Info Beasiswa LPDP 2023: Jadwal, Syarat & Tahapan Seleksinya

beasiswa LPDP

Mau daftar beasiswa LPDP? Simak informasi lengkapnya seputar pengertian, jadwal, persyaratan, kategori, cara daftar, keunggulan, hingga tips suksesnya di sini.

Bagi kamu pejuang beasiswa, pasti sudah nggak asing lagi dengan beasiswa LPDP. Beasiswa yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini memang selalu menjadi favorit para calon mahasiswa jenjang S2 dan S3. Jika kamu tertarik, segera persiapkan berkas dan syarat pendaftaran, jadwal seleksi, hingga tips lolos beasiswa LPDP untuk tahun ini.

 

Apa Itu Beasiswa LPDP?

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah program pembiayaan perguruan tinggi bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang dikelola oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Beasiswa ini memberikan bantuan berupa biaya kuliah dan biaya tempat tinggal demi menunjang kelancaran studi di berbagai universitas di luar negeri. Beasiswa LPDP tersedia untuk para lulusan D4/S1 yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di luar atau di dalam negeri.

Pendaftaran beasiswa LPDP biasanya dibuka dua kali dalam satu tahun dengan beragam jenis beasiswa yang bisa dipilih oleh calon pendaftar.

 

Kategori Beasiswa LPDP

Melansir dari laman lpdp.kemenkeu.go.id, ada tiga kategori beasiswa LPDP yang dapat diikuti. Berikut adalah daftar dan skemanya untuk masing-masing kategori:

1. General Scholarship  

  • Beasiswa Reguler
  • Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD)
  • Beasiswa Co-funding

2. Targeted Scholarship 

  • Beasiswa PNS, TNI, dan Polri
  • Beasiswa Kewirausahaan

3. Affirmative Scholarship 

  • Beasiswa Penyandang Disabilitas
  • Beasiswa Putra Putri Papua
  • Beasiswa Pra Sejahtera
  • Beasiswa Daerah Afirmasi

Baca Juga: Awali Persiapan Seleksi Beasiswa LPDP mu dengan Membaca Ini!

 

Jadwal Seleksi Beasiswa LPDP 2023

Bagi kamu yang tertarik mendaftar, hendaknya memperhatikan jadwal seleksi pendaftaran beasiswa LPDP untuk tahun 2023 ini. Adapun proses seleksi meliputi seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi, dengan timeline berikut ini.

 

Jadwal Seleksi Tahap 1

  1. Pendaftaran Beasiswa: 25 Januari – 25 Februari 2023 
  2. Seleksi Administrasi: 27 Februari – 11 Maret 2023
  3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 14 Maret 2023
  4. Seleksi Bakat Skolastik: 27-29 Maret 2023
  5. Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik: 5 April 2023
  6. Seleksi Substansi: 10-15 April dan 2-31 Mei 2023
  7. Pengumuman LPDP Hasil Seleksi Substansi: 8 Juni 2023

 

Jadwal Seleksi Tahap 2

    1. Pendaftaran Beasiswa: 9 Juni – 9 Juli 2023
    2. Seleksi Administrasi: 10-23 Juli 2023
    3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 27 Juli 2023
    4. Seleksi Bakat Skolastik: 7-9 Agustus 2023
    5. Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik: 16 Agustus 2023
    6. Seleksi Substansi: 4 September – 27 Oktober 2023
    7. Pengumuman LPDP Hasil Seleksi Substansi: 7 November 2023

Baca Juga: Jangan Lakukan 10 Kesalahan Ini Kalau Tidak Ingin Gagal Beasiswa LPDP

 

Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP

Adapun syarat pendaftaran beasiswa LPDP, yaitu sebagai berikut.

  1. WNI
  2. Sudah menyelesaikan studi D4/S1 untuk beasiswa S2, sudah menyelesaikan studi S2 untuk jenjang S3, serta sudah lulus D4/S1 langsung doktor.
  3. Dari perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi BAN-PT, perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek atau Kedutaan Besar RI di negara asal universitas.
  4. Tidak sedang menempuh pendidikan program magister atau doktoral di perguruan tinggi dalam negeri/luar negeri.
  5. WNI yang sudah menyelesaikan S2 tidak boleh mendaftar beasiswa magister. Demikian juga WNI yang sudah menyelesaikan studi S3 tidak boleh mendaftar jenjang doktor.
  6. Menyertakan surat rekomendasi dari akademisi untuk yang belum bekerja, sedangkan yang sudah bekerja bisa melampirkan surat rekomendasi dari atasan.
  7. Memilih universitas dan prodi sesuai ketentuan LPDP.
  8. Beasiswa hanya untuk kelas reguler, bukan kelas eksekutif, khusus, karyawan, jarak jauh, kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk, kelas internasional khusus tujuan dalam negeri, kelas yang diselenggarakan lebih dari satu negara perguruan tinggi, atau kelas lain yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP.
  9. Melengkapi profil pendaftaran.
  10. Menulis personal statement, tidak ada ketentuan khusus.
  11. Menuliskan komitmen untuk kembali ke Indonesia dan rencana kontribusinya di Indonesia setelah menyelesaikan studi.
  1. Menuliskan proposal penelitian untuk pendaftar jenjang doktor.
  2. Bersedia menandatangani surat pernyataan.
  3. Pendaftar jenjang S2 maksimal berusia 35 tahun, sedangkan jenjang S3 maksimal 40 tahun.
  4. IPK pendaftar S2 minimal 3,00 dilengkapi transkrip asli atau yang sudah dilegalisir, sedangkan untuk pendaftar S3 minimal 3,25. Khusus pendaftar program Doktor dari program Magister tanpa IPK, maka wajib melampirkan surat keterangan dari kampus asal.
  5. Lulusan luar negeri wajib memberikan hasil konversi IPK yang bisa dikonversi melalui https://www.scholaro.com/gpa-calculator/ dan diberikan bersamaan dengan transkrip.
  6. Menyertakan bukti kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS, PTE, atau IELTS dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Pendaftar program Magister (S2) dalam negeri harus memiliki skor kemampuan bahasa Inggris minimal TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, dan  PTE Academic 50 atau IELTS 6.0
    • Pendaftar program Magister (S2) luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris antara lain TOEFL iBT 80, PTE Academic 58, atau IELTS 6.5
    • Pendaftar program Doktor (S3) dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 530, TOEFL iBT 70, PTE Academic 50, atau IELTS 6.0
    • Pendaftar program Doktor (S3) luar negeri skor minimal TOEFL iBT 94, PTE Academic 65, atau IELTS 7.0. Sertifikat TOEFL ITP harus dari lembaga resmi penyedia di Indonesia.
  1. Memberikan surat keterangan menunda memulai studi dari kampus tujuan untuk pendaftar yang waktu mulai studi dalam LoA Unconditional-nya tidak sesuai ketentuan LPDP.

