Beasiswa S1 KAIST, untuk Kamu yang Ingin Kuliah Sains dan Teknologi di Korea!

Kenya Swawikanti Okt 7, 2021 • 6 min read


Beasiswa KAIST Jenjang S1

Kamu bercita-cita menjadi programmer kece bak Nam Do San? Daftar beasiswa S1 KAIST, aja! Kapan lagi bisa kuliah sains dan teknologi gratis di negeri ginseng?

--

 

Annyeonghaseyo~ Penggemar drama Korea Start-Up, mana suaranyaaa? Kamu tim Nam Do San atau tim Han Ji Pyeong, nih? Kalau kamu tim Nam Do San, aku punya kabar baik, lho!

Untuk kamu yang bercita-cita kuliah S1 di bidang sains dan teknologi biar bisa jadi programmer kece seperti Nam Do San, ada beasiswa yang pas banget nih buat kamu, yaitu beasiswa S1 KAIST!

Pastinya sudah tau dong, KAIST itu apa? Yup! KAIST atau Korea Advanced Institute of Science and Technology adalah kampus bergengsi nomor 1 di Korea Selatan yang berfokus di bidang sains dan teknologi. KAIST merupakan universitas riset nasional pertama yang didirikan oleh pemerintah Korea pada tahun 1971.

Berbagai prestasi berhasil diraih oleh KAIST, antara lain sebagai peringkat 39 pada QS Global World Rankings 2021, peringkat 9 di QS Asian University, peringkat 17 QS WU in Electronic and Electric Engineering, serta peringkat 19 QS in Material Sciences. Untuk lokasinya sendiri terletak di Daejeon, kurang lebih sejauh 160 km dari Seoul, ibu kota Korea Selatan.

Nah, saat ini, KAIST sedang membuka kesempatan beasiswa S1 full bagi kamu yang ingin kuliah gratis di Korea, khususnya bagi yang memiliki passion di bidang sains dan teknologi. Pendaftaran telah dibuka sejak 3 September 2021 dan deadline pendaftarannya jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021.

Syaratnya apa aja, nih? Yuk, simak bersama!

Persyaratan Pendaftar Beasiswa S1 KAIST

  1. Bukan merupakan warga negara Korea.
  2. Untuk pendaftar program Spring 2021: merupakan siswa yang sudah/akan lulus dari SMA pada 28 Februari 2022.
  3. Untuk pendaftar program Fall 2021: merupakan siswa yang sudah/akan lulus dari SMA sebelum 31 Agustus 2022.

Dokumen Persyaratan Beasiswa S1 KAIST

  1. Mengisi application form.
  2. Surat rekomendasi dari 1 guru saja dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Korea.
  3. Profil/brosur resmi SMA.
  4. Transkrip nilai selama tiga tahun di SMA.
  5. Sertifikat bahasa. Direkomendasikan untuk memiliki nilai minimal TOEFL IBT 83, TEPS (NEW) 326, IELTS 6.5, atau TOEIC Listening & Reading 720.
  6. Skor ujian terstandardisasi, seperti SAT 1, SAT 2, AP, IB, GCE A-Level, ACT, atau sertifikat olimpiade internasional.
  7. Salinan paspor atau identitas nasional.
  8. Keterangan sumber pembiayaan.
  9. Sertifikat penghargaan atau prestasi.

Khusus untuk periode ini, dikarenakan adanya pandemi COVID-19, dari pihak KAIST memperbolehkan peserta pendaftaran untuk mendaftar tanpa sertifikat bahasa dan ujian terstandardisasi (poin nomor 5 dan 6). Tetapi, pihak KAIST juga tetap merekomendasikan untuk memasukkan minimal salah satu dari persyaratan tersebut jika pendaftar sudah memilikinya.

