7 Cara Belajar yang Pas untuk Introvert dan Penyendiri

Tips belajar untuk introvert & penyendiri

Yuk, simak dan pahami cara belajar yang efektif untuk introvert dan penyediri berikut ini. Apakah kamu salah satunya?

Cara belajar yang efektif untuk introvert dan penyendiri itu seperti apa ya? Salah satu cara meningkatkan kualitas proses belajar adalah dengan menyesuaikan cara belajar dengan kenyamanan dan kebutuhan masing-masing individu.

Kamu yang memiliki  kepribadian introvert atau cenderung penyendiri tentu akan lebih nyaman belajar dengan keadaan tenang. Namun apakah belajar sendiri sudah dapat memenuhi kebutuhan belajar itu sendiri? Yuk, simak beberapa tips dan cara belajar yang tepat untuk introvert atau penyendiri berikut ini.

 

1. Belajar Sendiri

Belajar sendiri memiliki beberapa keunggulan tersendiri seperti bisa menghemat biaya, fleksibel dari segi waktu, tempat, dan kamu juga bisa memilih suasana belajar sendiri sesuai keinginan. Selain itu, belajar sendiri juga melatih kemandirian dan membiasakan diri kamu untuk tidak bergantung pada orang lain, serta mendorong untuk memecahkan masalah sendiri.

Namun, tidak adanya proses sosialisasi menjadi kekurangan dalam proses belajar secara mandiri. Ini dapat menghilangkan kesempatan untuk bertukar pikiran yang berguna bagi kemajuan pembelajaran.

Baca Juga: Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Introvert, Pilih Mana?

 

2. Belajar Kelompok dalam Grup Kecil

Meskipun kamu memiliki karekter introvert atau lebih nyaman sendiri, belajar bersama teman bisa membantu untuk bertukar ide serta bersosialisasi. Kamu juga bisa mendapatkan sudut pandang yang bervariasi dari teman-teman. Selain itu, belajar kelompok juga dapat mempererat pertemanan untuk saling toleransi dan membantu satu sama lain. Agar tetap nyaman, kamu bisa belajar kelompok dengan jumlah kecil sehingga dapat terjaga konsentrasinya.

Psst, saat ingin belajar kelompok kamu perlu mempertimbangkan jarak tempuh karena kamu perlu menggunakan energi kembali setelah lelah sekolah untuk berangkat ke tempat belajar bersama.

 

3. Belajar di Lingkungan yang Tenang

Seorang yang introvert atau penyendiri biasanya akan sulit fokus saat harus belajar di lingkungan yang ramai dan berisik. Maka dari itu, kamu bisa mencari tempat atau ruang belajar yang tenang dan bebas dari gangguan. Belajar di ruang yang ramai bisa memancing kecemasan atau distraksi yang akan membuat hasil belajar kamu tidak maksimal.

 

Tips belajar untuk introvertTips belajar untuk introvert atau penyendiri (Sumber: pexels.com)

 

4. Belajar Bersama Orang dengan Kepribadian Sama

Belajar sendiri juga terkadang bisa membuat kamu bosan, malas, dan nggak termotivasi, lho. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencari teman belajar yang memiliki kepribadian yang sama dengan kamu. Dengan mereka kamu bisa lebih nyaman belajar dan bisa menyerap materi dengan optimal. Kamu pun bisa bertukar pikiran tanpa perlu takut teman belajar kamu nggak nyaman.

 

5. Belajar di Malam Hari

Tiap orang biasanya memiliki waktu belajarnya tersendiri yang menurut mereka nyaman. Ada yang suka belajar di waktu subuh, siang, atau malam hari. Bagi kamu yang penyendiri atau introvert, kamu bisa memprioritaskan waktu belajar di malam hari. Malam hari biasanya lebih tenang dan tidak banyak gangguan, baik itu dari lingkungan sekitar atau media sosial.

 

6. Ikut Les Privat

Ingin belajar sendiri tapi tetap butuh bantuan guru untuk belajar? Les privat adalah jawabannya. Dengan mengikuti les privat kamu bisa mengulang kembali pelajaran yang didapat di sekolah untuk memaksimalkan pemahaman. Selain itu, tempo belajar kamu juga akan disesuaikan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. 

Masih ada lagi, lho, berbagai keunggulan les privat seperti berikut ini:

  • Jadwal belajar fleksibel yang bisa kamu atur sesuai keinginan.
  • Lebih berkonsentrasi karena bisa mendapatkan bimbingan yang intensif.
  • Pengajaran intensif dan personal karena guru dapat memantau secara lebih personal.
  • Perkembangan dan proses belajar anak akan mudah dipantau oleh guru karena kebanyakan guru privat bersedia datang ke rumah.
  • Menghemat biaya dan tenaga karena tidak perlu pergi ke tempat bimbingan belajar.

Baca Juga: Tips Agar Kamu Lebih Konsentrasi dalam Belajar

 

7. Belajar Menggunakan Bantuan Teknologi

Apabila kamu merasa kesulitan untuk menghadiri pertemuan tatap muka atau diskusi kelompok, kamu bisa juga memanfaatkan teknologi untuk berpartisipasi dalam diskusi atau kelas online, lho. Ada banyak platform belajar online atau kelas-kelas webinar yang bisa kamu ikuti, baik yang gratis maupun berbayar.

Yup, itulah tadi cara belajar yang pas untuk introvert atau penyendiri. Dengan mengikuti beberapa cara di atas, kamu juga bisa belajar dengan menyenangkan dan efektif, lho. Bagi kamu yang mau belajar bersama guru privat, langsung aja cari di Ruangguru Privat!

Ruangguru Privat menghadirkan pengajar yang berkualitas dan berpengalaman di bidangnya, serta pengajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar anak. Mulai dari les privat matematika, les privat bahasa Inggris atau les privat Kimia, kini orangtua bisa bebas atur kriteria pengajar sesuai kebutuhan. 

IDN CTA Blog ruangguru privat

Sumber gambar:

Belajar di kelas [daring]. Tautan: https://www.pexels.com/photo/a-girl-sitting-lonely-by-herself-in-the-classroom-6935992/ (Diakses: 15 Maret 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D