Cara Mencari Arti Kata di dalam Kamus | Bahasa Indonesia Kelas 4

HEADER - 04BSD0107RBC_Mencari arti kata di dalam kamus

Dira menemukan kata yang tidak ia pahami saat membaca sebuah teks. Bona lalu menyarankan Dira untuk mencari arti kata di dalam kamus. Bagaimana caranya, ya? Yuk, ikuti penjelasannya di artikel Bahasa Indonesia kelas 4 ini!

Hari ini, Dira sedang berkunjung ke rumah Bona. Di atas meja ruang tamu Bona, ada sebuah koran yang terbuka. Dira pun tertarik membacanya. Tapi beberapa saat kemudian, Dira menemukan kata yang tidak ia dipahami.

Wah, ada kata ‘fobia’. Artinya apa, ya?”

“Coba kamu cari arti katanya di dalam kamus, Dira,” sahut Bona.

Mendengar kata kamus, Dira pun teringat perkataan mamanya. “Kamus itu buku yang isinya kata-kata dan ada keterangan artinya bukan?”

“Betul, Dir. Kalo yang aku tahu dari internet, definisi kamus adalah buku acuan yang memuat kata dan ungkapan yang disusun menurut abjad beserta keterangan tentang arti atau maknanya.”

“Jadi, dari definisi yang kamu jelaskan, kamus ini bisa digunakan untuk mencari arti atau makna suatu kata. Benar, kan?

“Benar. Selain itu, kamus juga bisa digunakan untuk mencari kelas kata.”

“Maksudnya gimana, Bon?” tanya Dira.

“Maksudnya, kita bisa mencari tahu apakah suatu kata termasuk kata kerja, kata benda, atau kata sifat. Di dalam kamus, kita juga bisa mencari tahu contoh penggunaan sebuah kata dalam kalimat, loh!

Wah, kalo gitu, aku pinjem kamus dong, Bon! Biar aku bisa cari arti kata ‘fobia’.”

Bona lalu memberikan ponselnya kepada Dira.

Eh? Kok malah ponsel yang kamu kasih? Aku kan mintanya kamus.”

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Cara Menulis Surat!

“Memang, Dira… Di Indonesia, kamus yang digunakan untuk mencari arti kata pada bahasa Indonesia disebut dengan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bentuk KBBI cetak ini berbentuk buku seperti kamus pada umumnya. Nah, kalau sekarang, kamus itu ada dua bentuk. Ada kamus cetak dan ada yang digital. KBBI digital ini bisa kita akses pada laman https://kbbi.kemdikbud.go.id/ atau mengunduh aplikasi KBBI V.”

definisi, fungsi, dan bentuk kamus

Oh… Aku baru tau kalo ada kamus digital juga,” ucap Dira.

Nah, kamu udah tau tentang kamus digital. Sekarang aku jelasin cara mencari arti kata pada kamus cetak atau digital ya. Seperti ini langkah-langkahnya.”

Cara Mencari arti kata di dalam kamus

Wiiih… makasih penjelasannya, Bon. Aku jadi lebih tahu apa itu kamus, fungsinya, dan juga cara menggunakannya! Sekarang aku mau cari kata ‘fobia’ di kamus digital ini!”

Oke deh kalo gitu!

Bagaimana dengan teman-teman, apakah sudah paham juga cara mencari arti kata di dalam kamus? Sekarang coba cari arti kata “fobia” di kamus kamu, ya. Jangan lupa juga untuk menulis jawabannya di kolom komentar!

Mencari arti kata di dalam kamus

Bagaimana, sudah ketemu arti katanya? Selain belajar mencari arti kata di dalam kamus, kamu bisa juga belajar materi lainnya, loh! Dira, Bona, dan teman-temannya akan menemani kamu belajar sambil bermain dalam video yang ada di ruangguru. Jadi, buruan download aplikasinya dan berlangganan ruangbelajar, ya!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

Materi oleh: Afny Irfani

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

Akmaliya Alimah Nabila