Cara Kerja Mata dan Gangguan Penglihatan | IPA Terpadu Kelas 5

cara kerja mata dan gangguan penglihatan

Lulu penasaran mengapa Mama Karina memakai kacamata. Karena itu, Mama Karina mengajarkan Lulu tentang proses mata melihat, serta gangguan pada mata. Penasaran seperti apa? Yuk, kita simak artikelnya di IPA Terpadu Kelas 5!

Siang ini, Lulu melihat Mama Karina sedang bersantai di ruang tengah sambil membaca buku. Dari kejauhan, Lulu menatap heran ke arah kacamata yang digunakan Mama Karina.

Tidak lama setelah itu, Lulu menghampiri mamanya. “Mama, kenapa sih pakai kacamata kalau lagi baca buku?”

Oh, ini karena Mama memiliki gangguan pada mata, Nak.”

“Gangguan pada mata? Memangnya mata bisa terganggu?”

“Bisa, Nak. Begini, Mama akan ceritakan apa saja gangguan pada mata. Tapi sebelumnya, Mama mau bertanya terlebih dahulu, Lulu sudah pernah belajar tentang proses mata melihat benda belum?”

“Sudah pernah, Ma!”

“Kalau begitu, coba Lulu jelaskan ke Mama!”

Baca Juga: Yuk, Ketahui Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya!

“Kalau yang Lulu pelajari, proses mata melihat benda itu dimulai ketika gelombang cahaya mengenai suatu objek yang kemudian dipantulkan ke arah mata. Gelombang cahaya tersebut akan masuk ke mata melalui kornea dan diatur jumlahnya oleh pupil. Selanjutnya, lensa mata akan memfokuskan gelombang cahaya agar jatuh tepat di retina, sehingga membentuk bayangan. Informasi bayangan tersebut akan diteruskan oleh saraf mata ke otak untuk diterjemahkan menjadi objek yang kita lihat,” tutur Lulu dengan percaya diri.

Proses Mata Melihat Benda

Wah, hebat anak Mama!” puji Mama Karina sambil mengelus kepala Lulu.

Nah, proses mata melihat benda yang sudah Lulu jelaskan tadi, bisa terganggu jika mengalami gangguan atau kelainan pada mata,” lanjut Mama Karina.

“Kalau begitu, apa saja gangguan pada mata itu, Ma?”

“Gangguan pada mata itu ada banyak, Nak. Tapi, kali ini kita bahas rabun jauh, rabun dekat, dan mata silindris dulu, ya!”

“Jelaskan satu per satu dong, Ma!”

“Jadi, rabun jauh adalah gangguan yang terjadi karena ketidakmampuan mata melihat benda dalam jarak jauh secara jelas. Sementara itu, rabun dekat adalah kebalikan dari rabun jauh. Artinya, gangguan ini diakibatkan oleh ketidakmampuan mata melihat benda dari jarak dekat dengan jelas.”

Lulu mendengarkan penjelasan Mama Karina dengan saksama.

“Gangguan pada mata selanjutnya adalah mata silindris. Mata silindris ini adalah kelainan lengkungan pada kornea mata. Akibatnya, cahaya yang masuk tidak fokus ke retina.”

Gangguan Kelainan Mata pada Manusia

“Sampai sini, Lulu sudah mengerti belum tentang proses mata melihat benda serta gangguan pada mata?”

“Sudah, Ma!”

“Kalau begitu, coba jawab pertanyaan Mama.”

Oke, Ma! Lulu juga mau ajak teman-teman di rumah buat jawab pertanyaannya, ya!”

Latihan Soal

Bagaimana, apakah kamu sudah bisa menjawab pertanyaan Mama Karina di atas? Kalau mau tahu lebih banyak lagi tentang gangguan mata, jangan lupa download aplikasi ruangguru dan berlangganan ruangbelajar, ya! Kamu bisa menikmati serunya belajar melalui video animasi ditemani Lulu dan teman-temannya!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

Materi oleh: Rosi Oktavia Purba

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

Akmaliya Alimah Nabila