Beasiswa Pelangi untuk Pelajar SMA/SMK/MA Jabodetabek, Daftar Yuk!

Sofia Nur Fauziah Agu 5, 2021 • 3 min read


Pojok_Kampus_-_Beasiswa_Pelangi_INTI-01

Kamu pelajar SMA/SMK/MA Jabodetabek yang berprestasi dan aktif di organisasi atau kegiatan sekolah? Daftar Beasiswa Pelangi, yuk. Simak informasinya berikut ini. 

---

Pernah nggak kamu bertanya “Kenapa sih jadi pelajar harus berprestasi?” atau “Kenapa sih sekolah harus mengikuti ekstrakurikuler/organisasi?”. Mungkin ada nih yang berpikir bahwa menjadi ambisius dalam belajar supaya berprestasi atau aktif di kegiatan luar sekolah malah bikin capek. Tapi, kamu tau nggak kalau hal-hal tersebut bisa membawa banyak manfaat untuk masa depan kamu? 

Yups, salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan karena berprestasi dan aktif di kegiatan luar sekolah adalah beasiswa. Nah, kebetulan banget lho saat ini Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) sedang membuka pendaftaran Beasiswa Pelangi. Beasiswa ini dibuka untuk pelajar SMA/SMK/MA di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang kurang mampu dan berprestasi baik akademik maupun non-akademik. 

Beasiswa Pelangi diselenggarakan untuk pemerataan akses pendidikan bagi masyarakat Indonesia yang kurang mampu. INTI berharap dengan adanya beasiswa ini, semua generasi muda di Indonesia tidak terhalang lagi untuk meraih cita-citanya. 

Simak informasi detail mengenai Beasiswa Pelangi berikut ini, yuk.

Persyaratan Peserta Beasiswa:

  1. Pemohon adalah siswa/siswi SMA, SMK, atau Madrasah Aliyah.
  2. Bertempat tinggal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, atau Bekasi.
  3. Berasal dari keluarga kurang mampu, namun berprestasi.
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain (termasuk lembaga pemerintah: KJP, KIP).
  5. Bersedia datang untuk mengikuti tes seleksi pada waktu dan tempat yang telah ditentukan.
  6. Bersedia sewaktu-waktu didatangi ke rumah dan sekolah untuk di survey oleh pengurus pelangi.

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan:

  1. Surat permohonan pengajuan beasiswa tertulis (surat ditulis tangan oleh siswa yang bersangkutan).
  2. Data pribadi atau Curriculum Vitae siswa (cantumkan nomor handphone).
  3. 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  4. 1 lembar fotokopi raport terakhir.
  5. 1 lembar fotokopi ijazah SMP yang dilegalisir.
  6. 1 lembar fotokopi Kartu Iuran Sekolah/SPP (tertera nominal SPP).
  7. 1 lembar pas foto ukuran 4 x 6.
  8. 1 lembar tulisan dalam kertas folio ditulis tangan oleh siswa yang menceritakan “Mengapa saya harus mendapatkan Beasiswa pelangi”.
  9. Surat rekomendasi dari sekolah atau alumni Pelangi (bermaterai 10.000).

Penerima beasiswa pelangi

Penerima Beasiswa Pelangi (Sumber: www.beasiswapelangi.org)

Beasiswa Pelangi diberikan dalam bentuk bantuan biaya SPP. Selama mendapatkan beasiswa, INTI bekerjasama dengan pihak sekolah masing-masing untuk memantau perkembangan prestasi siswa. Jika prestasi siswa tersebut menurun, maka Beasiswa Pelangi akan ditarik dan dialokasikan untuk siswa lain yang lebih membutuhkan. Kenapa sih, harus mempertahankan prestasi?

Nah, hal ini tentunya supaya kamu terus berambisi untuk meraih prestasi setelah mendapatkan beasiswa. Kalau bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan sampai lulus, kenapa enggak ‘kan? Lebih baik mempertahankan prestasi yang tentunya bisa bermanfaat juga untuk masa depan. 

Pendaftaran Beasiswa Pelangi akan ditutup pada 30 Agustus 2021. Kamu bisa melihat informasi selengkapnya mengenai pendaftaran Beasiswa Pelangi di http://www.beasiswapelangi.org.

 

Informasi dan Kontak :

Instagram: @BeasiswaPelangi

Facebook: Beasiswa Pelangi

Youtube: Beasiswa Pelangi INTI

WhatsApp: 0896-5151-2317

Bagi kamu yang merasa eligible untuk mendaftar Beasiswa Pelangi, jangan lupa untuk mempersiapkan semua berkas dokumen yang dibutuhkan ya. Jangan lupa juga kalau beasiswa ini hanya ditujukan untuk pelajar SMA/SMK/MA di wilayah Jabodetabek. Kalau kamu bukan berasal dari wilayah Jabodetabek, nggak usah sedih. Masih ada beasiswa lain yang bisa kamu ikuti kok. Kamu bisa melihat informasinya disini

Punya prestasi baik akademik maupun non-akademik bisa menjadi privilege tersendiri lho untuk kamu. Selain bisa dilirik oleh lembaga penyelenggara beasiswa dalam negeri, kamu juga bisa kalau mau bersaing mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Maka dari itu, jangan bermalas-malasan ya untuk mengejar prestasi. Yuk, raih prestasi akademik yang cemerlang dengan ruangbelajar.

New call-to-action

Profile

Sofia Nur Fauziah

Beri Komentar