Beasiswa Siswa Papua PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) dengan Ruangguru

Kerjasama Beasiswa PT Pelni dan Ruangguru

PT PELNI bekerja sama dengan Ruangguru memberikan beasiswa ruangbelajar kepada siswa kelas 12 berjumlah 305 siswa di 3 sekolah di Papua.

--

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) bekerja sama dengan Ruangguru dalam rangka penyaluran dana beasiswa kepada siswa-siswi di Papua. Dana sejumlah Rp150 juta yang diberikan merupakan dana CSR BUMN yang diberikan oleh PT PELNI kepada siswa kelas 12.

Program beasiswa ini diberikan kepada siswa kelas 12 di tiga sekolah di Papua, tepatnya di Jayapura dan Biak, berjumlah total 305 siswa di SMAN 2 Jayapura, SMAN 4 Jayapura, dan SMAN 1 Biak. Mengapa kelas 12? Tujuan dari beasiswa ini adalah untuk membantu para siswa dalam proses belajar dan persiapan menghadapi ujian seleksi masuk PTN.

“Pendidikan merupakan pondasi bagi generasi muda sebagai penerus untuk terus tumbuh dan mengembangkan kemampuannya, khususnya bagi pelajar di tanah Papua. Program ini merupakan salah satu program TJSL PT PELNI non PUMK (Pendanaan UMK) pada pilar TJSL pembangunan sosial yang sejalan dengan SDGs (Sustainable Development Goals) nomor 4 yaitu pendidikan berkualitas dan CSV (Creating Shared Value),” terang Direktur SDM & Umum PT PELNI (Persero) Rainoc.

Sosialisasi penggunaan Ruangguru di SMAN 4 JayapuraSosialisasi penggunaan Ruangguru di SMAN 4 Jayapura (Sumber: dok. Ruangguru)

Program ini berlangsung selama 6 bulan, tepatnya mulai 30 Desember 2021 hingga 30 Juni 2022. Melalui beasiswa ini, para siswa kelas 12 bisa merasakan kemudahan belajar persiapan masuk PTN dengan menggunakan paket ruangbelajar SMA+UTBK 6 bulan. Siswa dapat mengakses materi pelajaran kelas 10 sampai kelas 12 IPA dan IPS, akses materi persiapan ujian UTBK SBMPTN dan Mandiri, latihan soal, kumpulan bank soal ter-update, reminder jam belajar, serta Tryout UTBK dengan basis sistem penilaian IRT seperti di ujian aslinya.

“Selama menggunakan aplikasi Ruangguru saya merasa sangat terbantu, karena akses materi yang super duper lengkap dengan penjelasan tutor yang mudah dimengerti, animasi yang juga seru banget, serta ada latihan soal dengan pembahasan yang super duper lengkap. Ada juga fitur tryout yang bisa mengukur kemampuan kita sudah sejauh mana untuk masuk PTN. Terima kasih PT Pelni dan Ruangguru, semoga sukses selalu,” ungkap Nurul Halizah, siswa kelas 12 IPA SMAN 1 Biak yang berhasil lulus UTBK di Universitas Hasanuddin dengan jurusan Kesehatan Masyarakat.

Ke depannya juga diharapkan akan ada semakin banyak sekolah dan siswa di Indonesia yang mendapatkan kemudahan belajar dengan adanya kerjasama Ruangguru dengan pihak eksternal, seperti PT Pelni.

“Diharapkan ada kerjasama yang lebih baik dalam lingkup yang lebih luas, baik dari sisi sekolah yang dilibatkan maupun dari BUMN lain yang mungkin bisa bergabung untuk bersinergi dengan Ruangguru demi kesetaraan pendidikan di Indonesia yang lebih baik,” ujar Yoppi Dwi Ariesanto, sebagai Regional Lead Jatim 2 Ruangguru.

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)