Daftar Beasiswa Universitas Tianjin, Kuliah S1 Teknik Kimia di China Gratis

Universitas Tianjin

Kamu ingin lanjut ke jurusan Teknik Kimia? Simak informasi beasiswa Universitas Tianjin berikut ini, kuliah S1 gratis di China.

Jurusan Teknik Kimia menjadi salah satu program studi yang diincar para siswa yang hendak lanjut ke jenjang perguruan tinggi. Pasalnya, jurusan Teknik Kimia punya prospek kerja yang oke, terlebih di era teknologi yang semakin maju saat ini. Universitas Tianjin, China, sedang membuka pendaftaran beasiswa S1 bagi kamu yang minat masuk ke jurusan Teknik Kimia.

Universitas Tianjin menjadi salah satu perguruan tinggi teknik multidisiplin terbesar di China. Oleh karena itu lah, kamu sebaiknya jangan menyia-nyiakan kesempatan mendaftar beasiswa S1 Teknik Kimia di Universitas Tianjin. Apalagi beasiswa ini menjamin biaya perkuliahan gratis jika kamu berhasil lolos di program ini.

Ada dua program beasiswa yang diberikan, yaitu beasiswa penuh dan beasiswa sebagian. Untuk kamu yang diterima beasiswa penuh dari Universitas Tianjin, kamu akan mendapatkan subsidi biaya kuliah sebesar 20.000 RMB per tahun (sekitar Rp43,86 juta) dan tunjangan hidup sebesar 2400 RMB per bulan (sekitar Rp5,2 juta).

Sementara itu, apabila kamu lolos mendapatkan beasiswa sebagian dari Universitas Tianjin ini, kamu akan memperoleh subsidi biaya kuliah yang sama dengan para penerima beasiswa penuh. Bedanya hanya pada tunjangan hidup, yaitu 1400 RMB per bulan (sekitar Rp3,07 juta).

Baca Juga: Perhatikan 9 Tips Cerdas dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) 

Syarat Pendaftaran

Untuk mendaftar beasiswa S1 Teknik Kimia dari Universitas Tianjin, kamu harus memenuhi syarat berikut ini.

  1. Pelamar merupakan warga negara non-China dengan paspor yang masih berlaku, dan persyaratan yang ditetapkan oleh Dokumen No. 12 (2020) dari Kementerian Pendidikan RRC harus dipenuhi.
  2. Pelamar harus memiliki ijazah SMA.
  3. Pelamar berusia di bawah 30 tahun. Jika pelamar masih berusia di bawah 18 tahun per 1 September 2022, harus menyerahkan akta wali asli yang dikeluarkan oleh Kantor Notaris Distrik Tianjin, dan Wali harus menjadi penduduk tetap Tianjin.
  4. Pelamar program studi dengan pengantar belajar bahasa Mandarin harus menyerahkan sertifikat HSK. Diperlukan persyaratan minimum HSK4 (Skor 195 atau lebih tinggi) untuk Teknik/Sains atau HSK5 (Skor 180 atau lebih tinggi) untuk bisnis/seni liberal.
  5. Pelamar program studi dengan pengantar belajar bahasa Inggris harus menyerahkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris dengan ketentuan TOEFL: tidak kurang dari 80, IELTS: tidak kurang dari 6.0.
  6. Pelamar memiliki perilaku yang baik, kesehatan fisik dan mental yang baik, dan bersedia untuk mematuhi hukum dan peraturan universitas China dan Tianjin.

Syarat Berkas Pendaftaran

  1. Scan Ijazah asli SMA.
  2. Scan transkrip nilai akademik SMA yang dilegalisir atau scan hasil tes standarisasi internasional (seperti SAT/ACT/A-Level/AP/IB dll).
  3. Fotokopi paspor yang masih berlaku.
  4. Pelamar yang telah bermigrasi ke negara lain atau yang orang tuanya adalah warga negara Cina harus memberikan bukti naturalisasi, bukti penolakan kewarganegaraan Cina dan catatan visa empat tahun terakhir.
  5. Bukti kemampuan berbahasa Mandarin atau Inggris.
  6. Resume catatan pendidikan.
  7. Pernyataan pribadi atau rencana studi (minimal 600 kata).
  8. Fotokopi formulir pemeriksaan fisik orang asing (Pemeriksaan kesehatan harus mencakup semua item yang tercantum dalam Formulir Pemeriksaan Fisik Orang Asing. Harap pilih waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan karena hasil medis memiliki validitas 6 bulan).
  9. Pelamar yang sekarang berada di China harus menyerahkan scan Fotokopi Visa dan Sertifikat Transfer dari sekolah ini.
  10. Pelamar yang tidak berada di China saat ini harus menyerahkan scan Sertifikat Catatan Non-Pidana (Lulusan sekolah menengah yang baru harus menyerahkan sertifikat yang menunjukkan catatan perilaku baik di sekolah, yang dikeluarkan oleh sekolah menengah masing-masing ).
  11. Surat Keterangan Tabungan Bank atau Surat Keterangan Penghasilan Penjamin Keuangan.
  12. Pelamar yang masih berusia di bawah 18 tahun per 1 September 2022 harus menyerahkan surat wali asli.

Baca Juga: Jurusan Kebidanan: Prodi Khusus untuk Kamu Pendaftar Perempuan

Cara Mendaftar

Untuk melakukan pendaftaran beasiswa S1 Teknik Kimia di Universitas Tianjin, kamu bisa akses secara online situs web resmi di https://tju.at0086.cn/student. Kamu diwajibkan melamar secara online dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan.

Yuk, segera lakukan pendaftaran beasiswa S1 Teknik Kimia Universitas Tianjin sebelum ditutup pada 15 Juni 2022 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa akses situs resminya melalui alamat https://sie.tju.edu.cn/en/ atau www.tju.edu.cn. Sementara itu, kamu juga bisa kirim email ke alamat undergraduate@tju.edu.cn

Selagi melakukan pendaftaran beasiswa S1 Teknik Kimia dari Universitas Tianjin, siapkan diri lebih baik bersama ruangbelajar di aplikasi Ruangguru, yuk! Dengan menggunakan platform tersebut, kamu bisa belajar dan memahami materi dengan mudah. Semangat, ya!

Dinda Silviana Dewi