Beasiswa K-Arts Segera Dibuka, Dapatkan Kesempatan Kuliah dengan Beasiswa Penuh di Korea Selatan!

Sofia Nur Fauziah Mei 19, 2021 • 9 min read


Pojok_Kampus_-_Beasiswa_Art_Major_Asian_Plus_Scholarship_(AMA+)-01

Kamu punya impian untuk kuliah di Korea Selatan? Yuk, wujudkan dengan Art Major Asian plus Scholarship. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

--- 

Setelah libur lebaran, kamu sudah kembali beraktivitas normal belum? Kalau sudah, jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan dalam beraktivitas baik di dalam maupun luar ruangan ya. Bagi kamu pelajar SMA/Sederajat yang baru saja lulus, pasti saat ini sedang disibukkan dengan persiapan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ‘kan? Ada nggak sih yang berencana untuk kuliah di luar negeri? Nih, ada beasiswa kuliah di Korea Selatan untuk kamu!

Beasiswa yang dikenal dengan nama Art Major Asian Plus Scholarship (AMA+) ini diselenggarakan oleh Korea National University of Arts (K’ARTS) untuk pelajar dari negara terdaftar yang memiliki minat dan bakat di bidang seni. Beasiswa ini bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia agar nantinya kamu bisa menjadi seniman yang dapat mendukung promosi karya dan pendidikan seni di negara-negara berkembang. 

 

Gedung Korea University of Arts

Korea National University of Arts (Sumber: facebook.com)

Kalau berhasil lolos seleksi, kamu bisa mendapatkan beasiswa penuh lho untuk kuliah di Korea National University of Arts. Wah, ini sih angin segar ya bagi kamu yang memiliki minat dan bakat di bidang seni. Jangan sia-siakan kesempatan ini ya. Yuk, simak informasi detail mengenai pendaftaran Art Major Asian Plus Scholarship berikut ini. 

Cakupan Beasiswa:

  1. Tiket pesawat kelas ekonomi dari dan ke Korea Selatan untuk keberangkatan dan kelulusan.
  2. Tunjangan bulanan sebesar 800.000 KRW (Rp10.134.811) per bulan.
  3. Pelatihan bahasa Korea intensif selama 4 bulan sebelum masuk.
  4. Bantuan penuh biaya kuliah (hanya semester reguler).
  5. Asuransi kesehatan: cakupan terbatas.

Persyaratan Peserta Beasiswa:

  1. Warga negara yang termasuk ke dalam low and middle income countries dari OECD DAC (Development Assistance Committee). List-nya dapat dilihat disini. Indonesia termasuk ke dalam low income country

  2. Peserta telah menyelesaikan atau diharapkan telah menyelesaikan pendidikan pada jenjang SMA/Sederajat atau program sarjana sebelum masuk ke K’ARTS:

    - Peserta yang ingin mendaftar untuk program Sarjana harus memiliki ijazah SMA/Sederajat.

    - Peserta dari negara yang kurang dari 12 tahun masa sekolah akan dipertimbangkan eligibility-nya apabila mengikuti program pendidikan yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Korea setara dengan lulusan SMA/Sederajat.

    - Peserta yang mendaftar untuk program Master harus memiliki ijazah yang setara atau lebih tinggi dari S1.

    - Peserta yang berencana akan lulus pada 28 Februari 2022 harus mengirimkan ijazah/sertifikat dari harapan lulus saat mendaftar, dan mengirimkan ijazah resmi bergelar ke K’ARTS tidak lebih dari 28 Februari 2022.

    - Peserta yang berencana lulus pada 28 Februari 2022 perlu membuktikan bahwa mereka mengikuti pengecualian untuk pelatihan bahasa Korea dengan memegang TOPIK level 6.

    - Jika tidak, penerima beasiswa harus mengikuti pelatihan bahasa Korea mulai November 2021.

  3. Peserta perlu memenuhi persyaratan keahlian bahasa Korea yang sudah ditetapkan setiap departemen. 

    -  Skor TOPIK yang valid diperlukan, tapi apabila tidak memungkinkan untuk mengirimkan, peserta boleh menggunakan sertifikat yang setara seperti yang dikeluarkan oleh King Sejong Institute atau lembaga bahasa Korea yang dijalankan oleh universitas di Korea dengan masa berlaku 2 tahun.

