 

  2. Warga negara Singapura tidak memenuhi syarat untuk mengajukan beasiswa GKS.

  3. Memenuhi syarat penerimaan universitas yang dipilih, termasuk ujian masuk universitas yang diinginkan.

  4. Mendaftar di salah satu perguruan tinggi Singapura, yaitu NUS, NTU, SMU atau SUTD. 

  5. Pelamar harus mematuhi tenggat waktu dan pedoman penerimaan universitas.

  6. Menunjukkan kualitas kepemimpinan dan memiliki prestasi akademik dan kegiatan ko-kurikuler (CCA) yang baik.

  7. Telah mengikuti SAT atau membuat jadwal untuk mengikuti SAT. Adapun SAT adalah tes standar yang dikelola oleh Dewan Perguruan Tinggi berupa tes membaca, menulis esai, matematika, dan bahasa. Meski demikian, SAT adalah opsional bagi mereka yang memiliki penempatan yang dikonfirmasi di NUS, NTU, SMU atau SUTD. Hasil harus diserahkan paling lambat 31 Maret 2022.

Menarik bukan? Kamu dapat melamar permohonan beasiswa Dr. Goh Keng Swee ini paling lambat pada 31 Maret 2022 pukul 23.59 waktu Singapura (UTC+08:00). Untuk mengirimkan lamaran tersebut, kamu dapat akses laman https://www.pscgateway.gov.sg/app/gks/account/uidsignin.

Jika terpilih, siswa akan lanjut ke jenjang selanjutnya, yaitu tes profil kepribadian secara online pada April 2022. Ada juga tes wawancara akhir yang dijadwalkan pada akhir Mei/Juni 2022.

Jika ada pertanyaan, kamu dapat merujuk ke FAQ di laman Dr. Goh Keng Swee Scholarship di https://abs.org.sg/dr-goh-keng-swee-scholarship atau kirimkan pertanyaan melalui email di GKS_Scholarships@abs.org.sg.

Demikian informasi soal beasiswa S1 di Singapura melalui program Dr. Goh Keng Swee Scholarship 2022. Semoga beruntung! Yuk, tingkatkan terus prestasimu dan belajar dengan giat dengan materi belajar berkualitas dan interaktif di ruangbelajar.

New call-to-action

Profile

Dinda Silviana Dewi