4 Informasi Beasiswa Update Untuk Mahasiswa On Going, Jangan Sampai Terlewat!

Sofia Nur Fauziah Jul 23, 2021 • 7 min read


PK_-_4_Rekomendasi_Beasiswa-01

Kamu mahasiswa yang sedang mencari kegiatan di sela-sela libur semester? Daftar beasiswa aja! Yuk, simak 4 informasi beasiswa dari lembaga dalam dan luar negeri yang bisa kamu pertimbangkan. 

---

Bagi kamu yang merupakan seorang mahasiswa, biasanya di bulan Juli identik dengan libur semester yang panjang. Bener nggak? Kalau iya, kegiatan apa aja sih yang kamu lakukan untuk mengisi liburan semester biar nggak jenuh? Hmm sepertinya banyak sekali ya pilihannya, tinggal pintar-pintarnya kamu memilih kegiatan yang bisa dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Nah, mumpung lagi liburan semester ada racun nih untuk kamu. Lho kok racun, memangnya ada apa? Tenang-tenang, kali ini bukan racun untuk belanja kok. Tapi racun informasi beasiswa yang bisa kamu coba daftar di sela-sela waktu liburan semester. Beasiswa-beasiswa yang akan dibahas merupakan beasiswa dalam dan luar negeri. Udah nggak sabar ‘kan ingin mengetahui informasi detailnya?

Yuk, langsung aja cus simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

1. KF Fellowship for Korean Language Training 2022

beasiswa korea foundation

Sumber: www.kf.or.kr/kf

KF Fellowship for Korean Language Training adalah program pelatihan bahasa Korea yang diselenggarakan sejak tahun 1993 oleh Korea Foundation. Program yang ditujukan untuk mahasiswa, profesor/dosen universitas, profesional, dan mantan diplomat ini bertujuan untuk mempromosikan studi tentang Korea di luar negeri. Bagi kamu yang saat ini sedang kuliah dengan bidang studi yang berkaitan dengan Korea (humaniora, ilmu sosial, dan seni budaya), jangan sampai melewatkan kesempatan ini ya. Simak cakupannya berikut ini, yuk :

  1. Biaya hidup bulanan.

    - Sarjana, pemegang gelar BA atau MA atau individu dengan pengalaman karir terkait kurang dari tiga tahun: KRW 1.000.000 (Rp 12.712.956).

    - PhD dengan pengalaman karir yang berkaitan kurang dari tiga tahun: KRW 1.200.000 (Rp 15.255.547).

  2. Biaya perjalanan: KRW 300.000 (Rp 3.813.485) diberikan sekali. 
  3. Biaya pendidikan untuk lembaga pendidikan.
  4. Asuransi kesehatan (asuransi kecelakaan dan kesehatan yang disediakan oleh perusahaan asuransi Korea).

Wah ternyata selain biaya pendidikan, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat lain nih. Yuk, buruan daftar! Pendaftaran KF Fellowship for Korean Language Training 2022 akan ditutup pada 31 Agustus 2021. Kamu bisa melihat informasi mengenai persyaratan selengkapnya di sini.

2. Beasiswa Bakti BCA

beasiswa bakti BCA

(Sumber: https://bkk.usu.ac.id/)

Beasiswa Bakti BCA adalah program yang diselenggarakan untuk membantu mahasiswa berprestasi yang terkendala finansial agar tetap bisa melanjutkan pendidikan. Selain itu, beasiswa ini juga memberikan fasilitas berupa program pengembangin softskill. Tertarik untuk mendaftar? Simak informasi cakupan detailnya yuk :

  • Bantuan dana (subsidi UKT/uang saku).
  • Workshop peningkatan potensi diri dan leadership.
  • Pelatihan financial planning.
  • Webinar pengembangan diri.
  • Pengenalan dunia kerja.
  • Networking.

