Beasiswa GSEP Kuliah S1 di Jepang, Tanpa Syarat Kemampuan Bahasa Jepang!

Sofia Nur Fauziah Jul 29, 2021 • 5 min read


PK_-_Info_Beasiswa_Global_Scientists_and_Engineers_Program_(GSEP)_2022-01

Mau kuliah di Jepang dengan beasiswa? Simak informasi Global Scientists and Engineers Program (GSEP) 2022 berikut ini. 

---

Berlibur atau tinggal di Jepang? Hmm siapa yang tidak mau ‘kan ya. Sebagai negara maju di sektor ekonomi, Jepang juga memiliki keunggulan di berbagai sektor lain yang tentunya membuat banyak orang tertarik. Sektor pendidikan yang merupakan salah satu keunggulan Jepang juga tidak kalah menarik perhatian pelajar internasional.

Bagi kamu yang saat ini juga punya impian untuk bisa menempuh pendidikan di Jepang, ada beasiswa nih dari Tokyo Institute of Technology. Kali ini, beasiswa diberikan untuk mendapatkan gelar Bachelor of Engineering. Yups, nama programnya adalah Global Scientist and Engineers Program (GSEP) 2022

Beasiswa ini terbagi menjadi beasiswa penuh yang dibiayai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi (MEXT) dan beasiswa dengan biaya pribadi. Nah, untuk mengetahui cakupan dan persyaratan GSEP, langsung saja yuk simak informasi lebih detailnya berikut ini. 

Cakupan Beasiswa Penuh:

  1. Biaya kuliah selama 4 tahun.
  2. Biaya pendaftaran.
  3. Biaya penerimaan.

Persyaratan Peserta Beasiswa:

  1. Peserta bukan warga negara Jepang.
  2. Peserta harus berasal dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Jepang.
  3. Peserta lahir pada 2 April 1997 atau setelahnya.
  4. Peserta dari luar negeri harus sudah atau akan menyelesaikan 12 tahun pendidikan di sekolah reguler. Atau lulus dari sekolah yang setara dengan Japanese High School sebelum tiba di Jepang. 
  5. Peserta yang diterima harus tiba di Jepang antara 1 April dan 7 April 2022 yang ditunjuk oleh MEXT.
  6. Peserta yang diterima harus mendapatkan Visa Mahasiswa (ryugaku) sebelum tiba di Jepang. Peserta yang merubah jenis visa selain Visa Mahasiswa saat tiba di Jepang tidak akan diterima sebagai penerima beasiswa MEXT sejak tanggal visa tersebut diubah.
  7. Peserta yang termasuk kedalam kondisi berikut, tidak memenuhi syarat untuk menerima beasiswa MEXT (apabila peserta terdeteksi termasuk kedalam kondisi berikut setelah dinyatakan lolos seleksi, maka peserta harus mengundurkan diri sebagai penerima beasiswa):
  • Peserta dari keluarga militer atau Pegawai Negeri Sipil di saat tiba di Jepang atau selama menjadi penerima beasiswa.
  • Peserta yang tidak dapat tiba di Jepang pada periode yang sudah ditentukan oleh MEXT.
  • Peserta yang menerima Japanese Government (MEXT) Scholarship.
  • Peserta yang mendaftar pada program lain dimana beasiswa akan diberikan oleh Japanese Government (MEXT).
  • Peserta yang terdaftar di universitas Jepang dengan Visa Mahasiswa (ryugaku), atau yang terdaftar atau dijadwalkan untuk terdaftar di universitas Jepang sebagai siswa internasional yang dibiayai secara pribadi sejak awal pemberian beasiswa ini. Namun, ini tidak berlaku untuk mahasiswa internasional yang saat ini membiayai sendiri kuliahnya di universitas Jepang dan akan menyelesaikan studi, serta kembali ke negaranya sebelum akhir Maret 2022. 
  • Peserta yang berencana untuk menerima beasiswa dari sebuah organisasi selain dari Japanese Government (seperti organisasi pemerintah di negara peserta) setelah periode beasiswa MEXT dimulai.
  • Peserta yang akan lulus tapi tidak dapat memenuhi persyaratan akademik yang dipersyaratkan.
  • Peserta yang sudah merencanakan, pada saat waktu pendaftaran, untuk melakukan kegiatan penelitian di luar Jepang (seperti magang, bekerja lapang, dll) atau mengambil absen jangka panjang.

Persyaratan Peserta Beasiswa (Privately Funded):

  1. Peserta bukan merupakan warga negara jepang dan sedang dalam proses untuk mendapatkan Visa Mahasiswa (ryugaku) atau berniat untuk mendapatkannya pada saat pendaftaran.
  2. Peserta setidaknya berusia 18 tahun pada 31 Maret 2022. Apabila peserta telah menyelesaikan 12 tahun pendidikan di sekolah reguler atau telah lulus dari sekolah yang setara dengan SMA yang setara dengan standar pendidikan Jepang pada 31 Maret 2022, mereka boleh mendaftar beasiswa ini meskipun usianya masih dibawah 18 tahun).
  3. Peserta harus sudah menyelesaikan 12 tahun pendidikan di sekolah reguler di luar Jepang pada Maret 2022 (tidak termasuk program yang berlokasi di luar Jepang yang telah diakui oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sebagai program yang setara dengan sekolah menengah Jepang).
  4. Peserta yang telah lulus ujian untuk program GSEP tidak dapat mengajukan ujian masuk tambahan di Tokyo Tech. Pengecualian dapat dilakukan jika surat penarikan yang diajukan oleh pemohon program GSEP disetujui oleh Tokyo Tech. 

tokyo institute of technology

Tokyo Institute of Technology (Sumber: https://ifrf.net)

Jadi kamu mau mendaftar beasiswa yang dibiayai oleh MEXT Scholarship atau privately funded, nih? Sebelum memilih, pastikan kamu sudah membaca semua persyaratan yang dibutuhkan ya. Jangan sampai karena buru-buru, eh kamu malah salah pilih. Tenang, pendaftarannya juga belum dibuka kok. Periode pendaftaran program ini adalah 16 Agustus - 3 September 2021. 

Oh iya, kuota peserta yang dipilih untuk mendapatkan MEXT Scholarship adalah 8 orang dan untuk privately funded maksimal diberikan untuk 10 orang. Kamu bisa membaca persyaratan dan berkas dokumen yang dibutuhkan selengkapnya di link ini.

Informasi dan Kontak:

Facebook: Tokyo Institute of Technology

Twitter: @tokyotech_en

Youtube: Tokyo Tech

Tel (switchboard): +81-3-3726-1111

Kamu tertarik dengan program ini tapi terkendala kemampuan bahasa Jepang? Kabar baiknya, GSEP tidak mensyaratkan kemampuan bahasa Jepang untuk pesertanya. Seluruh kegiatan perkuliahan untuk program ini akan menggunakan bahasa Inggris. So, persiapkan diri untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu yuk di English Academy
New call-to-action

Profile

Sofia Nur Fauziah

Beri Komentar