 

Cara Daftar Beasiswa LPDP

Untuk melakukan pendaftaran beasiswa LPDP ini, cara yang dapat diikuti antara lain sebagai berikut.

  1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/  
  2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.
  3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.
  4. Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan atau yang sejenis dibuat/diterbitkan pada tahun 2023 (informasi detail terkait dokumen dapat dilihat pada booklet atau buku panduan masing-masing program).

Baca Juga: Contoh Motivation Letter Beasiswa dan Cara Membuatnya

 

Keunggulan Beasiswa LPDP

Apa aja sih keunggulan atau manfaat yang bisa didapatkan oleh para awardee beasiswa LPDP? 

  • Biaya kuliah akan ditanggung secara penuh dari awal perkuliahan hingga lulus.
  • Mendapatkan uang saku dan biaya pendukung lainnya seperti uang transport dan asrama setiap bulan.
  • Bisa mendapatkan biaya kedatangan seperti asuransi kesehatan, biaya darurat, dan sebagainya.
  • Bebas memilih kampus yang diinginkan, baik itu kampus luar negeri atau dalam negeri yang bekerja sama dengan LPDP.
  • Dibekali dengan program persiapan sebelum keberangkatan yang biasanya berupa pembekalan tentang soft skill dan wawasan lainnya.

Tips Lolos Beasiswa LPDP

Gimana sih tips supaya bisa lolos menjadi awardee dari beasiswa LPDP? Simak beberapa tips yang bisa membantumu berikut ini.

 

1. Perhatikan Periode Waktu Pendaftaran

Seleksi untuk beasiswa ini dibuka sepanjang tahun dan dibagi dalam dua periode. Satu hal yang penting, pastikan kamu sudah benar-benar siap. Anyway, kamu tidak harus sudah diterima di kampus tujuanmu saat mendaftar. Terakhir, kamu juga perlu ingat bahwa waktu dimulainya perkuliahanmu maksimal adalah enam bulan setelah jadwal penutupan pendaftaran. Jangan sampai terlambat, ya!

 

2. Teliti dalam Mengisi Persyaratan Seleksi Administrasi

Tahap awal dalam seleksi LPDP adalah seleksi administrasi. Untuk itu, kamu harus ekstra teliti dalam mengisi seluruh dokumenn yang dibutuhkan dan jangan sampai terlewat dari deadline. Jangan lupa untuk mempersiapkan seluruh dokumen dari jauh-jauh hari, karena persyaratan dokumen untuk beasiswa LPDP cukup banyak.

 

3. Tingkatkan Skor TOEFL dan IELT

Guys, sertifikat bahasa menjadi salah satu komponen penting yang wajib banget kamu lampirkan dalam seleksi beasiswa LPDP. Maka dari itu, skor TOEFL, IELTS atau sertifikat bahasa lainnya harus sangat baik agar kamu bisa lolos seleksi beasiswa ini.

 

4. Buat Esai Sebaik Mungkin

Kunci untuk lolos dari seleksi tahap administrasi adalah memiliki esai yang bagus dan kuat. Maksudnya gimana? Di dalam esai itu, kamu akan diminta untuk menuliskan rencana studi atau study plan yang jelas, lengkap, dan terarah. Tuliskan sedetail dan se-real mungkin, mulai dari pilihan program studi dan universitas yang kamu incar serta rencana kamu setelah lulus.

 

5. Letter of Acceptance (LoA)

Apa sih itu LoA atau Letter of Acceptance? LoA adalah surat penerimaan dari universitas incaran kamu. Walaupun sebenarnya kamu tidak diwajibkan untuk menyertakan LoA dalam pendaftaran beasiswa LPDP, tapi LoA bisa jadi bahan pertimbangan penerimaan kamu juga, lho. LoA akan menjadi nilai plus untuk profil kamu, sehingga kesempatan untuk mendapatkan beasiswa LPDP pun menjadi semakin besar.

Itulah teman-teman informasi lengkap pendaftaran beasiswa LPDP. Segera lengkapi syarat dan ketentuannya, ya. Jangan lupa lakukan pendaftaran bagi kamu yang berminat. Selagi menunggu pendaftaran dibuka, yuk belajar bareng Ruangguru di ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Dinda Silviana Dewi