Yuk Daftar! Beasiswa S1 Nanyang Technological University (NTU) Singapura 2022

Leo Bisma Nov 9, 2021 • 9 min read


Beasiswa Kuliah S1 NTU Singapura

Wujudkan impianmu untuk kuliah gratis di Nanyang Technological University, salah satu universitas terbaik luar negeri. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

--

Siapa sih yang nggak ingin bisa menempuh pendidikan tinggi, bahkan dapat beasiswa untuk kuliah di top Universitas dunia di luar negeri? Nah, pasti kamu salah satunya, kan? Ada kesempatan berharga nih buatmu!

Pernah dengar NTU atau Nanyang Technological University di Singapura? NTU ini merupakan salah satu kampus terbaik no. 2 di Asia dan peringkat 12 Dunia versi QS Ranking, lho! Nah, kabar baiknya, kampus ini sedang membuka pendaftaran beasiswa untuk kuliah secara gratis. 

Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, tapi tidak ingin terlalu jauh dari tanah air,  Singapura cocok banget nih sebagai negara rencana studimu. Lingkungannya yang nyaman, dan kesempatan bekerja dengan banyak perusahaan internasional, akan menantimu setelah lulus kuliah di universitas terbaik Singapura ini. 

Hayo, siapa nih yang mau jadi adik tingkatnya Kak Belva Devara yang juga lulusan NTU? Yuk simak informasi beasiswa berikut ya! 

Adamas Belva lulusan NTUKak Belva founder Ruangguru yang menerima penghargaan Lee Kuan Yew Gold Medal atau penghargaan kepada lulusan terbaik NTU (Instagram @belvadevara)

Baca juga: Ini Rahasia Kak Belva Diterima Kuliah di Luar Negeri

Program Beasiswa

Ada beberapa program beasiswa yang ditawarkan untuk kuliah di NTU, berikut 2 jenis beasiswa yang ditujukan untuk pelajar Internasional yang bisa kamu daftar!

1. Program Nanyang Scholarship

Beasiswa ini memberi manfaat pembiayaan studi hingga lulus baik dari biaya kuliah, hingga biaya hidup tinggal di Singapura. Penerima beasiswa wajib menyelesaikan studi dengan target waktu yang ditentukan dan menjaga prestasi akademiknya. Berikut rincian manfaat beasiswa:

  • Biaya kuliah penuh hingga lulus S1.
  • Tunjangan biaya hidup sebesar S$6.500 atau ±Rp70 juta  per tahun akademik.
  • Tunjangan tempat tinggal hingga S$2,000 atau ±Rp21 juta  per tahun akademik.
  • Biaya perjalanan hingga S$5.000 atau ±Rp53 juta untuk pelajar dari luar negeri yang memenuhi syarat.
  • Tunjangan komputer sebesar S$1.750  atau ±Rp18 juta yang dibayarkan 1 (satu) kali.

2. Program ASEAN Scholarship 

Beasiswa ini juga menjamin biaya studi hingga lulus. Penerima beasiswa wajib menyelesaikan studi dengan target waktu yang ditentukan dan menjaga prestasi akademiknya. Berikut rincian manfaat beasiswa:

  • Biaya kuliah penuh hingga lulus S1.
  • Tunjangan hidup sebesar S$5,800  atau ±Rp61 juta per tahun akademik.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Macam-Macam Beasiswa Kuliah Sebelum Memilih

Kriteria Penerima Beasiswa

1. Program Nanyang Scholarship

Berikut kriteria yang harus dipenuhi untuk mendaftar program beasiswa Nanyang Scholarship:

  • Mahasiswa dari negara manapun diperkenankan mendaftar.
  • Setelah dinyatakan lolos seleksi dan ditetapkan sebagai penerima beasiswa, pendaftar wajib memahami ketentuan program gelar sarjana yang tersedia. Beasiswa yang akan didapatkan mencakup masa studi di NTU.
  • Telah lulus dan memiliki sertifikat  GCE A-Level yang sah untuk menempuh pendidikan di Singapura, atau Ijazah Sekolah menengah atas yang diberikan oleh politeknik di Singapura, NUS High School Diploma, IB Diploma atau Ijazah setara Kelas 12.
  • Memiliki prestasi baik akademik maupun non-akademik.
  • Memiliki potensi kepemimpinan yang kuat.
  • Bagi pendaftar beasiswa untuk Program Ilmu Biomedis & Kesehatan, beasiswa hanya mencakup tiga tahun pertama kuliah di NTU.

2. Program ASEAN Scholarship 

Berikut kriteria yang harus dipenuhi untuk mendaftar program beasiswa ASEAN Scholarship:

  • Warga Negara di wilayah ASEAN (termasuk Indonesia).
  • Setelah dinyatakan lolos seleksi dan ditetapkan sebagai penerima beasiswa, pendaftar wajib memahami ketentuan program gelar sarjana yang tersedia. Beasiswa yang akan didapatkan mencakup masa studi di NTU.
  • Seluruh program kuliah diperkenankan untuk mendaftar beasiswa ini, kecuali Renaissance Engineering Programme (REP). Untuk Program Ilmu Biomedis & Kesehatan, beasiswa hanya akan mencakup tiga tahun pertama studi di NTU.
  • Telah lulus dan memiliki sertifikat  GCE A-Level yang sah untuk menempuh pendidikan di Singapura, atau Ijazah Sekolah menengah atas yang diberikan oleh politeknik di Singapura, NUS High School Diploma, IB Diploma atau Ijazah setara Kelas 12.
  • Memiliki prestasi baik akademik maupun non-akademik.
  • Memiliki potensi kepemimpinan yang kuat.

