Cara Membuat Video Belajar Menarik sebagai Media Pembelajaran

cara membuat video belajar

Artikel ini adalah rangkuman webinar NGUPAS (Ngumpul Asyik) Premium oleh tim ruangpengajar pada tanggal 28 Januari 2022 dengan pembicara Estu Saputro, Content Creator & Founder Adorable Media

--

Bapak/Ibu guru mungkin sudah tahu bahwa pada saat ini video belajar diperlukan untuk mengajar murid atau peserta didik. Seiring perkembangan zaman, membuat video pembelajaran yang menarik diperlukan agar proses belajar lebih seru dan tidak monoton. 

Kemampuan pengajar atau guru dalam memberikan materi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dan multimedia yang semakin berkembang saat ini menjadi penentu sukses atau tidaknya dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, salah satu soft skill penting yang perlu dibekali tenaga pendidik adalah bagaimana cara membuat video belajar yang menarik dan menyenangkan.

Baca juga: Tips & Trik Mengajar Anak Usia Dini ala Pengajar Masa Kini

 

Manfaat Membuat Video Belajar

Mengapa pengajar perlu membuat konten video belajar yang menarik?

  1. Mengembangkan daya imajinasi murid yang abstrak
  2. Merangsang partisipasi aktif murid
  3. Menyajikan pesan dan informasi secara serempak 
  4. Membangkitkan motivasi belajar
  5. Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
  6. Menyajikan laporan-laporan yang aktual dan orisinil yang sulit dengan menggunakan media lain

 

Tips Membuat Video Belajar 

Ada beberapa tips dan trik yang mungkin bisa membantu Bapak/Ibu Guru untuk mudah dalam membuat video pembelajaran. Untuk tahu lebih jelasnya, simak beberapa penjelasan di bawah ini yang disajikan dalam bentuk infografis.

manfaat membuat video belajar

jenis konten video belajar

konsep membuat video belajar

teknik membuat video belajar

--

Demikian pembahasan tentang membuat video belajar sebagai media pembelajaran. Semoga pembahasan ini bisa membantu Anda dalam mengajar anak usia dini lebih efektif. Ruangguru mengajak Anda untuk menjadi Mitra Pengajar Ruangguru. Dapatkan penghasilan tambahan dan keuntungan lainnya menjadi Mitra Pengajar Ruangguru sekarang juga! Yuk, daftarkan diri Anda dan ajak rekan Anda untuk daftar di ruangpengajar

ruangpengajar

Profile

Sabtian Adiansyah