Pendaftaran Beasiswa Bakti BCA akan ditutup pada 30 Juli 2021. Mengingat manfaat besar yang didapatkan ketika lulus seleksi, persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini juga sangat tinggi. Oleh sebab itu, pastikan kamu benar-benar memenuhi semua persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini ya. Jangan lupa untuk melampirkan dokumen-dokumen yang bisa menunjukkan prestasi kamu kalau memang ada. 

Informasi selengkapnya mengenai pendaftaran beasiswa ini dapat kamu lihat di website masing-masing universitas atau menghubungi bagian kemahasiswaan ya. Formulir pendaftaran dapat kamu akses disini

3. Ibn Battuta Scholarship

beasiswa ibn battuta

(Sumber: https://www.qalamcenter.com)

Kalau tadi bahasa Korea, sekarang ada nih Ibn Battuta Scholarship yang merupakan beasiswa untuk belajar bahasa Arab dari Qalam wa Lawh Center. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang minimal telah menyelesaikan 4 semester kuliah di program studi Bahasa Arab atau yang berkaitan. 

Program ini berjalan di musim gugur, dingin, semi dan panas. Kamu bisa memilih mendaftar di salah satu musim ya apabila berminat. Oh iya, terdapat dua jenis beasiswa nih. Simak informasinya berikut ini :

  • Beasiswa Penuh: mencakup semua biaya kuliah dan tempat tinggal selama durasi program.
  • Beasiswa Sebagian: hanya mencakup biaya kuliah selama durasi program.

Untuk periode kelas 24 Januari 2022 (musim semi), pendaftaran akan dibuka sampai tanggal 30 Juli 2021. Sedangkan untuk periode 8 Agustus 2022 (musim panas), pendaftaran akan dibuka sampai tanggal 30 Oktober 2021. Kamu bisa memilih salah satu periode yang paling cocok ya. Informasi selengkapnya mengenai persyaratan pendaftaran dapat kamu baca di website resminya, yaitu https://www.qalamcenter.com/ibn-battuta-scholarship.

4. BRI Peduli Creation Scholarship

beasiswa BRI creation

(Sumber: kompas.com)

Punya mimpi yang masih tertunda? Ada BRI Peduli Creation Scholarship nih untuk kamu. Beasiswa ini memfasilitasi kamu yang memiliki proyek di bidang teknologi, rintisan bisnis, atau misi sosial, namun masih terkendala secara finansial untuk mewujudkannya. Oh iya, program ini harus diikuti secara berkelompok, yang terdiri dari tiga orang per tim ya. Sebelum mendaftar, simak cakupannya dulu yuk :

  • Dana inovasi Rp 30.000.000 per tim.
  • Uang kuliah Rp 8.000.000 per orang, per semester (sampai dengan akhir semester 8).
  • Uang jajan Rp 500.000 per orang, per bulan (sampai dengan akhir semester 8).

Pendaftaran BRI Peduli Creation Scholarship dibuka 19 Juli - 31 Agustus 2021. Sebagai catatan, beasiswa ini membatasi hanya mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Brawijaya (UB) yang boleh mendaftar. Informasi selengkapnya dapat kamu baca di website masing-masing universitas atau https://bri.co.id/bripedulicreation

---

Hayo, mau daftar beasiswa yang mana nih? Ingat, jangan tergesa-gesa ya dalam memilih beasiswa yang ingin kamu daftar.  Sesuaikan dengan passion atau pencapaian yang kamu miliki. Kesempatan nggak datang dua kali, jangan sampai nggak daftar

Bagi kamu yang merasa belum eligible untuk mendaftar salah satu dari beasiswa-beasiswa di atas, nggak perlu berkecil hati. Tunggu informasi beasiswa selanjutnya ya, siapa tau rezeki kamu disana. Nah sembari menunggu, kamu juga bisa lho belajar bahasa Inggris untuk persiapan mendaftar beasiswa. Saat ini, banyak sekali lembaga penyelenggara beasiswa yang mensyaratkan peserta untuk bisa menguasai bahasa Inggris. Yuk, belajar bahasa Inggris interaktif dengan kurikulum internasional di English Academy

New call-to-action
Profile

Sofia Nur Fauziah

Beri Komentar