Cara Membandingkan Bilangan Bulat Besar | Matematika Kelas 4

membandingkan bilangan bulat

Hari ini, Bona dan Dafa akan membandingkan jumlah penduduk Meksiko dan Jepang menggunakan tabel nilai tempat, lho! Daripada penasaran, kita simak cerita selengkapnya di artikel Matematika kelas 4 ini, yuk!

--

Di siang hari yang panas, terlihat Bona dan Dafa sedang duduk di markas kamar Dafa. Mereka baru pulang setelah menyelesaikan sebuah misi. Saat sedang duduk bersantai, tiba-tiba Dafa berdiri dia teringat sesuatu.

“Bona, kita kan masih punya tugas! Kita kerjain dulu, yuk!”

Dafa mengambil buku tugas yang ada di dalam tasnya dan kembali duduk di sebelah Bona.

Emang tugas apa?” tanya Bona.

“Tugasnya kita harus membandingkan jumlah penduduk mana yang paling banyak antara negara Meksiko dan Jepang!” 

Nah pas banget, kamu kan lagi pegang ponsel, coba cari jumlah penduduk negara Jepang dan Meksiko di internet, Bon!” pinta Dafa.

“Oke sebentar.”

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Bilangan Bulat?

Bona fokus melihat ponselnya selama beberapa saat, hingga dia menemukan hal yang dia cari. 

Ketemu! Jumlah penduduk Meksiko dan Jepang sama-sama 126 juta jiwa, Dafa!” 

Dafa yang mendengar itu mengerutkan dahi tidak percaya dan segera melihat ponsel Bona, “Masa sih?!”

Dafa mengamati ponsel Bona lalu membacanya dengan teliti. Beberapa detik kemudian, ia menyadari sesuatu.

Ah, ini angka belakangnya beda, Bona. Kita gak boleh liat angka depannya aja, tapi harus liat sampai ujungnya juga!” ucap Dafa.

“Oh iya. Tapi bilangan bulatnya besar banget, aku gak tahu mana yang lebih banyak.”

“Untuk membandingkan jumlah penduduk mana yang lebih banyak, kita bisa menggunakan tabel nilai tempat, Bon!” 

Bona terlihat tertarik dan melihat ke arah Dafa, “Gimana caranya?”

Gini nih!”

Baca Juga: Gimana sih Cara Menentukan Nilai Bilangan Bulat Besar?

tabel nilai tempat

“Jadi, penduduk Meksiko dengan jumlah 126.577.691 jiwa lebih banyak dibandingkan penduduk Jepang dengan jumlah 126.420.000 jiwa.” jelas Dafa.

Bona menganggukan kepalanya, “Ah, sekarang aku udah paham cara membandingkan bilangan bulat besar dengan menggunakan tabel nilai tempat.”

“Bagus, Bona! Yuk, kita beresin tugasnya!” ajak Dafa.

Bona mengangguk dengan semangat. Sementara Dafa tiba-tiba teringat sesuatu.

“Oh iya, aku juga masih punya soal untuk kamu, nih! Coba kerjakan dan jawab di kolom komentar, ya!”

Baca Juga: Yuk Simak Pengertian Bilangan Cacah Besar & Contohnya!

contoh soal membandingkan bilangan bulat

Menarik kan materi kali ini? Kalian penasaran gak dengan materi atau kisah mereka yang lainnya? Tenang aja, kalian bisa melihat banyak materi dan kisah mereka di ruangbelajar pada aplikasi ruangguru. Yuk, kita belajar bareng bersama Dafa, Lulu, dan teman-temannya!

New call-to-action

 

Materi oleh: Eka Sobiatin

Disunting oleh: Usu Sri Malati

Profile

Salsabila Perdita Putri