    - Pelamar yang lulus seleksi dokumen tanpa nilai TOPIK yang valid akan mengikuti Tes Bahasa Korea yang diselenggarakan oleh K’ARTS, namun hasilnya hanya akan disebut sebagai materi pelengkap dan tidak akan menggantikan skor TOPIK. 

  4. Peserta harus memenuhi syarat keterampilan dan bakat yang dibutuhkan melalui pengajuan portofolio yang disyaratkan oleh masing-masing jurusan, kecuali tertulis “portfolio not required”.

  5. Peserta terakhir yang telah diterima di K’ARTS dijadwalkan untuk tiba di Korea dan mengikuti pelatihan bahasa Korea sebelum bergabung dengan program belajar, kecuali sudah memegang TOPIK level 6. 

  6. Semua penerima beasiswa diharapkan memasuki Korea pada akhir Oktober 2021 sementara pemegang TOPIK level 6 dapat dibebaskan untuk bergabung pelatihan bahasa.

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan:

  1. Application.
  2. Personal statement
  3. Rencana belajar.
  4. Hasil tes kesehatan.
  5. 3 surat rekomendasi yang ditandatangani dalam waktu 6 bulan sejak tanggal pengiriman. Rekomendasi diberikan oleh instansi pemerintah khususnya lembaga ODA dan/ atau Kedutaan Besar Korea, perwakilan lembaga pendidikan/ budaya umum dapat memperoleh poin tambahan.
  6. Letter of Consent (Release of Information Form).
  7. Ijazah SMA resmi (sertifikat kelulusan) dan sertifikat kelulusan dari sekolah/universitas yang sebelumnya terdaftar yang diterjemahkan dan diaktakan baik oleh Korean Consular atau sudah dilegalisasi. 
  8. Transkrip nilai akademik sekolah/universitas yang sudah diterjemahkan dan diaktakan. 
  9. Salinan dari paspor.
  10. Salinan asli untuk bukti kemahiran bahasa.
  11. Portofolio.
  12. Surat keterangan pengalaman kerja, award dan/ atau penghargaan lain.

Timeline Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa:

Tanggal

Keterangan

Maret 2021

2022 Application Guideline Available

25 Mei-10 Juni 2021

Pendaftaran Online

1 Juli 2021

Korean Language Test Schedule & Information Release

12-14 Juli 2021

Korean Language Test

Agustus 2021

Department Review & Interview (opsional)

1 September 2021

Notification of Final Grantees

September 2021

Pengiriman Berkas Dokumen setiap peserta melalui pos

30-31 Oktober 2021

Kedatangan ke Korea

November 2021-Februari 2022

Pre-Entry Korean Language Training

 

kegiatan mahasiswa korean university of arts

Kegiatan di Korea National University of Arts (K’ARTS) (Sumber: www.facebook.com)

 

Kamu cocok dengan eligibility AMA+? Eits, sebelum mendaftar baca dulu dengan teliti 2022 AMA+ Application Guideline and Forms ya. Formulir pendaftaran dengan format dokumen dapat kamu unduh disini

Lalu, link pendaftarannya mana? Tenang, pendaftaran AMA+ baru akan dibuka pada 25 Mei 2021 pukul 10.00 waktu Korea. Lebih baik sekarang kamu persiapkan terlebih dahulu semua dokumen persyaratan beasiswa ini, karena cukup banyak yang harus diurus dengan pihak ketiga. 

Informasi dan Kontak External Affairs Division (AMA+ Admissions) :

Email: ama@karts.ac.kr

Telepon: (+82) 2-746-9076

Fax: (+82) 2-746-9069

Website: http://www.karts.ac.kr/en/karts/ama.do

Instagram: @karts.global

Twitter: @Karts_Global

Facebook: @KartsPR

Menurut artikel yang ditulis oleh MBC Times, Korea Selatan termasuk ke dalam “20 Best Education System In The World”. Wajar saja ya, apabila persaingan untuk mendapatkan beasiswa ke Korea Selatan selalu ketat. Konon katanya, kalau sudah kuliah disana kamu akan terpacu untuk terus belajar karena semua mahasiswanya ambisius. 

So, kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa di Korea Selatan? Sebelum itu, kamu bisa banget lho untuk meniru cara belajar mahasiswa disana. Yuk, tingkatkan kemampuan akademismu dengan ruangbelajar.  

New call-to-action

Profile

Sofia Nur Fauziah

Beri Komentar