Beasiswa 2021: Kursus Bahasa Mandarin Dari Nol Gratis di Taiwan, Dapat Tunjangan Per Bulan!

Sofia Nur Fauziah Mar 24, 2021 • 5 min read


Pojok_Kampus_-Beasiswa Huayu Enrichment

Mau belajar bahasa Mandarin langsung di Taiwan secara gratis? Yuk simak informasi Huayu Enrichment Scholarship 2021 berikut ini. 

---

Siapa yang sekarang lagi belajar bahasa asing? Tidak dipungkiri, kemampuan berbahasa asing memang semakin dibutuhkan ya. Mungkin, sebagian dari kamu banyak yang sudah menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Tapi, tau nggak sih kalau saat ini bahasa Mandarin juga semakin diminati banyak orang di dunia. Kira-kira kenapa ya?

Ternyata perkembangan ekonomi Tiongkok sangat berpengaruh terhadap perekonomian dunia. Bahkan, saat ini semakin banyak perusahaan dari berbagai negara di dunia yang menjalin hubungan dengan dengan Tiongkok. Oleh sebab itu, memiliki kemampuan bahasa Mandarin menjadi sangat penting. Wah, tidak heran ya sekarang banyak sekali lembaga yang menyelenggarakan kursus bahasa Mandarin mulai dari dasar sampai tingkat yang lebih lanjut. 

Nah bagi kamu yang saat ini memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar bahasa Mandarin, lebih baik mendaftar Huayu Enrichment Scholarship (HES) 2021. Beasiswa ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan Taiwan untuk peserta dari berbagai negara yang ingin belajar bahasa Mandarin. Peserta yang lulus seleksi akan belajar bahasa Mandarin di pusat bahasa Mandarin terakreditasi di universitas atau perguruan tinggi di Taiwan. 

Wah, ini sih menggiurkan sekali ya. Yuk, simak informasi selengkapnya mengenai cakupan, persyaratan, dan berkas dokumen yang dibutuhkan berikut ini. 

Cakupan Beasiswa:

  1. Tunjangan bulanan sebesar NT$25.000 (Rp12.400.000).
  2. Durasi beasiswa 6 bulan.
  3. Periode penerimaan beasiswa 1 September 2021 - 31 Agustus 2021.

Persyaratan Peserta Beasiswa:

  1. Berusia 18 tahun atau lebih.
  2. Lulusan SMA atau diatasnya.
  3. Memiliki prestasi akademik dan moral yang baik.
  4. Bukan merupakan warga negara Taiwan atau pemilik Overseas Chinese Student.
  5. Bukan pelajar di pusat pembelajaran bahasa Mandarin, dan tidak pernah menjadi pelajar di perguruan tinggi Taiwan.
  6. Tidak pernah menerima beasiswa HES maupun beasiswa MoE Taiwan.
  7. Sewaktu belajar di Taiwan, peserta bukan merupakan mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar atau double degree yang merupakan program kerjasama antar universitas.
  8. Bukan merupakan penerima subsidi/beasiswa lainnya yang diberikan oleh lembaga pemerintah Taiwan atau institusi pendidikan lainnya di Taiwan.

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan :

  1. Formulir pendaftaran beasiswa HES.
  2. Fotokopi paspor & kartu keluarga.
  3. Fotokopi ijazah & transkrip nilai pendidikan terakhir (harus dalam bahasa Inggris atau Mandarin).
  4. Fotokopi bukti telah mendaftar ke Language Center di Taiwan.
  5. Dua surat rekomendasi yang telah ditandatangani dan tersegel rapat dalam amplop (contoh : oleh Kepala Sekolah, Rektor, Dekan, Profesor atau Supervisor)

Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotokopi TIDAK BERLAKU.

Catatan:

  1. Formulir pendaftaran, peraturan detail & paling resmi tentang Beasiswa HES bisa didapatkan di website Divisi Pendidikan TETO.
  2. Bagi kamu yang berminat mendaftar, diharapkan terlebih dahulu membaca Guideline Beasiswa HES.
  3. Selain mengirimkan dokumen fisik persyaratan, kamu juga wajib mengisi formulir online di link bit.ly/daftarHES2021.
  4. TETO akan mengirimkan pengumuman beasiswa secara individu kepada masing-masing penerima beasiswa via email sebelum tanggal 11 Juni 2021.

penerima beasiswa enrichment taiwanHuayu Enrichment Scholarship 2014 Awardee from Indonesia

(Sumber: english.moe.gov.tw)

Program Huayu Enrichment Scholarship 2021 akan berlangsung dari bulan September 2021 hingga Agustus 2022. Apabila kamu dinyatakan lulus seleksi dan berhalangan untuk datang ke Taiwan, maka beasiswa otomatis akan hangus dan akan di blacklist dari daftar penerima selama kurun waktu yang telah ditentukan. Nah, maka dari itu program ini memang hanya ditujukan untuk peserta yang memiliki motivasi tinggi. Kalau hanya coba-coba saja, lebih baik kesempatan tersebut diberikan kepada peserta yang lebih membutuhkan. 

Pendaftaran beasiswa ini akan ditutup pada 31 Maret 2021. Apabila sudah yakin, kamu bisa langsung mendaftar beasiswa melalui Formulir Pendaftaran Huayu Enrichment Scholarship. Oh iya, di Indonesia Huayu Enrichment Scholarship dikelola oleh Taipei Economic and Trade Office (TETO) yang berkedudukan di Jakarta. Jadi prosedur pendaftarannya juga disesuaikan dengan aturan TETO Indonesia. 

Dalam hal ini, pengiriman berkas dokumen dilakukan secara online dan offline. Apabila kamu hanya mengirimkan berkas dokumen secara offline ke TETO Indonesia tapi tidak mengisi formulir online, maka peserta akan gagal dalam pendaftaran. Informasi mengenai Huayu Enrichment Scholarship untuk Indonesia dapat kamu lihat di http://studiditaiwan.blogspot.com/2021/02/2021-huayu-enrichment-scholarship.html.

Informasi dan Kontak:

Email: edutwindonesia@gmail.com

Website: http://studiditaiwan.blogspot.com

Alamat: 

Kantor Taipei Economic and Trade Office

Gedung Artha Graha lt.17,

Jl. Jend Sudirman kav 52-53, SCBD, Jakarta 12190

Jadi, bahasa asing dari negara mana saja nih yang rencana ingin kamu kuasai? “Duh, ngomong bahasa Indonesia aja masih suka belepotan. Gimana mau belajar bahasa asing?”. Yah, masa belum dicoba udah pesimis duluan. Itu sih namanya kalah sebelum berperang dong. Lalu, sebaiknya belajar bahasa asing negara mana dulu ya?   

Nah, kalau ini kembali lagi ya ke kebutuhanmu ya. Kalau masih bingung, mungkin bisa dimulai dari bahasa Inggris. Saat ini, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan kurikulum internasional dan Master Teacher yang merupakan native speaker di English Academy

New call-to-action

Beri Komentar