Cara Mencari Keliling Segi Banyak | Matematika Kelas 6

Cara Mencari Keliling Segi Banyak

Kandang ayam Made belum selesai! Made dan Bapak harus mengetahui cara mencari keliling segi banyak terlebih dahulu untuk menyelesaikannya. Yuk, kita simak ceritanya!

--

Made menghampiri Bapak Kadek yang sedang membuat kandang untuk ayam peliharaannya yang bernama ‘T-rex’.

“Bapak! Kok kandang ini.. gak ada pagarnya? Nanti kalau T-rex kabur gimana, Pak?” kata Made panik.

Ah, tenang Made. Setelah ini Bapak akan buat pagar untuk kandangnya,” balas Bapak.

Huft, Made kira Bapak sudah selesai membuatnya. Kalau gak ada pagarnya kan Made takut nanti T-rex pergi,” ungkap Made sedih.

“Tenang aja, Made. Ini Bapak lagi mau buat pagarnya.”

“Made mau bantu dong, Pak!” kata Made bersemangat.

“Oke, kalo gitu untuk mengetahui panjang pagar yang dibutuhkan, kita perlu cari kelilingnya dulu ya,” ujar Bapak.

Baca Juga: Gimana Sih Cara Mencari Keliling Segi Empat?

Hmm, tapi ini bangun datar apa ya, Pak?” tanya Made.

“Lihat deh, sisinya ada banyak. Ini namanya bangun datar segi banyak. Artinya, kita dapat menentukan panjang pagar yang dibutuhkan, dengan menentukan keliling bangun datar segi banyak,” jelas Bapak.

“Bangun datar segi banyak itu emangnya apa sih, Pak?”

“Sebuah bangun dapat disebut bangun datar segi banyak jika ia merupakan bangun datar yang semua sisinya lurus, memiliki daerah yang tertutup, dan tidak ada sisi yang saling berpotongan.” 

“Bangun datar segi banyak dapat kelompokkan ke dalam 2 jenis, yaitu bangun datar segi banyak beraturan dan bangun datar segi banyak tidak beraturan,” sambung Bapak.

Macam-macam bangun datar segi banyak

 

“Nah, keliling dari bangun datar segi banyak dapat ditentukan dengan menjumlahkan semua sisi-sisinya. Namun, jika bangun segi banyaknya merupakan banyak beraturan, kelilingnya bisa ditentukan dengan mengalikan banyak sisi dengan panjang sisinya. Contohnya, seperti kandang ayam yang sedang Bapak buat ini berbentuk segi enam beraturan, maka menentukan kelilingnya seperti ini,” kata Bapak.

Cara Mencari Keliling Bangun Datar Segi Banyak

 

“Jadi, panjang pagar yang dibutuhkan untuk kandang ayam ini adalah 48 m,” simpul Bapak sambil mulai merapikan kayu-kayunya.

“Tapi, kalau kita sudah tahu kelilingnya dan mau cari panjang sisinya itu bisa gak, Pak?” tanya Made.

“Tentu bisa, Made. Kita bisa menentukan panjang sisinya dengan persamaan keliling segi banyak beraturan tadi. Kita masukkan nilai kelilingnya, terus tinggal cari sisinya deh, seperti ini!”

Cara Mencari Keliling Bangun Datar Segi Banyak

 

Yeay! Terima kasih, Pak! Sekarang Made jadi paham tentang bangun datar segi banyak, cara mencari kelilingnya, dan juga menentukan sisi jika diketahui kelilingnya!”

“Kalau gitu, sekarang Made bisa membantu Bapak membuat kandang untuk T-rex!” simpul Made, dan langsung bersiap membantu Bapak.

Baca Juga: Yuk, Belajar Cara Menghitung Keliling Segitiga!

“Karena aku mau membantu bapak dulu, kalian di rumah latihan soal ini, ya!”

Latihan Soal Cara Mencari Keliling Bangun Datar Segi Banyak

 

Kalau kamu masih penasaran atau ingin memperkaya pemahamanmu tentang bangun datar lainnya, yuk download aplikasi Ruangguru dan tonton video Dafa & Lulu di ruangbelajar sekarang juga!

New call-to-action

Profile

Nada Amelia