Cara Membuat Kesimpulan dari Teks Laporan Hasil Pengamatan | Bahasa Indonesia Kelas 6

cara membuat kesimpulan teks laporan hasil pengamatan

Di malam hari, Made tiba-tiba panik karena belum mengerjakan tugas membuat kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan. Made pun meminta bantuan Bapa untuk menjelaskan. Tapi gimana ya cara membuat kesimpulan itu? Yuk, kita bahas di artikel Bahasa Indonesia kelas 6 berikut!

--

Di malam yang sunyi, tiba-tiba terdengar suara Made teriak minta tolong.

“BAPA! TOLONG! MADE LUPA NGERJAIN PR UNTUK BESOK PAGI!” teriak Made.

Bapa pun menghampiri, “Ada apa Made?”

“Made baru ingat kalo ada tugas membuat kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan ini, Pa.”  jawab Made sambil memperlihatkan bukunya.

contoh teks laporan hasil pengamatan

 

“Tapi... Made gak ngerti cara membuat kesimpulannya. Bapa mau bantuin Made, ga?” lanjut Made.

“Mau dong! Ada empat langkah untuk membuat kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan, Made,” balas Bapa.

Baca Juga: Apa Itu Teks Laporan Hasil Pengamatan?

cara membuat kesimpulan teks laporan hasil pengamatan

 

“Nah, karena kamu sudah tau langkahnya, sekarang Bapa jelaskan satu per satu, ya. Dimulai dari langkah pertama, kita baca teks laporan hasil pengamatannya dulu.” lanjut Bapa.

“Setelah membaca teks laporan hasil pengamatan, kita lanjut ke langkah kedua, yaitu menentukan kalimat utama,” Bapa Made kemudian mengajak Made untuk melihat ke laporannya lagi.

“Kita lihat paragraf pertamanya dulu. Paragraf ini berisikan informasi tentang pengamatan yang dilakukan di Taman Nasional Bunaken. Jadi, kalimat utama dari paragraf pertama adalah ‘Taman Nasional Bunaken memiliki banyak biota laut, salah satunya terumbu karang,’” lanjut Bapa.

“Oke, Made paham. Lanjut, Pa!” tutur Made.

“Sekarang Bapa tanya, kalimat utama pada paragraf kedua apa nih, Made?” tanya Bapa.

“Kalimat utamanya itu ‘Selain terumbu karang, di Taman Nasional Bunaken juga terdapat biota laut lainnya.’ Made betul kan, Pa?” jawab Made.

“Betul! Kita lanjut ke langkah ketiga ya, yaitu menentukan gagasan pokok. Gagasan pokok diambil dari informasi inti pada kalimat utama.” jelas Bapa.

Hmm… Ah! Gagasan pokok paragraf pertama adalah ‘Taman Nasional Bunaken memiliki banyak biota laut.’ Lalu, gagasan pokok paragraf kedua adalah ‘Taman Nasional Bunaken memiliki biota laut lain.’ Iya kan, Pa?” tutur Made.

“Hebat anak Bapa! Sekarang kita lanjut ke langkah keempat, menggabungkan gagasan pokoknya.” jawab Bapa.

“Karena kedua gagasan pokoknya memiliki makna yang sama, maka kesimpulannya adalah Taman Nasional Bunaken memiliki banyak biota laut.” ujar Made.

“Betul, Made!” seru Bapa.

Baca Juga: Pahami Pengertian Kesimpulan, Fungsi & Cirinya, Yuk!

contoh kesimpulan teks laporan hasil pengamatan

 

“Made paham sekarang! Kalau kaya gini, Made bisa ngerjain PR deh,” lanjut Made sambil mengerjakan PR-nya.

“Jangan sampai ada yang terlewat ya, Made. Pastikan saat membuat kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan, keempat langkah tadi sudah dilakukan. Pertama membaca teks, kedua menentukan kalimat utama setiap paragraf, ketiga menentukan gagasan pokok setiap paragraf, dan keempat menggabungkan gagasan pokok untuk menghasilkan kesimpulannya.” sahut Bapa.

Oke, Pa! Terima kasih ya, sudah membantu Made.” balas Made sambil memeluk Bapa.

“Sama-sama, Made. Lain kali, jangan sampai lupa sama PR-mu lagi, ya!”

“Iya Pa, Made janji!” jawab Made.

Bisa-bisanya Made lupa dengan PR-nya! Kalian jangan sampai lupa dengan PR kalian, ya! Kalau kalian punya PR seperti Made, kalian bisa belajar bersama Dafa Lulu di ruangguru, loh

Yuk, download aplikasinya dan jangan lupa juga untuk berlangganan, ya!

New call-to-action

Materi oleh: Putri Margareth Siagian

Disunting oleh: Levina Sandra Supadi

Profile

Rias Hada Firdausya

Aku cinta IPA dan bahagia karena Bahasa Indonesia, kalian bisa panggil aku Riashada!