Gedung Sekolah Desain dan Media NTU

Gedung Sekolah Desain dan Media, NTU (Flickr)

Syarat dan Ketentuan Program Beasiswa

1. Program Nanyang Scholarship

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar program beasiswa Nanyang Scholarship antara lain:

  • Penerima beasiswa ini tidak diperkenankan untuk menerima beasiswa, pembiayaan studi, dan sejenisnya dari pihak lain, ketika menerima beasiswa dari ASEAN Scholarship.
  • Penerima beasiswa wajib mempertahankan prestasi akademik berupa nilai IPK atau Cumulative Grade Point Average (CGPA) minimum 3,5 dar skalai 5,0. Prestasi akademik akan ditinjau setiap semester.
  • Penerima beasiswa diharuskan untuk mengambil peran sebagai duta mahasiswa, atau peran serupa lainnya, mewakili universitas untuk menggelar acara akademik, menerima tamu, dan lain sebagainya. 
  • Beasiswa dapat dihentikan sewaktu-waktu jika, menurut pendapat Universitas, kinerja atau perilaku penerima beasiswa dianggap tidak memuaskan.
  • Jika penerima mengakhiri beasiswa sebelum waktu masa studi selesai, akan dikenakan denda berupa pengembalian biaya dari penerima beasiswa kepada pihak pengelola beasiswa.

2. Program ASEAN Scholarship 

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar program beasiswa ASEAN Scholarship antara lain:

  • Pemegang beasiswa tidak boleh, tanpa persetujuan Universitas, secara bersamaan memegang beasiswa, beasiswa atau pinjaman universitas lainnya.
  • Pemegang beasiswa diharuskan mempertahankan Cumulative Grade Point Average (CGPA) minimum 3,5 dari 5,0. Kinerja akademik akan ditinjau setiap semester.
  • Beasiswa dapat ditarik sewaktu-waktu jika, menurut pendapat Universitas, kemajuan atau perilaku pemegang beasiswa dianggap tidak memuaskan.
  • Jika pemegang beasiswa memutuskan untuk mengakhiri beasiswa sebelum waktunya, pembayaran akan dikenakan.

Baca juga: Contoh Motivation Letter Beasiswa dan Cara Membuatnya

Cara Mendaftar Beasiswa

Pelamar beasiswa diharapkan mengirimkan berkas pendaftaran sebagai syarat masuk untuk seleksi beasiswa. Berkas tersebut antara lain:

  1. Dokumen Singapura-Cambridge GCE A - Level atau  atau ijazah sekolah menengah atas yang diberikan oleh politeknik di Singapura, NUS High School Diploma, IB Diploma atau Ijazah setara Kelas 12.
  2. Esai pribadi maksimal 300 kata. Terdapat 3 topik pilihan yang bisa disimak di formulir pendaftaran.
  3. Pas foto terakhir berukuran foto paspor.
  4. Surat rekomendasi akademik. Surat ini ditulis oleh guru atau kepala sekolah untuk memberi rekomendasi dari prestasi akademik. Masukkan informasi dari pemberi rekomendasi. Saat menyelesaikan pendaftaran, pemberi rekomendasi akan menerima email dari panitia dan diharuskan membalas dengan surat rekomendasi dalam jangka waktu 7 hari.

Setelah semua berkas terkumpul, bisa dilanjutkan mendaftar secara online melalui tautan Pendaftaran beasiswa. Isi form yang ada pada halaman tersebut. dan simpan informasi login mu untuk proses beasiswa selanjutnya. 

Timeline Seleksi

  • Wawancara seleksi beasiswa akan berlangsung antara bulan Maret hingga Mei.
  • Pelamar beasiswa yang terpilih untuk wawancara akan diinformasikan melalui email pada pertengahan Mei.
  • Periksa email kamu secara berkala dan segera bersiaplah untuk dipanggil wawancara dalam waktu singkat.
  • Pelamar beasiswa yang tidak terpilih akan diinformasikan melalui email pada akhir Mei.
  • Pelamar beasiswa yang terpilih dan lolos seleksi harus mengecek informasi penerimaan pada masing-masing fakultas untuk hasil aplikasi beasiswa.

Deadline pendaftaran program beasiswa S1 di NTU Singapura ini mengikuti dari penutupan penerimaan mahasiswa baru di NTU. Gimana nih, tertarik? Yuk, segera siapkan berkas dan kesiapan dirimu untuk seluruh proses seleksi, karena program beasiswa ini masih cukup lama masa penutupannya. Tapi jangan ditunda-tunda ya, segera persiapkan! Untuk informasi lebih lengkap, bisa cek link resmi dari beasiswa NTU berikut: NTU Freshmen Scholarship

Buat kamu yang masih kuliah tahun depan atau setelahnya, bisa yuk persiapkan juga melalui belajar dengan giat di ruangbelajar! Tingkatkan nilai sekolahmu untuk memperbesar peluang diterima beasiswa kuliah!

New Call-to-action

 

Referensi:

Nanyang Technological University Freshmen Scholarship [Daring] Tautan: https://www.ntu.edu.sg/admissions/undergraduate/scholarships/freshmen#Content_C010_Col01 (Diakses 6 November 2021)

 

Sumber foto:

NTU School of Design and Media, Flickr [Daring] Tautan: flickr.com/photos/cteteris/2799334337 (diakses 6 November 2021)

 

 

 

 
















Referensi:

https://www.ntu.edu.sg/admissions/undergraduate/scholarships/asean-scholarship

https://www.topuniversities.com/universities/nanyang-technological-university-singapore-ntu

 

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru

Beri Komentar