Pengertian Bilangan Cacah Besar & Contohnya | Matematika Kelas 4

Pengertian Bilangan Cacah Besar

Bilangan dengan angka yang sangat banyak pada buku IPS membuat Cika bingung melafalkannya. Lulu menjelaskan kalau bilangan itu adalah bilangan cacah besar. Kira-kira, kebingungan Cika bisa terjawab tidak, ya? Simak ceritanya di pelajaran Matematika Kelas 4!

--

Di perpustakaan, Lulu dan Cika sedang membaca buku bersama-sama. Tiba-tiba, ada sesuatu yang membuat Cika tertarik.

“Lulu, lihat deh! Jumlah penduduk negara Cina di buku ini angkanya banyak banget!” ungkap Cika dengan nada takjub.

Kemudian, Cika melanjutkan masih dengan nada penasaran.

“Jumlahnya ada seratus… eh. Seribu… eh. Seratus juta? Duh… Pusing! Gimana cara bacanya?”

Lulu bergumam sebentar sambil melihat ke arah bilangannya dengan teliti.

“Oh… Bilangan ini disebut sebagai bilangan cacah besar, Cik. Bilangan cacah besar itu adalah bilangan cacah yang nilainya lebih besar dari puluhan juta, seperti ratusan juta, miliar, triliun sampai kuadriliun!” jawab Lulu.

Definisi Bilangan Cacah Besar

Baca Juga: Apa Sih yang Dimaksud dengan Pecahan Senilai?

“Setiap angka pada bilangan cacah besar ini memiliki nilai berdasarkan letak atau tempat angkanya, yang biasa disebut juga dengan nilai tempat.”

“Kalau dituliskan dalam bentuk tabel nilai tempat, bisa dimulai dari kolom paling kanan yaitu nilai tempat satuan sampai kolom paling kiri yaitu nilai tempat kuadriliun.” Lanjut Lulu.

Cika mengangguk-angguk dan mencoba memahami penjelasan Lulu.

“Coba lihat jumlah penduduk negara Cina tadi, deh! Angkanya dipisahkan dengan diberi tanda titik setiap 3 angka dari belakang. Terus, kita bisa masukin setiap digit angka ke tabel nilai tempat mulai dari kolom paling kanan, seperti ini!” kata Lulu.

Nilai Tempat Bilangan Cacah Besar

 

Kalo udah tahu nilai tempat pada bilangan cacah besarnya, bisa memudahkan kita untuk tahu cara membaca bilangannya ya, Lu?” tebak Cika.

Lulu mengangguk dengan antusias.

Nah, iya! Untuk dapat membaca bilangan cacah besar, bisa dibantu oleh tabel nilai tempat. Caranya ada dua, seperti ini.” 

Cara Membaca Bilangan Cacah Besar

Baca Juga: Cara Mengurutkan Pecahan Biasa dan Campuran

Cika terlihat semakin mengerti.

“Oh… Berdasarkan langkah-langkah tersebut, aku jadi bisa membaca jumlah penduduk negara Cina ini. Jumlah penduduknya adalah satu miliar empat ratus empat puluh tujuh juta lima ratus empat puluh ribu delapan ratus tiga puluh tujuh orang. Makasih, Lulu!” simpul Cika.

Lulu tersenyum puas mendengar jawaban Cika.

“Oke, Cika! Kamu jadi paham deh apa itu bilangan cacah besar, nilai tempat dan cara membacanya! Sekarang kita ke kelas lagi, yuk! Kayaknya sebentar lagi udah mau masuk!”

Cika mengangguk, membuat mereka segera membereskan buku di perpustakaan dan kembali ke kelas dengan langkah cepat.

Akhirnya, dengan berakhirnya cerita ini, kebingungan Cika jadi bisa terjawab. Agar semakin paham, sekarang coba kamu juga ikutan jawab, ya! Kalau bilangan ini gimana cara membacanya? Tulis jawabanmu di kolom komentar, yuk!

1.283.457.666.252

 ---

Gimana? Semakin seru ‘kan cerita Lulu dan Cika di Petualangan Dafa Lulu kali ini? Kalau masih penasaran dengan petualangan lainnya, kamu bisa download aplikasi Ruangguru dan berlangganan ruangbelajar dari sekarang, lho! Yuk, kita belajar bersama!

New call-to-action

Materi oleh: Hana Wibawanty Baihaki

Disunting oleh: Taufiq Radityadji

Profile

Usu Sri Malati

Selalu bersemangat untuk berekspresi melalui tulisan. Semoga semangatnya bisa menular kepada pembaca.