Cakupan Beasiswa S1 KAIST

Pada persyaratan dokumen yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat form keterangan sumber pembiayaan (poin nomor 8). Untuk poin ini, kamu bisa memilih antara 'KAIST Scholarship' atau 'Sponsorship'. Jika kamu tidak disponsori biaya oleh organisasi atau pemerintah, maka kamu bisa memilih 'KAIST Scholarship' yang mencakup fasilitas sebagai berikut:

  • Biaya kuliah penuh selama 8 semester.
  • Tunjangan biaya hidup sebesar KRW 350.000 per bulan.
  • Asuransi kesehatan medis.

Timeline Pendaftaran Beasiswa S1 KAIST

Untuk periode masuk Spring/Fall Semester 2022, terdapat 3 sesi pendaftaran, yaitu Early (September-Oktober 2021), Regular (November 2021-Januari 2022), dan Late (Maret-Mei 2022). Sesi pendaftaran yang saat ini masih dibuka adalah sesi yang terakhir atau Late ya, guys! Untuk timeline lengkapnya yakni sebagai berikut:

  • Pembukaan pendaftaran: 3 September 2021
  • Deadline pendaftaran & dokumen: 22 Oktober 2021 (maksimal pukul 17.00 waktu Korea)
  • Deadline surat rekomendasi: 29 Oktober 2021

Setelah kamu mengirim berkas, pihak KAIST akan melakukan tahap seleksi dokumen terlebih dahulu. Jika dokumen kamu lolos seleksi, maka kamu akan mendapatkan e-mail pemberitahuan bahwa kamu bisa melanjutkan ke tahap wawancara atau interview.

Biaya Pendaftaran Beasiswa S1 KAIST

Dalam proses pendaftaran ini, kamu perlu membayar biaya sebesar USD 80 atau KRW 80,000. Pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kredit atau melalui transfer bank setelah menulis formulir pendaftaran online. Biaya tambahan (seperti biaya transfer bank) akan ditanggung sendiri oleh pihak pelamar beasiswa.

Baca juga: Beasiswa Kuliah S1 Gratis Program Global Korea Scholarship 2022, Yuk Segera Daftar!

Biaya pendaftaran ini tidak dapat dikembalikan dan kamu tidak bisa mengubah application form setelah membayar. Jadi, pastikan kamu selalu teliti dan berhati-hati, ya!

Hmm.. kalau pilihan program studinya ada apa aja, ya? Yuk, simak pembahasan berikut!

Program Akademik S1 KAIST

College of Natural Sciences

  • Physics
  • Mathematical Sciences
  • Chemistry

College of Life Science & Bioengineering

  • Biological Sciences

College of Engineering

  • Mechanical Engineering
  • Aerospace Engineering
  • Electrical Engineering
  • Computer Science
  • Civil & Environmental Engineering
  • Bio & Brain Engineering
  • Industrial Design
  • Industrial & Systems Engineering
  • Chemical & Biomolecular Engineering
  • Materials Science & Engineering
  • Nuclear & Quantum Engineering

College of Business

  • Business and Technology Management

Kalau kamu bercita-cita jadi programmer kece seperti Nam Do San, kamu bisa pilih program studi Computer Science, ya!

Oke deh, itu dia informasi seputar beasiswa S1 KAIST. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa akses website resmi KAIST atau unduh file Admission Guide For International Applicants dari KAIST.

Jangan sampai melewatkan kesempatan emas ini ya, guys! Semoga informasi ini bisa membantu kamu meraih cita-cita. Eits, jangan lupa, tingkatkan terus belajarmu dengan menonton video-video belajar di ruangbelajar!

New Call-to-action

Referensi:

KAIST. ‘Admission Guide For International Applicants: Spring & Fall Semester 2022.’, KAIST, [Daring]. Tautan: https://admission.kaist.ac.kr/intl-undergraduate/wp-content/uploads/sites/4/2021/07/Admission-Guide-for-international-applicants-2022.pdf (Diakses: 6 Oktober 2021)

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!

Beri Komentar